Image

Pemeriksaan Mata dan Screening Mata Apakah Sama?

Kira-kira kapan nih Sobat Djava melakukan pemeriksaan atau pengecekan pada mata? Atau jangan-jangan ada juga yang belum pernah periksa mata sama sekali? Duh, jangan sampai deh Sobat Djava. Karena ada banyak hal yang bisa kalian dapatkan dengan mengetahui benefit kalau rutin periksa mata, loh. Salah satunya adalah kalian jadi bisa tahu kondisi mata dan mendapatkan pertolongan terbaik sesuai dengan kebutuhan mata kalian.

Artikel Serupa: Pemeriksaan Mata: Mengapa Penting dan Informasi Apa Saja yang Bisa Anda Dapatkan

Tapi, sayang sekali masih banyak di antara kita yang kurang aware dengan hal ini. Sehingga ketika menjalani periksa mata dan ternyata mata kita bermasalah baru kebingungan mencari kacamata yang sesuai untuk mata kita. Nah, sebelum itu terjadi mending periksa mata biar tahu kondisi mata sehingga dapat memperoleh solusi sesuai gangguan yang dialami, ya. Nah, apakah periksa mata hanya berlaku untuk pemula? Tentunya tidak ya, Sobat Djava. Mereka yang sudah mengalami gangguan mata minus, plus atau bahkan silinder bahkan wajib cek mata minimal  6 bulan sekali. Hal ini untuk memastikan apakah gangguan matanya berubah atau bahkan bertambah parah.

Baca Juga: Dry Eye: Ketahui Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi

Apa Itu Pemeriksaan Mata?

Pemeriksaan mata penting dilakukan secara berkala. Ini dilakukan untuk memastikan dan mengetahui kondisi mata sehingga bisa ditindaklanjuti kalau seandainya ada keluhan atau masalah pada mata. Pemeriksaan mata juga sangat dianjurkan untuk pemula biar bisa dideteksi dengan lebih dini. Sedangkan untuk yang sebelumnya sudah pernah mengenakan kacamata, ini seolah hal wajib yang mesti dilakukan untuk meminimalisir kondisi biar tidak semakin parah.

Artikel Serupa: Pemeriksaan Mata Berkala Penting Dilakukan?

Ada banyak pengertian yang banyak dipahami oleh masing-masing orang. Dan menurut medis, pemeriksaan mata itu apa sih? Pemeriksaan mata adalah serangkaian tes yang bertujuan untuk mengevaluasi kondisi penglihatan dan juga memeriksa penyakit yang ada di mata. Ketika pemeriksaan mata dilakukan, dokter atau ahli  mata akan menggunakan berbagai instrumen, menyinari mata dengan cahaya terang, mengenakan alat khusus, dan meminta kalian untuk mencoba berbagai jenis lensa.

Mengapa Periksa Mata Penting?

Beberapa orang mungkin beranggapan kalau periksa mata bisa dilakukan ketika mata sudah tidak lagi jelas ketika digunakan untuk melihat. Padahal pemeriksaan mata penting dilakukan baik itu oleh orang yang matanya normal atau punya kelainan. Pemeriksaan mata secara rutin dimaksudkan untuk  membantu mendeteksi masalah atau penyakit mata lebih dini. Hal ini sangat penting karena pendeteksian masalah mata yang tanggap akan membuatnya lebih mudah untuk ditangani.Selain itu, dengan melakukan pemeriksaan rutin Sobat Djava juga dapat banyak berkonsultasi dengan dokter mata mengenai cara merawat kesehatan mata agar penglihatan tetap maksimal. Setiap tes dalam pemeriksaan mata mengevaluasi berbagai aspek penglihatan dan kesehatan mata yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan mata.

Artikel Serupa: Apa Saja yang Termasuk dalam Skrining Mata?

Perbedaan Pemeriksaan Mata dan Screening Mata

Selama ini banyak yang mengira bahwa pemeriksaan dan screening mata itu sama. Padahal, antara pemeriksaan dan screening itu berbeda ya, Sobat Djava. Ada yang sudah tahu belum nih perbedaan antara keduanya? Banyak yang mengira bahwa skrining mata dan pemeriksaan mata merupakan hal yang sama, padahal keduanya berbeda. Lalu, kira-kira apa nih perbedaannya?

