Image

Jangan Asal-Asalan! Pilih Frame Kacamata Sesuai Skin Tone

Pernah bingung saat memilih kacamata? Memilih kacamata memang tidak semudah kelihatannya, Sobat Djava. Memang tidak ada aturan khusus dalam memilih. Karena setiap orang punya standar dan seleranya masing-masing. Tapi, sebagai customer yang smart dan bijak mengetahui dasar-dasar yang bisa dijadikan pertimbangan memilih kacamata akan mempermudah kalian untuk menentukan frame mana yang sesuai untuk kalian pakai, loh.

Medium Skin Tone
Medium Skin Tone (Dok. Djava Optik)

Ada banyak bentuk dan model frame kacamata. Masih banyak sekali yang masih bingung bahkan ragu mengenakan karena takut tidak cocok atau terlihat aneh ketika dipakai. Untuk menghindari hal ini, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Agar kacamata kalian tidak hanya bisa melindungi mata dengan baik, tapi juga bisa menunjang kualitas tampilan.  Alih-alih terlihat culun dan seperti kutu buku, kacamata bisa banget membuat kalian tampil lebih maksimal, loh. Kalian pasti mau ‘kan tampil gaul dan modis pakai kacamata?

Jangan pakai lama! Yuk, langsung simak penjelasan di bawah ini biar paham bagaimana cara memilih frame kacamata yang sesuai dengan kebutuhan, Sobat Djava. Selamat membaca!

Artikel Serupa: Cara Memilih Kacamata Sesuai Warna Kulit, Tak Melulu Bingkai Gelap

Jenis-Jenis Warna Kulit

Setiap orang punya karakteristik  kulit yang berbeda-beda. Perbedaan dan keunikan masing-masing kulit tentunya juga mempengaruhi kacamata yang hendak dipakai. Karena fungsi kacamata sepanjang waktu terus berubah. Yang awalnya hanya untuk kebutuhan melindungi mata, sekarang kacamata menjadi aksesoris yang tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan fashion. 

Umumnya jenis kulit dibagi menjadi empat, yaitu putih (light), terang (fair), medium, dan gelap (dark). Warna kulit yang hangat cenderung punya rona kulit agak kekuningan, sedangkan untuk tipe hangat lebih punya rona kulit yang merah muda. Pada saat memilih kacamata, warna bingkai tentunya harus seimbang dengan warna kulit, agar warna bingkai dan kulit wajah tampak seimbang.

Ada yang sudah tahu jenis skin tone-nya? Kalau belum, jangan skip dan simak sampai akhir biar tahu warna kulit sehingga bisa memilih  warna bingkai kacamata yang pas di wajah kalian.

  • Tipe I: Kulit jenis pertama adalah kulit putih pucat. Kulit tipe ini sangat mudah sekali terbakar sinar matahari tapi tidak menggelap (tan).
  • Tipe II: Kulit tipe kedua adalah kulit terang yang cenderung putih. Kulit tipe ini mudah terbakar dan bisa menggelap sedikit kalau terkena sinar matahari.
  • Tipe III: Kulit jenis yang ketiga cenderung terang tapi cenderung gelap. Biasanya menggelap setelah terbakar di bawah sinar matahari.
  • Tipe IV: Tipe kulit selanjutnya adalah cokelat muda. Jenis kulit ini umumnya tidak mudah terbakar tapi mudah menggelap.
  • Tipe V: Jenis kulit ini tergolong dark, karena cenderung cokelat tua. Jarang terbakar tapi mudah sekali menggelap.
  • Tipe VI: Kulit dengan tipe gelap. Hampir tidak pernah terbakar tapi sangat mudah menggelap kalau terlalu sering terpapar radiasi UV.

