• Home
  • Education
  • Cuaca Panas Ekstrem: Pentingnya Kacamata Photocromic!
Image

Cuaca Panas Ekstrem: Pentingnya Kacamata Photocromic!

Sobat Djava pasti juga merasa kalau cuaca akhir-akhir ini sangat panas. Dalam kondisi ini penting sekali untuk menjaga kulit agar tetap terlindungi dari bahayanya radiasi UV. Namun, apakah Sobat Djava juga mengetahui kalau menjaga kesehatan mata juga dianjurkan dalam kondisi demikian? Hm, kira-kira apa dampak dari cuaca panas pada mata kita ya, Sobat? Biar sama-sama tahu, simak artikel ini sampai selesai!

Artikel Terkait: Lensa Photochromic Lindungi Mata Normal dan Minus dari UV

Dampak Negatif Radiasi UV Pada Mata

Banyak orang yang merasa tidak nyaman akibat terkena sinar mata hari saat beraktivitas di luar ruangan. Namun, meskipun demikian belum banyak yang menyadari bahwa radiasi yang dipancarkan oleh sinar matahari akan membawa dampak negatif pada mata apabila mata tidak dilindungi dengan kacamata. Nah, apa saja dampak negatif dari radiasi UV? Simak penjelasan berikut:

1. Katarak

Seiring berjalannya waktu, bertambahnya usia seseorang, kondisi kesehatan, dan paparan sinar matahari terus-menerus selama bertahun-tahun dapat menyebabkan katarak. Sobat Djava mungkin sudah tidak asing dengan kondisi ini, tapi apakah kalian sudah benar-benar tahu apa itu katarak? Katarak adalah  suatu kondisi ketika lensa alami mata menjadi keruh, yang menyebabkan penglihatan kabur.

Selain karena faktor usia, katarak juga bisa terjadi karena faktor risiko seperti trauma pada mata, efek samping obat, minus mata yang tinggi, kongenital, dan diabetes.

Baca Juga: Katarak: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Penanganannya

2. Degenerasi Makula

Degenerasi Makula adalah penyakit mata yang ditandai dengan adanya perubahan atau kerusakan pada makula, jaringan retina peka cahaya yang berfungsi untuk melihat benda di garis pandang langsung. Kondisi tersebut menyebabkan bercak-bercak pada mata secara bertahap dan garis tengah penglihatan menjadi kabur atau tidak jelas.

Penyakit mata jenis ini sering terjadi pada orang yang sudah berusia di atas 50 tahun. Penyebab Degenerasi Makula  karena terdapat kerusakan pada makula, yaitu titik kecil yang dekat dengan pusat retina.

3. Pterygium

Surfer’s eye atau biasa disebut dengan Pterygium adalah pertumbuhan jaringan berdaging yang menutupi kornea, yang menyebabkan distorsi atau kehilangan penglihatan. Pterygium dapat diawali dengan munculnya pinguecula yang merupakan noda kekuningan di bagian putih mata. Pinguecula timbul akibat penggumpalan protein, lemak, atau kalsium di dalam mata.

Baca Lebih Lanjut: Digital Eye Strain: Kenali Gejala dan Cara Mengobatinya

4. Fotokeratitis

Fotokeratitis atau photokeratitis adalah kerusakan yang terjadi pada kornea mata akibat terbakar dari paparan berlebih yang berasal dari radiasi sinar UV, baik dari sinar matahari atau sumber cahaya lainnya (seperti flash kamera atau peralatan las listrik).

Nama lain dari fotokeratitis adalah ultraviolet keratitis. Seperti yang mungkin sudah Sobat Djava ketahui, kornea adalah selaput transparan di lapisan mata yang paling luar.

Pentingnya Kacamata Photocromic

Di tengah cuaca yang panas akhir-akhir ini, ada bahaya radiasi UV yang akan memberikan nampak negatif pada mata. Namun, belum semua orang menyadari hal tersebut. Yuk ketahui pentingnya kacamata photocromic untuk melindungi mata saat cuaca terik:

1.Melindungi Mata dari Sinar UV Matahari
Lensa photocromic secara otomatis akan menggelap ketika terpapar sinar UV dari matahari. Hal ini membantu melindungi mata dari kerusakan jangka panjang yang disebabkan oleh paparan radiasi UV matahari secara berlebihan, misalnya: katarak dan pterigium. Hmm, jadi semakin tahu kan pentingnya kacamata photocromic?
2.Menyesuaikan Dengan Perubahan Cahaya
Kacamata photocromic dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar, sehingga Anda tidak perlu terus-menerus mengganti kacamata saat berpindah dari ruangan terang ke luar ruangan.
3. Mengoptimalkan Pengalaman Visual
Menggunakan kacamata dengan lensa photocromic tidak hanya membantu memperbaiki kualitas penglihatan, tapi juga menciptakan visualisasi kacamata yang epik. Karena lensa ini bersifat transitif, maka saat kondisi cahaya matahari sedang terik, lensa kacamata photocromic akan menjadi lebih pekat, sedangkan saat dipakai di dalam ruangan maka lensa akan menjadi kembali bening.
4.Fleksibel Dari Segi Gaya

Kacamata di Djava Optik tersedia dengan berbagai model dan gaya. Sobat Djava bisa mengkombinasikannya dengan lensa  photocromic sehingga kalian tidak hanya akan mendapatkan kacamata untuk alat bantu medis, tapi juga kacamata yang stylish dan menunjang kualitas fashion kalian.

5. Memperbaiki Kualitas Penglihatan

Lensa photocromic bukan hanya lensa yang bersifat gaya, tapi juga bisa dicustom sesuai dengan kebutuhan dan kondisi mata kalian. Jika Sobat Djava memiliki gangguan mata minus atau silinder, kalian tetap bisa memakai lensa photocromic. Jadi, kalian bisa menikmati 2 fungsi lensa sekaligus, selain bisa untuk perlindungan anti UV yang bisa menggelap, mata kalian juga akan terbantu dalam penglihatan.

Artikel Terkait: Lensa Photocromic Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Offline Store Djava Optik:

Jl. Nginden Semolo No. 101 Kavling 12 Surabaya

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu

Djava Optik Nginden Pukul 08.00 s/d 22.00 WIB

Djava Optik Manukan Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Offline Store Djava Optik:

+62 851-7682-1720 (Store Nginden)

+62 851-7318-5249 (Store Manukan)

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasses at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×