Image

Softlens atau Kacamata, Mana yang Lebih Aman?

Yang memiliki gangguan penglihatan biasanya sudah tidak asing dengan kedua alat bantu penglihatan ini. Keduanya sama-sama bisa untuk membantu memperjelas penglihatan. Meski demikian, fakta yang ada memperlihatkan kalau masih banyak di antara kita yang masih ragu dan bimbang. Mau menggunakan kacamata atau soft lens? Dan sebenarnya mana yang lebih baik di antara keduanya?

Djava Optik SoftLens
Djava Optik Softlens akan mengubah caramu memandang dunia (Dok. Djava Optik)

Dilansir dari All About Vision, kacamata mampu untuk menyesuaikan seberapa banyak cahaya yang masuk ke mata sehingga penglihatan jadi lebih nyaman dan maksimal. Sedangkan softlens, lebih fleksibel dan tidak menghalangi cara pandang dalam arti penglihatan lebih luas karena tidak dibatasi oleh lensa seperti yang ada di kacamata.

Artikel Serupa: Softlens Vs Kacamata Minus, Bingung untuk Memilih? Kenali Dulu Masing-Masing Kelebihannya

Ada banyak sekali perbedaan pendapat mengenai hal ini. Beberapa ahli lebih merekomendasikan kacamata di bandingkan dengan softlens, begitu juga sebaliknya. Baik softlens atau kacamata keduanya sama-sama berfungsi untuk membantu untuk membantu dalam penglihatan. Tapi, untuk beberapa kondisi dan keadaan, kacamata bisa lebih baik dibandingkan dengan softlens, dan juga sebaliknya.

Sebelum memutuskan untuk mengenakan kacamata atau softlens, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan demi mendapatkan penglihatan yang tidak hanya nyaman, tapi juga aman.

Artikel Serupa: 8 Alasan kenapa pakai kacamata jauh lebih baik daripada pakai softlens

Kacamata Atau Softlens?

Kacamata atau softlens sebenarnya punya fungsi yang sama, yaitu untuk membantu penglihatan khususnya bagi yang punya gangguan mata misalnya minus, plus atau silinder. Tapi, bagi sebagian orang merasa kalau mengenakan kacamata akan membuat penampilan menjadi aneh sehingga mereka jadi kurang percaya diri. Padahal, hal ini tidak sepenuhnya benar ya, Sobat Djava. Banyak riset menunjukkan kalau orang yang memakai kacamata justru dinilai cerdas, ambisius dan stylish.

Tentang Kacamata

Untuk mendapatkan kesan itu pastinya ada banyak hal yang perlu diperhatikan, misalnya model frame yang dipakai dengan bentuk wajah harus seimbang jadi kacamata tidak akan membuat jadi culun, tapi fashionable. Kacamata bisa menjadi solusi terbaik dan aman untuk membantu penglihatan. Kacamata dilengkapi seperangkat khusus yaitu frame dan lensa, jadi aman digunakan untuk beraktivitas. Jenis lensa yang bisa dipilih juga bervariasi mulai dari anti radiasi UV, anti sinar biru atau lensa khusus berkendara.

Baca Juga: Beraktivitas Tanpa Cemas: Pentingnya Kacamata Anti Radiasi UV

Kacamata umumnya lebih ekonomis, karena dari segi perawatan lebih mudah. Cukup rutin melap lensa dengan mikrofiber dan cairan khusus pembersih lensa. Begitupun dalam perawatan frame, cukup dibersihkan dengan air lalu dilap perlahan dengan menggunakan kain khusus. Meski demikian, beberapa orang masih banyak yang kurang nyaman dan menghindari resiko gampang pecah atau patah kacamatanya. Karena itu, mereka beralih dengan mengenakan softlens.

Tentang Soft Lens

Secara penggunaan, softlens lebih praktis karena tidak seperti kacamata yang punya komponen frame dan lensa. Sementara lensa hanya terdiri dari lapisan tipis yang digunakan langsung di mata. Bagi kalian yang enggan atau tidak nyaman dengan memakai kacamata, softlens bisa menjadi pilihan terbaik. Softlens juga tidak akan mempengaruhi atau menganggu kenyamanan kalian dalam berias, justru pemilihan softlens yang tepat akan membuat kalian lebih mempesona. Namun, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.

Baca Juga: Sayangi Mata Anda! Tips Merawat dan Menjaga Kesehatan Mata

Dari segi perawatan, umumnya softlens lebih butuh banyak perhatian. Seperti tidak boleh memasang  softlens dengan tangan kotor karena menyebabkan transisi bakteri, harus rutin mengganti cairan lensa, dan hindari penggunaan softlens dalam jangka waktu maksimal 12 jam. Bila softlens tidak dilepas sama sekali hingga melebihi 12 jam, maka berpotensi timbul masalah pada mata, seperti:  rasa tidak nyaman, pembengkakan kornea, mata kering, mata merah, dan menjadi rentan terkena infeksi.

Sebelum kalian memutuskan untuk mengenakan kacamata atau lensa kontak, ada baiknya mengenali terlebih dulu tentang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing. Hal ini bertujuan agar Sobat Djava bisa mengidentifikasi lebih awal benefit dan risiko yang akan kalian dapatkan. Sudah siap untuk membahas lebih lanjut? Keep reading! 