Artikel Terkait: 20 Macam Warna Kulit, Mulai dari Warna Terang hingga Gelap

Cara Memilih Kacamata Sesuai Skin Tone

Setiap orang punya karakter kulit yang berbeda-beda. Jadi, kebutuhan kacamata tiap orang tidak selalu sama.  Untuk mendapat kacamata yang tidak hanya bisa untuk memperbaiki dan membantu penglihatan. Sobat Djava bisa menyesuaikan warna kacamata yang digunakan dengan tipe kulit wajah kalian. Hal ini dimaksudkan biar tampilan kalian jauh lebih sempurna. Lalu, bagaimana cara memilih kacamata yang sesuai? Simak terus pembahasannya!

1.Ketahui Bentuk Wajah

Sebelum memilih kacamata ketahui bentuk wajah kalian. Ada beberapa bentuk wajah seseorang, misalnya: kotak, oval, bulat, hati atau segitiga. Untuk bentuk wajah dengan sudut seperti segitiga dan kotak, pilih frame dengan bentuk bulat atau oval untuk menyeimbangkan proporsi wajah. Sebaliknya, kalau wajah dengan  kontur halus, pilih frame bersudut untuk memberi volume untuk wajah biar tidak terkesan bulat. Frame yang direkomendasikan untuk bentuk wajah ini adalah kotak atau bingkai bentuk mata kucing.

Baca Juga: Macam-Macam Bentuk Wajah dan Cara Memilih Frame Kacamata

2.Sesuaikan Warna Frame dengan Warna Kulit

Jika kalian sudah mengenali tipe warna kulit, sudah aman, nih. Memilih frame kacamata tentu tidak lagi hal yang sulit dilakukan. Kalau masing bingung, tenang aja! Yuk, kepoin tips di bawah ini.

  • Light Skin With Warm Understones

Kalau kulit Sobat Djava putih atau cenderung kuning langsat, pilih frame kacamata dengan warna yang netral atau gelap, misalnya: hitam, putih, coklat, atau merah tua. Warna gelap akan membuat wajah tampak lebih cerah. Hindari memilih warna mencolok seperti biru atau kuning, karena akan cenderung kontras di wajah.

  • Medium Skin With Warm Understones

Sobat Djava punya tipe kulit wajah medium? Tipe kulit kuning langsat akan cocok dikombinasikan dengan warna frame yang gelap. Misalnya hitam atau coklat. Hindari warna-warna yang terlalu mencolok dan terang seperti merah, ungu, atau pink dan warna lainnya. Warna-warna terang lebih baik dihindari kalau tidak mau kulit wajah kalian jadi terlihar gelap.

  • Light Skin With Cool Undestones

Tipe kulit jenis ini layaknya buah persik. Ada yang sudah pernah tahu tipe kulit ini? Warna kulit jenis ini relatif cerah dengan nuansa atau rona yang kemerahan. Jadi, warna frame kacamata yang sesuai adalah warna dingin atau warna netral seperti merah bening, biru, atau hitam. Hindari warna terlalu mencolok seperti kuning, coklat bening atau emas. Warna yang terlalu kontras akan membuat kulit menjadi mati.

  • Medium Skin With Cool Understones

Siapa yang punya tipe kulit buah zaitun? Warna bingkai kacamata sesuai skin tone yang bisa kalian jadikan opsi adalah warna-warna permata seperti ungu. Kalau kalian lebih suka dengan warna tenang atau netral, pilihlah abu atau hitam. Hindari memilih frame kacamata warna cream atau pastel biar tidak menyatu dengan warna kulit.

  • Deep Skin Tones

Kata siapa warna kulit gelap sulit untuk menemukan warna kacamata sesuai skin tone yang cocok? Warna-warna cool seperti coklat tua, navy atau warna gold akan membuat kesan hangat dikulit wajah. Bagi Sobat Djava yang punya tipe kulit jenis ini, hindari memilih frame kacamata dengan nuansa terang biar tidak kontras dengan skin-tone kalian.

Baca Juga: 8 Bentuk Frame Kacamata, Wajah Anda Cocok Pakai yang Mana?

