• Home
  • Definisi
  • Hati-Hati! Ini Efek Negatif Blue Light Bagi Kesehatan Mata
Image

Hati-Hati! Ini Efek Negatif Blue Light Bagi Kesehatan Mata

Sebagai individu yang lahir di era kemajuan teknologi. Aktivitas keseharian kita pasti tidak lepas dari penggunaan perangkat elektronik, mulai dari hp, laptop atau komputer, televisi dan berbagai jenis perangkat elektronik lainnya. Perangkat tersebut bahkan sudah jadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Terlebih kalau aktivitas atau pekerjaan Sobat Djava butuh selalu terkoneksi dengan internet, pasti banyak sekali waktu yang dihabiskan di depan layar monitor. 

Siapa yang hobi nonton secara maraton sampai pagi di depan layar televisi, laptop, atau hp? Atau mungkin sering scroll media sosial berjam-jam? Hati-hati ya, Sobat Djava karena terlalu lama terpapar sinar biru akibatnya tidak baik, khususnya untuk kesehatan mata.

Artikel Serupa: Bahaya Blue Light dan Efeknya Terhadap Kesehatan Mata, Begini Pencegahannya

Di satu sisi, teknologi sangat memudahkan aktivitas kita semua. Tapi, disadari atau tidak, berselancar di media sosial atau mengerjakan tugas yang overload di depan layar digital akan memberi pekerjaan ganda untuk mata. Mata yang dibebani dengan terus menerus menatap layar hp atau laptop, akan banyak terpapar radiasi sinar biru atau blue light.

Blue light mungkin tidak bisa secara langsung dilihat oleh mata, tapi sinar biru dapat menimbulkan efek serius apabila terpancar secara berlebihan. Pada artikel ini akan dibahas tentang pengertian Blue Light, efek negatif bagi kesehatan mata, dan cara meredam sinar biru biar tidak menimbulkan dampak yang lebih serius.

Baca Juga: Mengapa Pemeriksaan Mata Itu Penting? Yuk, Ketahui Alasannya! 

Kira-kira blue light itu apa ya? Yuk, langsung saja cermati penjelasan berikut. Happy reading, Sobat Djava!

Apa itu Blue Light?

Blue Light kerap kali disebut dengan sinar biru. Sinar biru adalah sinar yang berasal dari perangkat elektronik, seperti: hp, laptop, televisi, tablet dan seperangkat alat digital lainnya. Blue light serupa jenis cahaya yang memiliki gelombang lebih pendek daripada cahaya orange atau cahaya merah. Sinar biru tidak hanya berasal dari perangkat elektronik saja, tetapi juga bisa dari pancaran cahaya matahari. 

Berdasar ilmu kesehatan mata, sinar biru disebut cahaya yang tampak dengan panjang gelombang yang cenderung lebih pendek. Ukurannya sekitar 415 hingga 455 nm, dan memiliki tingkat energi yang tinggi. Dalam hal ini, sinar biru dikategorikan sebagai HEV Light (High-Energy Visible Light). Sinar tersebut mempunyai spektrum yang tinggi sehingga akan menyebabkan dampak tertentu bisa terpapar ke kulit  atau mata manusia. 

Artikel Terkait: Ketahui Apa Itu Blue Light, Bahaya dan Manfaatnya

Sinar biru punya beberapa manfaat seperti bisa membuat mata lebih fokus, terjaga dan lebih produktif. Tapi, di samping manfaat yang didapatkan ternyata apabila mata terlalu lama terpapar sinar biru justru akan menimbulkan efek yang tidak baik untuk kesehatan, terutama mata. 

Efek Negatif Blue Light

Aktivitas harian kita pasti tidak pernah jauh-jauh dari hp, laptop atau televisi. Mayoritas akan lebih banyak menghabiskan waktu di depan layar hp. Mulai dari pagi sampai pagi lagi, kegiatan ini seolah tanpa jeda. Secara tidak langsung hal demikian akan menimbulkan beberapa efek negatif apabila tidak disikapi dengan bijaksana.

Baca Juga: Apa Perbedaan Lensa Photocromic, Bluecromic, dan One Drive?

Sebagai pengguna smartphone, semestinya kita juga jadi pengguna yang smart, ya, Sobat Djava. Sebagai langkah awal untuk menjadi pengguna yang bijaksana dan keren, ada beberapa hal yang penting untuk diketahui agar bisa meminimalisir atau menghindari dampak blue light yang lebih serius.

Dampaknya ada apa saja, ya? Berikut adalah penjelasan tentang efek negatif yang berasal dari sinar biru. 

1.Kerusakan pada Retina dan Kornea

Blue Light telah diidentifikasi sebagai sinar yang paling berbahaya bagi retina. Cahaya biru mungkin bisa tampak, tapi mata manusia belum memiliki proteksi atau perlindungan yang cukup untuk menangkal radiasi sinar biru baik yang berasal dari matahari atau hp. Akibatnya, sinar biru yang masuk ke dalam mata akan menyebabkan efek jangka panjang bagi retina. Selain itu, terpapar sinar biru yang terus menerus dan berlebihan seseorang akan rentan mengalami beberapa efek serius karena kornea mata belum bisa memblokir cahaya biru yang masuk. Beberapa masalah yang mungkin akan terjadi, yaitu: degenerasi makula, glaukoma, penyakit retina lainnya bahkan untuk efek yang serius bisa menyebabkan mata buta. 

