• Home
  • Fashion
  • Begini Cara Merawat Kacamata Biar Tidak Cepat Rusak!
Image

Begini Cara Merawat Kacamata Biar Tidak Cepat Rusak!

Untuk seseorang yang punya gangguan penglihatan, kacamata sudah seperti benda wajib yang harus dimiliki. Karena dengan benda satu ini seseorang bisa melihat dengan baik dan tajam. Sesuai dengan fungsinya, kacamata sebagai alat bantu medis yang akan memudahkan untuk aktivitas melihat sesuai dengan kebutuhan atau gangguan mata yang dialami, seperti: rabun jauh, rabun dekat atau silinder. Selain sebagai alat bantu melihat, fungsi kacamata di masa sekarang lebih bervariasi, mulai dari aksesoris sampai dengan penunjang kebutuhan fashion yang tidak boleh ketinggalan.

Baca Lebih Lanjut: Tips dan Trik Cara Merawat dan Membersihkan Kacamata

Namun, meskipun demikian masih banyak orang yang suka sembarangan menaruh kacamatanya. Alhasil, kacamata jadi patah atau gampang rusak. Siapa nih yang kayak gini? Duh, kalian mesti hati-hati karena keawetan kacamata selain bergantung pada kualitas kacamata juga tergantung bagaimana cara kalian  merawat kacamata ya, Sobat Djava!

Cara Merawat Kacamata

Yang membuat kacamata gampang rusak dan patah salah satunya adalah kekeliruan kita dalam memperlakukan kacamata kita, misalnya menaruh kacamata di tempat sembarangan. Berikut adalah cara-cara yang bisa Sobat Djava terapkan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada kacamata.  Apa saja, ya? Simak penjelasan berikut! ^^

Artikel Terkait: Jangan Biarkan Kacamata Rusak: Tips dan Trik Merawat Kacamata

1.Taruh Kacamata di Hardcase

Setelah mengenakan kacamata, terkadang kita masih sering lalai dalam menaruhnya. Karena lelahnya aktivitas dan di tengah kesibukan yang ada, kacamata sering kali kita taruh di sembarang tampat misal di meja, kasur, atau di tempat lain yang berpotensi membuat kacamata terjatuh sehingga menyebabkan lensa kacamata jadi pecah atau tangkainya patah. Nah, agar hal ini tidak terjadi dan sebelum kalian menyesal sudah menaruh sembarangan yuk kita perhatikan cara kita menempatkan kacamata, ya. Sesibuk apapun, pastikan selalu membawa kotak kacamata biar bisa meletakkan kacamata kita kalau misalnya sudah selesai dipakai Dengan begitu kacamata kalian akan awet dan bisa untuk digunakan jangka panjang.

Baca Juga: Tidak Perlu Bingung: Cara Memilih Kacamata Untuk Wajah Kotak

2.Hindari Menggunakan Kacamata di Atas Kepala

Sepertinya hampir setiap orang pernah melakukan hal serupa. Kalian juga pernah kan, Sobat Djava? Terkadang hal ini dipakai untuk kebutuhan fashion atau tampilan yang lebih kece. Kalau misal kacamata yang kalian miliki hanya untuk aksesoris mungkin hal ini sah-sah saja di lakukan. Namun, ketika kacamata kalian juga berperan penting untuk memperbaiki penglihatan sebaiknya hal ini dihindari. Hal ini akan membuat kacamata awet dan tahan lama. Dengan demikian, kalian juga akan menghemat budget biar tidak sering gonta ganti kacamata, Sobat Djava. Karena sering mengenakan kacamata di atas kepala akan membuat tangkai melonggar dan jadi tidak nyaman digunakan.

Artikel Serupa: 7 Hal Ini Wajib Diperhatikan agar Kacamata Kamu Lebih Tahan Lama!

3.Menaruh Kacamata Dengan Lensa Menghadap ke Bawah

Siapa nih yang sering menaruh kacamata dengan lensa yang menghadap ke bawah? Kadang-kadang kita memang tidak sadar sudah menaruh dengan posisi yang sembarangan. Tapi, ada baiknya ini diperhatikan ya. Karena kalau lama-lama dilakukan, lensa kacamata kalian akan tergores dan tidak hanya merusak fungsi lensa tapi juga mempengaruhi kenyamanan kalian. Dan kalian pasti tidak mau banyak rugi kan? Karena harga lensa yang mahal jadi harus dijaga dengan baik demi keawetan kacamata kalian ya, Sobat Djava!