Rekomendasi Frame Kacamata Sesuai Warna Kulit

Memilih frame kacamata memang susah-susah gampang, Sobat Djava. Tapi, tenang dan jangan panik!  Djava Optik akan membantu kalian untuk memilih model dan warna frame yang sesuai dengan warna kulit kalian. Kira-kira ada model frame apa dan warna apa saja, ya? Yuk, simak rekomendasi selengkapnya.

1.Frame Qiana
Frame Qiana
Frame Qiana (Dok. Djava Optik)

Punya skin tone warna terang, seperti buah pirsak atau kuning langsat? Frame kacamata warna abu bening akan membuat wajah kalian terlihat cool dan tenang. Paduan warna terang kulit dengan bingkai gelap akan menciptakan proposi sempurna di wajah. Qiana abu dan desain oval akan cocok dipakai untuk kalian yang punya wajah persegi atau bentuk hati. Sudut tajam wajah dikombinasikan dengan bingkai oval akan menyempurnakan tampilan kalian menjadi lebih sempurna. Siap menjalani produktivitas dengan tampilan minimalis? Qiana wajib menjadi pilihan Anda!

2.Frame Ziloo
Frame Ziloo
Frame Ziloo (Dok. Djava Optik)

Yang punya tipe kulit terang kalian wajib bersyukur. Tipe kulit ini bisa dibilang mudah dalam menentukan warna kacamata yang akan dikenakan. Salah satu rekomendasi warna frame kacamata dari Djava Optik adalah Ziloo dengan warna coklat bening. Warna ini akan memberi nuansa yang hangat dan lembut di wajah kalian. Ziloo dengan model kotak dan bahan titanium lapis plastik cocok untuk Sobat Djava yang punya wajah bentuk bulat atau oval. Sudut tajam dari bingkai kotak, akan menyeimbangkan dimensi wajah kalian. Tampilan akan menjadi lebih manis dengan mengenakan Ziloo!

Baca Juga: Pakai Kacamata Baru Tapi Pusing? Yuk Ketahui Sebab dan Solusinya

3.Frame Neyraa
Frame Neyraa
Frame Neyraa (Dok. Djava Optik)

Mau tampil casual dengan gaya minimalis? Warna netral seperti putih bening akan menciptakan kesan yang santai  dan young style. Warna kulit kuning langsat atau medium, rekomendasi warna bingkai ini akan sesuai untuk kalian. Kuning langsat dipadukan dengan warna terang akan menyeimbangkan skin tone menjadi lebih menawan. Untuk Sobat Djava yang punya karakter wajah bulat, oval atau lonjong, Neyraa adalah pilihan terbaik. Tampil memikat dengan gaya simpel dengan Neyraa!

4.Frame Versaee
Frame Versaee
Frame Versaee (Dok. Djava Optik)

Siapa yang punya tone kulit warna cerah atau kuning langsat? Warna hitam atau warna gelap dipadukan dengan emas, akan membuat tampilan kalian lebih hangat. Untuk bentuk wajah bulat, oval, atau lonjong frame Versaee akan memperbaiki presisi wajah. Bingkai bersudut umumnya akan menyeimbangkan bentuk wajah, lengkungan wajah bulat akan sempurna dipadukan dengan bentuk persegi. Siap tampil modis dan profesional? Kenakan Versaee  untuk menyempurnakan OOTD kalian!

5.Frame Rainer
Frame Rainer
Frame Rainer (Dok. Djava Optik)

Tipe wajah cerah atau medium, kalian bisa mencoba frame kacamata satu ini. Warna bingkai campuran antara warna terang dan gelap, dengan desain motif akan memberikan looks yang menarik dan unik. Wajah oval dan bulat, rekomendasi ini mungkin yang paling Sobat Djava cari. Suka menjadi pusat perhatian dan mencoba hal baru? Rainer akan mewujudkan itu!

Baca Juga: Wajib Tahu! Fakta Menarik Kacamata Cat Eye dan Contohnya

Masih ada banyak sekali koleksi frame kacamata sesuai skin tone yang bisa kalian pilih untuk menyempurnakan tampilan kalian. Dapatkan rekomendasi yang lebih banyak dan bervariasi hanya di Djava Optik.  Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×