2.Kelelahan pada Mata

Di masa kini, sudah tidak menjadi rahasia umum lagi kalau hampir seluruh aktivitas manusia berkaitan dengan perangkat elektronik, salah satunya hp. Terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar hp akan menimbulkan banyak efek negatif untuk mata salah satunya mata menjadi tegang dan kering. Menatap layar hp selama berjam-jam akan mengurangi jumlah kedipan normal pada mata karena terlalu fokus. Hal demikian dapat menimbulkan kelelahan yang disebut dengan computer vision syndrome (CVS). Gejala CVS umumnya ditandai dengan penglihatan yang kabur atau berbayang, peka terhadap cahaya silau, sulit untuk konsentrasi, mata sulit untuk dibuka, pusing atau sakit kepala, serta nyeri di leher, bahu dan punggung.

Baca Juga: Apa Itu Lensa Kacamata? Yuk Ketahui Definisi dan Jenis Lensa!

3.Kelainan Refraksi pada Mata 

Terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar digital lama-kelamaan akan memungkinkan kita mengalami refraksi mata, terutama bagi yang melihat dengan jarak yang tidak ideal antara mata dan perangkat yang memancarkan sinar biru. Kondisi tersebut memungkinkan mata mengalami rabun dekat, jauh atau silinder. Hal itu terjadi karena kornea mata terlalu banyak menampung cahaya yang masuk dan tidak ada perlindungan khusus. Jadi, apabila hal yang demikian terjadi secara terus-menerus, kelainan refraksi menjadi sulit terhindarkan. 

Cara Meredam Blue Light

Ada banyak dampak negatif yang bisa disebabkan oleh sinar biru, terlebih kalau tidak disikapi dengan cara yang benar. Meskipun demikian bukan berarti tidak ada cara yang bisa digunakan untuk menghindari efek serius karena blue light, ya, Sobat Djava!  Berikut adalah cara-cara yang bisa Sobat Djava terapkan agar tetap bisa produktif menggunakan perangkat elektronik tanpa membahayakan mata. Ada apa saja, ya? Yuk, langsung simak penjelasan di bawah ini:

Baca Juga: Tampil Lebih Modis: Ide Fashion Kacamata Ala Drama Korea

1.Perhatian Intensitas atau Durasi di Depan Hp atau Laptop

Terkadang menatap layar laptop atau hp berjam-jam menjadi hal tak terhindarkan terutama bagi Sobat Djava yang pekerjaannya selalu berkaitan dengan perangkat digital. Meskipun demikian, hal itu bisa disikapi dengan mengelola waktu secara tepat  dan memberi jeda untuk mata agar tidak intens menatap layar monitor atau hp agar mata tidak tegang dan perih bahkan sampai lelah. Selain itu, Sobat Djava bisa mengatur jumlah kedipan. Dianjurkan lebih sering berkedip ketika sedang melakukan produktivitas yang banyak di hadapan layar. Ini dimaksudkan agar mata tidak terlalu tegang dan perih. 

2.Atur Kontras Pencahayaan Perangkat Digital

Siapa yang pencahayaan hp atau laptopnya sangat terang sampai bikin silau di mata? Duh, Sobat Djava mesti mengubah kebiasaan ini, ya! Pencahayaan mesti diatur secara ideal sesuai dengan kebutuhan, tidak terlalu redup atau terlalu terang. Kalau ada fitur malam di hp Sobat Djava ini bisa dimanfaatkan agar dapat membantu mata melihat dengan baik. 

Artikel Serupa: 5 Dampak Mengerikan Sinar Biru Smartphone Terhadap Kesehatan Mata 

3.Perhatikan Jarak Mata dengan Layar Digital 

Terlalu lama ada di depan hp atau laptop seringkali membuat kita tidak sadar dan kurang memperhatikan jarak ideal mata dan layar. Siapa yang sering seperti ini karena saking fokusnya? Mulai sekarang, memberi jarak ideal antara mata dan layar itu sangat harus diperhatikan Sobat Djava! Mengatur jarak mata akan lebih bisa fokus dan meminimalisir efek negatif blue light yang akan ditimbulkan. 

4.Pakai Kacamata Khusus

Apabila aktivitas Sobat Djava lebih banyak menghabiskan waktu di depan laptop atau hp, ada baiknya menggunakan alat bantu berupa kacamata. Terutama untuk Sobat Djava yang kadang lupa  atau belum bisa mengelola waktu dan memberi jeda atau jarak dengan perangkat digital. Kacamata dengan lensa blueray akan membantu menangkal sinar biru yang berasal dari hp atau laptop yang kalian gunakan. Dengan demikian, efek negatif yang kemungkinan terjadi bisa terhindarkan. 

Artikel Terkait: 5 Bahaya Paparan Sinar Biru dari Layar Gadget 

Untuk menghindari efek negatif blue light  kita mesti bijaksana dalam memanfaatkan perangkat digital, Sobat Djava. Setelah mengetahui pengertian sinar biru dan efek buruk yang mungkin akan terjadi serta bagaimana cara untuk mencegahnya, semoga hal-hal yang tidak diinginkan sebisa mungkin tidak terjadi. Kalau Sobat Djava memerlukan konsultasi atau pengetahuan lebih lanjut tentang sinar biru dan juga kacamata khusus, harap hubungi dokter mata atau optik terdekat.

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×