Artikel Terkait: Kacamata vs Lensa Kontak, Mana yang Cocok untuk Anda?

Kelebihan Pakai Kacamata

Untuk mendapatkan alat bantu penglihatan yang maksimal dan nyaman, kenali terlebih dulu kelebihan dan kekurangan biar Sobat Djava tidak keliru. Berikut adalah beberapa kelebihan kacamata yang bisa kalian jadikan pertimbangan untuk mendapat bantuan penglihatan terbaik:

  • Kacamata bisa dipakai oleh siapapun, tanpa memandang usia. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa banyak sekali kacamata yang bisa dijadikan opsi alat bantu penglihatan ternyaman.
  • Lebih akurat memperbaiki penglihatan dalam jangkauan 0,50 dioptri dari koreksi yang diinginkan. Selain itu, kacamata mudah diperbarui ketika hasil periksa mata berubah.
  • Meminimalisir kemungkinan iritasi mata atau mengembangkan infeksi mata.
  • Kacamata lebih ekonomis dan lebih awet daripada lensa kontak.
  • Kacamata tidak akan memperburuk masalah mata kering atau sensitif seperti halnya softlens.
  • Kacamata menawarkan beberapa perlindungan optimal dari faktor lingkungan, misalnya: angin, air, debu, dan partikel asing lainnya yang berpotensi membahayakan mata.
  • Memakai kacamata tidak menimbulkan efek samping, karena kacamata tidak pernah menyentuh bola mata.

Baca Juga: Mata Minus Bisa Disembuhkan: Mitos atau Fakta?

Kekurangan Memakai Kacamata

Selain kelebihan, memakai kacamata juga memiliki kekurangan yang harus siap kalian hadapi. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi kekurangan saat Sobat Djava memutuskan untuk mengenakan kacamata.

  • Tidak praktis.
  • Kacamata tebal akan terasa berat dan tidak nyaman.
  • Pusing atau sakit kepala saat awal penggunaan kacamata.
  • Nosepad kacamata meninggalkan bekas di hidung yang kurang elok dipandang mata.
  • Penglihatan  dapat terhalang atau kabur karena lensa terkena  embun, debu, atau kotoran.
  • Mudah rusak, patah, atau hilang bila kurang dijaga dengan baik.
  • Kurang nyaman digunakan untuk  aktivitas fisik berat atau olahraga.

Baca Juga: Berkendara Tanpa Takut Silau Pakai Kacamata One Drive

Kelebihan Memakai SoftLens 

Sebelum memutuskan untuk memilih softlens sebagai alat bantu penglihatan, yuk menjadi pengguna yang bijak dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Berikut adalah kelebihan yang akan Sobat Djava dapatkan kalau menggunakan softlens.

  • Softlens didesain sesuai kelengkungan mata sehingga lebih bisa melihat luas dan jangkauan pandang yang lebih maksimal tanpa distorsi penglihatan.
  • Softlens tidak akan mengganggu aktivitas seperti olah raga atau bekerja.
  • Softlens tidak terpengaruh oleh kondisi cuaca dan tidak berkabut ketika cuaca dingin.
  • Sobat Djava bisa memilih model softlens sesuai dengan gaya fashion.
  • Memakai kacamata berjam-jam membuat mata lelah bahkan pusing. Hal ini bisa dihindari dengan menggunakan softlens.

Lihat Juga: Melihat dengan Nyaman Pakai Kacamata Kalle

Kekurangan Memakai Softlens

Selain itu kelebihan, memakai softlens juga memiliki beberapa kekurangan. Ada baiknya Sobat Djava mengetahui kekurangan untuk bisa mengidentifikasi hal yang mesti dilakukan dan pertimbangkan.

  • Memakai softlens tidak semudah kelihatannya kalau belum terbiasa. Pastikan tangan Sobat Djava dalam kondisi bersih.
  • Softlens bisa membatasi jumlah oksigen yang masuk mata  dan menyebabkan mata kering.
  • Beraktivitas di depan komputer dalam jangka waktu lama dengan memakai softlens memungkinkan timbulnya gejala sindrom visi komputer.
  • Softlens perawatannya relatif sulit dan perlu ketelatenan tinggi.
  • Memakai softlens berpotensi mengalami infeksi kornea, goresan, dan lecet.
  • Ketahanan softlens bersifat temporer.
  • Butuh waktu lama untuk beradaptasi dengan softlens.

Memilih mengenakan  kacamata atau softlens adalah pilihan pribadi.Tapi, ada yang hal perlu diperhatikan demi kenyamanan dan keamanan mata Sobat Djava. Meski Sobat Djava mengenakan lensa kontak dari waktu ke waktu, Sobat Djava wajib memiliki sepasang kacamata cadangan seusai resep mata. Hal ini bertujuan  untuk berjaga kalau dalam sementara waktu harus absen pakai softlens akibat iritasi atau infeksi mata. Ada banyak kacamata yang bisa dipilih dan dicustom sesuai dengan resep Sobat Djava di Djava Optik.

Baca Juga: Djava Optik Surabaya: Tempat Terbaik untuk Kebutuhan Optik Anda

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×