• Home
  • Education
  • Yang Harus Sobat Djava Lakukan Biar Mata Tetap Sehat!
Image

Yang Harus Sobat Djava Lakukan Biar Mata Tetap Sehat!

Mata adalah salah satu aset berharga yang mesti dijaga. Dengan memiliki penglihatan yang baik, maka aktivitas yang Sobat Djava lakukan juga akan berjalan dengan baik dan mudah. Sebaliknya, ketika mata terganggu atau mengalami kelainan, maka akan mempengaruhi keberlangsungan produktivitas sehari-hari. Selain itu, kalian akan mengeluarkan banyak biaya untuk itu, seperti membeli kacamata, lensa, atau sejenis pengobatan lainnya sesuai dengan kebutuhan yang Kakak perlukan.

Artikel Serupa: 10 Hal Yang Harus Anda Lakukan Agar Memiliki Mata Sehat sampai Lansia!

Meski demikian, sayang sekali banyak dari kita yang masih belum aware nih sama kesehatan mata. Siapa di antara kalian yang masih suka begadang sampai malam untuk menonton film favorit atau membaca chat dari jarak terlalu dekat hingga scroll media sosial selama berjam-jam? Sedikit contoh tersebut hampir kita lakukan sehari-hari karena aktivitas kita memang tidak bisa terhindarkan dari perangkat digital apalagi di jaman sekarang ini. Oleh karena itu, simak artikel ini untuk tahu tips dan cara menjaga mata biar tetap sehat. Happy reading! ^^

1.Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Hal dasar yang bisa dilakukan agar mata tetap sehat adalah dengan mengkonsumsi yang juga sehat dan memiliki nilai gizi seimbang. Pastikan dalam keseharian Sobat Djava makanan yang dikonsumasi sudah mengandung asam lemak omega-3, zink, vitamin A, vitamin C, vitamin E, hingga karotenoid.

Karotenoid termasuk salah satu antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Tidak hanya itu, karotenoid juga bisa berfungsi sebagai zat yang mampu meningkatkan sistem kekebalan dan melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Baca Juga: Sindrom Era Digital: Begini Cara Atasi Ketegangan Mata!

Sementara makanan yang memiliki asupan gizi dan sehat untuk mata, seperti wortel, jeruk, sayuran berdaun hijau (bayam, sawi, brokoli, lobak hijau), kacang-kacangan, telur, ikan berlemak (salmon, tuna, sarden), dan masih banyak variasi lainnya.

Selain itu, penting juga untuk menjaga pola makan kalian ya, Sobat Djava. Ini bertujuan biar kalian juga dapat terhindar dari risiko obesitas serta penyakit seperti diabetes tipe 2, yang menjadi salah satu penyebab terjadinya kebutaan pada orang dewasa.

2.Jangan Merokok dan Hindari Asap Rokok

Tahukah Sobat Djava kalau merokok tidak hanya berbahaya bagi kesehatan jantung dan juga paru-paru, tapi juga berbahaya bagi kesehatan mata kita? Merokok atau terpapar asap rokok bisa menyebabkan mata terkena sindrom mata kering, berisiko mengalami degenerasi makula, glaukoma dan sejumlah penyakit mata lainnya. Kalau Sobat Djava adalah perokok aktif ada baiknya kebiasaan ini dikurangi atar terselamatkan dari kemungkinan buruk yang terjadi. Sedangkan kalau perokok pasif, asap rokok ternyata punya dampak yang kurang baik bagi kesehatan mata apabila terpapar secara berlebih. Karena itu, harap perhatikan sekitar kalian.

Baca Lebih Lanjut: Begini Cara Merawat Kacamata Biar Tidak Cepat Rusak!

3.Atur Pencahayaan Dengan Baik

Salah satu hal yang bisa dilakukan biar mata tetap sehat adalah dengan memperhatikan pencahayaan hp, laptop maupun televisi. Mengapa ini sangat berpengaruh? Karena beraktivitas digital dengan pencahayaan yang redup atau terlalu terang bisa memberi dampak negatif pada mata. Selain pencahayaan hp, laptop atau televisi, kalian juga wajib banget memperhatikan cahaya ruang. Atur pencahayaan sesuai dengan kebutuhan, artinya tidak terlalu terang atau terlalu redup. Pencahayaan yang terlalu terang akan membuat mata menjadi silau, sementara cahaya yang remang akan membuat mata jadi mudah kering.