Skrining mata adalah tes mata dasar yang fungsinya untuk membantu mengidentifikasi apakah Sobat Djava memiliki masalah dengan penglihatan, tetapi tidak sampai menguji penyakit mata atau penyebab yang mendasari setiap masalah penglihatan yang Sobat Djava alami, sedangkan untuk pemeriksaan mata adalah tes mata secara komprehensif yang dilakukan oleh dokter  atau ahli mata dengan cara melibatkan pemeriksaan menyeluruh semua aspek penglihatan. Dokter akan memberikan rekomendasi perawatan yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan pribadi kalian. Ini termasuk lensa resep, latihan mata, obat tetes mata atau salep, dan bahkan operasi kalau memang dibutuhkan.

Baca Lebih Lanjut: Koleksi Kacamata Djava Optik Yang Wajib Kamu Miliki

Apa Yang Didapatkan dari Tes Penglihatan Mata

Tes penglihatan merupakan salah satu bagian dari pemeriksaan mata yang dilakukan untuk mengidentifikasi masalah penglihatan. Dari tes ini, biasanya Sobat Djava  akan mendapatkan saran dari ahli mata apakah kalian perlu melakukan pemeriksaan mata yang lebih komprehensif atau tidak. Kalau seandainya tidak dan dari hasil pemeriksaan hanya menunjukkan bahwa mata kalian minus, plus atau silinder saja kalian hanya akan diberikan rekomendasi lensa untuk kacamata yang sesuai.

Pemeriksaan Mata di Djava Optik
Pemeriksaan mata di Djava Optik

Berikut adalah beberapa penilaian yang biasanya dilakukan dalam tes penglihatan antara lain:

  • Menguji penglihatan menggunakan bagan “Big E” atau “Snellen”
  • Menguji reaksi mata terhadap koordinasi cahaya menggunakan bagan sederhana.
  • Menguji kebutaan warna menggunakan grafik warna.

Baca Juga: Sayangi Mata Anda! Tips Merawat dan Menjaga Kesehatan Mata

Jenis-Jenis Tes dalam Pemeriksaan Mata

Ada banyak sekali jenis tes dalam pemeriksaan mata. Hal ini akan disesuaikan dengan kebutuhan ketika Sobat Djava memutuskan untuk menjalani tes mata. Tes dalam pemeriksaan mata mungkin akan bervariasi tergantung pada usia atau kebutuhan khusus. Namun pada umumnya, dalam pemeriksaan mata akan dilakukan beberapa tes berikut:

  • Ketajaman Visual: Tes untuk mengukur ketajaman penglihatan Anda
  • Kebutaan Warna: Tes untuk memeriksa penglihatan Anda terhadap warna
  • Uji Tutup (Cover Test): Tes untuk menguji apakah mata Anda bekerja dengan baik
  • Motilitas Mata atau Gerakan Mata: Tes untuk menentukan seberapa baik mata Anda dapat mengikuti objek bergerak
  • Glaukoma: Kebanyakan tes glaukoma melibatkan pengujian tekanan pada bola mata
  • Uji Slit Lamp: Tes khusus yang digunakan dokter mata untuk memeriksa struktur mata Anda untuk mendeteksi berbagai kondisi mata dan penyakit termasuk katarak, degenerasi makula, ulkus kornea dan retinopati diabetik.

Kalau Sobat Djava merasa memerlukan pemeriksaan mata, kalian bisa mendapatkan pemeriksaan mata di klinik dokter mata. Kebanyakan ahli optik atau klinik kecil mungkin tidak memiliki peralatan atau ahli untuk melakukan pemeriksaan mata yang komprehensif. Buatlah janji terlebih dahulu untuk memastikan mereka dapat mengakomodasi permintaan kalian. Kalau kalian hanya butuh pemeriksaan mata minus, plus atau silinder, jangan ragu untuk datang dan periksa mata di Djava Optik. Djava Optik merupakan optik mata terpercaya selama bertahun-tahun, dapatkan fasilitas dan konsultasi profesional dari ahli refraksi optiser Djava Optik!

Baca Juga: Keuntungan Belanja di Djava Optik: Lihat Dunia Dengan Gaya

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jl. Nginden Semolo No. 101 Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249 (Store Manukan)

+62 851-7682-1720 (Store Nginden)

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×