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Membersihkan Kacamata?

Sebenarnya tidak ada acuan khusus tentang seberapa  rutin harus membersihkan kacamata, tapi membersihkan kacamata sebelum melakukan aktivitas adalah hal penting untuk dilakukan. Di sisi lain, mungkin saat pagi hari Sobat Djava sudah membersihkan kacamata dengan baik dan benar, namun saat di perjalanan menuju tempat tujuan terlebih menggunakan transportasi umum, bisa menjadi penyebab kacamata kotor lagi akibat polusi yang menempel pada lensa atau tidak sengaja tersentuh oleh tangan kalian.

Artikel Terkait: Awas Cuaca Panas! Lindungi Mata dengan Kacamata Photocromic

Begitu pun  ketika Sobat Djava melepaskan dan meletakkan kacamata. Kalau kalian hendak tidur atau akan melakukan kegiatan  lain yang perlu melepas kacamata,harap menyimpan kacamata di tempat kacamata (hardcase). Ini bertujuan agar kacamata kalian terjaga dengan baik dan menghindari risiko terjatuh, tertindih atau terinjak.

Mulai saat ini juga, lakukan kebiasaan baik dengan membersihkan kacamata setiap satu hingga dua kali sehari atau sesuai kebutuhan dengan air mengalir yang bersih atau cairan khusus pembersih kacamata yang bisa Sobat Djava dapatkan di Djava Optik.

Baca Lebih Lanjut: Djava Optik Surabaya: Tempat Terbaik untuk Kebutuhan Optik Anda

Tips dan Cara Membersihkan Kacamata dengan Benar

Membersihkan kacamata harus sesuai biar kacamata tetap aman ya, Sobat Djava. Membersihkan tanpa aturan bukan malah membuat kacamata kalian jadi terawat tapi justru malah menjadi rusak. Kalian pasti tidak ingin ini terjadi, kan?  Nah, tips dan cara di bawah ini bisa banget nih kalian lakukan biar kacamata kalian awet dan bersih.

1.Cuci Tangan dengan Bersih

Sebelum membersihkan kacamata, pastikan tangan kalian bersih dari noda atau kotoran yang justru akan mengotori kacamata. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah basahi tangan dengan air mengalir dan teteskan sabun khusus untuk mencuci tangan. Setelah itu keringkan tangan dengan handuk atau tisu.

Baca Juga: 8 Cara Membersihkan Kacamata yang Buram dengan Efektif

2.Siapkan Air Hangat atau Air Mengalir

Membersihkan kacamata dengan air mengalir akan memudahkan kalian ketika membersihkan. Pertama-tama basahi kacamat dengan air lalu teteskan sabun khusus untuk mencuci kacamata, lalu gosok perlahan ke semua bagian dengan mengenakan ujung jari atau sikat halus. Harap hati-hati ketika membersihkan bagian lensa, karena kalau terlalu keras atau sikat yang kalian gunakan terlalu keras akan menyebabkan lensa tergores. Setelah semua dibersihkan bilas dengan menggunakan air sampai tidak ada sisa busa yang menempel.

3.Goyangkan Kacamata dan Lap Sampai Kering

Setelah bersih, goyang-goyangkan kacamata dengan perlahan sampai airnya menetes. Kalau sudah, lap kacamata dengan kain mikro fiber sampai kacamata menjadi kering dan tidak ada air yang masih tersisa. Setelah itu, kacamata siap digunakan atau kalau sedan tidak perlu untuk dipakai kacamata bisa ditaruh di hard case biar tetap higienis dan terjaga kebersihannya.

Baca Lebih Lanjut: Mata Minus Bisa Disembuhkan: Mitos atau Fakta?

Nah, itu tadi Sobat Djava tentang cara-cara merawat kacamata yang bisa kalian terapkan biar kacamata kalian tetap awet dan bersih. Karena kebersihan adalah tanda kalau kalian orang-orang hebat. Tetap tampil maksimal dengan kacamata terbaik kalian, ya!

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

 

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×