Baca Juga: Hati-Hati! Ini Efek Negatif Blue Light Bagi Kesehatan Mata

4.Atur Durasi di Depan Layar HP atau Laptop

Beraktivitas digital sudah menjadi hal yang tidak terpisahkan dari rutinitas kita sehari-hari. Mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi aktivitas kita seolah selalu berkaitan dengan ini. Siapa yang kesehariannya bekerja di depan laptop? Apalagi yang durasi kerjanya bisa sampai berjam-jam. Maka, ada yang harus diperhatikan terkait dengan kesehatan mata kalian. Karena terpapar sinar biru dalam jangka waktu lama juga berbahaya untuk kesehatan mata. Selain itu, jarak pandang juga mesti diatur seideal mungkin. Yang paling penting adalah memperhatikan durasi di depan layar laptop, hp atau juga televisi. Pastikan banyak berkedip dan memberi jeda agar mata tidak bekerja terlalu keras.

Artikel Serupa: Adakah Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Mata Anak?

5. Tidur Cukup

Kurang tidur tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Tapi, ini juga bisa mempengaruhi kesehatan mata. Apalagi untuk kalian yang aktif di malam hari dalam arti begadang entah untuk bekerja, menonton, membaca atau berbagai jenis aktivitas lainnya. Membaca atau menonton sampai larut malam dan mengurangi jatah jam tidur tidak baik untuk kesehatan mata. Karena waktu yang seharusnya dipakai untuk mengistirahatkan mata justru membuat mata bekerja secara terus menerus. Ditambah lagi, kurang tidur dapat membuat mata terasa gatal, kering, bahkan mata tampak memerah. Ini karena mata tidak menghasilkan air mata yang cukup karena kurang tidur. Akibatnya, mata juga berisiko tinggi untuk terkena infeksi.

Baca Lebih Lanjut: Sobat Djava Wajib Tahu: Kenali Masalah Mata Yang Umum Terjadi!

6.Lakukan Senam Mata

Beraktivitas seharian apalagi yang rutinitasnya di depan laptop dan gadget dengan intensitas yang lama, seringkali membuat mata menjadi tegang. Oleh karena itu, melakukan senam mata akan menjadi opsi terbaik yang bisa dilakukan. Senam mata membantu mata menjadi lebih rileks dan tidak tegang. Selain itu, senam mata juga bermanfaat untuk memelihara otot mata.

7.Gunakan Kacamata Ketika Beraktivitas di Luar Ruangan

Keluar ruangan ketika matahari sedang  panas-panasnya akan membahayakan kesehatan mata apabila tidak menggunakan perlindungan. Oleh karena itu, pastikan mata kalian terlindungi ketika beraktivitas di luar ruangan yang memungkinkan mata terkena paparan langsung dari radiasi UV matahari. Kalian bisa menggunakan lensa anti radiasi UV, Bluecromic atau Lensa lain yang memiliki perlindungan anti UV biar mata tetap sehat dan terjaga.

8.Lakukan Pemeriksaan Mata Secara Rutin

Melakukan pemeriksaan mata adalah salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata. Dengan mengetahui kondisi mata secara berkala, kita dapat mencegah atau memberi pengobatan yang sesuai dengan kebutuhan mata. Selain itu, pemeriksaan juga bisa membantu kita untuk terhindarkan dengan kondisi yang lebih buruk. Semakin rutin melakukan periksa mata maka akan semakin tahu apa yang dibutuhkan oleh mata sehingga mendapatkan solusi terbaik.

Baca Lebih Lanjut: Pemeriksaan Mata dan Screening Mata Apakah Sama?

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jl. Nginden Semolo No. 101 Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249 (Store Manukan)

+62 851-7682-1720 (Store Nginden)

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

 

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×