• Home
  • Education
  • Must To Know: Mata Merah, Penyebab dan Cara Mengobati
Image

Must To Know: Mata Merah, Penyebab dan Cara Mengobati

Di cuaca yang sangat panas umumnya hampir setiap orang mengalami gangguan pada mata, baik itu skala ringan, sedang atau bahkan sudah parah. Sobat Djava sering beraktivitas di luar ruangan? Ketika di luar ruangan mata akan lebih rentan terpapar radiasi UV, terkena debu, polusi bahkan asap kendaraan terkadang membuat mata menjadi gatal dan kemerahan. Akhirnya sebagian dari kita jadi kebiasaan mengucek mata. Dan dampak negatif mengucek mata secara sembarangan, dengan tangan kotor akan membuat mata rentan terkena iritasi, akhirnya menjadi gatal dan kemerahan.

Artikel Serupa: Penyebab Kemerahan Pada Mata dan Cara Mengobatinya

Apa Itu Mata Merah?

Mata Merah adalah suatu kondisi ketika bagian putih mata (sklera) menjadi kemerahan atau mengalami pembesaran pada bagian pembuluh darah. Tampilan kemerahan pada mata sangat bervariasi tergantung penyebab kemerahan pada mata. Kemerahan tersebut dapat terlihat seperti ada beberapa garis merah muda atau merah yang berlekuk-lekuk pada bagian sklera atau keseluruhan sklera menjadi tampak terlihat merah muda atau merah yang merata.

Baca Juga: Mengenal 8 Penyebab Mata Merah dan Cara Mengatasinya

Mata merah atau bisa jug disebut konjungtivis. Infeksi mata atau pink eye merupakan penyakit yang salah satu gejalanya adalah mata memerah. Hal ini terjadi karena disebabkan oleh konjungtiva atau membran transparan yang melindungi bola mata terinfeksi oleh bakteri, virus, atau jamur. Pada saat konjungtiva meradang, pembuluh darah mata akan membengkak dan mengakibatkan mata berwarna kemerahan.

Penyebab Mata Merah

Mata Merah atau konjungtivis terjadi karena berbagai faktor. Faktor utama yang menyebabkan mata menjadi  kemerahan ialah bakteri, virus dan juga alergi pada mata. Namun, ada juga berbagai faktor lain yang bisa menjadi sebab mata menjadi merah, yaitu:

Baca Juga: Looks Prestige: Inspirasi Fashion Kacamata Spesial Hari Pahlawan

1.Reaksi terhadap obat tetes mata

Pernahkah Sobat Djava menggunakan obat tetes mata ketika mata terasa gatal atau kering? Penggunaan obat tetes yang tepat dan dosis yang sesuai dengan kebutuhan, akan menjadi solusi terbaik ketika mata gatal. Namun, tidak sedikit produk yang digunakan justru membuat mata menjadi merah baik karena itu ketidakcocokan produk dengan kebutuhan mata atau kandungan dalam obat tetes membuat mata menjadi alergi. Alhasil, mata tidak menjadi sembuh malah menjadi kemerahan. Duh, hati-hati ketika memilih obat tetes ya, Sobat Djava. Pastikan sudah berkonsultasi dengan ahli atau dokter agar mendapat resep yang sesuai.

Baca Lebih Lanjut: Yang Harus Sobat Djava Lakukan Biar Mata Tetap Sehat!

2.Iritasi terhadap shampoo, kotoran, dan asap

Tidak semua orang cocok menggunakan dengan produk shampo karena di dalamnya terkandung beberapa zat yang bisa saja membuat mata iritasi. Sama halnya dengan shampo, pernahkah Sobat Djava terkena kotoran atau asap yang membuat mata pedih sampai timbul warna kemerahan? Terkadang partikel kecil dari asap kendaraan ketika masuk ke mata akan terasa sangat mengganjal. Dan kondisi ini kalau diteruskan dan dikucek secara sembarangan akan membuat mata jadi merah.

3.Jamur, amuba, dan parasit.

Selain kedua  faktor di atas, penyebab mata merah juga bisa terjadi karena jamur dan lainnya. Oleh karena itu penting sekali menjaga kebersihan mata dan merawatnya sesuai dengan kebutuhan mata kalian, Sobat Djava.

Artikel Terkait: 7 Cara Ampuh Mengatasi Mata Merah dan Berair

Cara Mengobati Mata Merah

Mata merah bisa dipicu oleh berbagai faktor,  antara lain pembengkakan pembuluh darah di sekitar mata (konjungtivitis), mata kering, alergi, kelelahan, debu, infeksi mata, dan pengaruh beberapa jenis penyakit. Kalau Sobat Djava mengalami mata merah dan berair, kalian bisa mencoba melakukan 4 cara di bawah untuk mengobati mata merah berair agar membaik seperti sedia kala:

1.Menghindari dari Pemicu Iritasi

Hal pertama yang mesti kamu lakukan untuk mengatasi mata merah dan berair adalah menjauhkan mata dari hal-hal yang menjadi pemicu iritasi. Sebagai contoh, Sobat Djava wajib sekali menghindari tempat berdebu, bulu binatang, lensa kontak yang kotor, atau hal-hal lainnya yang sekiranya akan membuat mata jadi mengalami alergi. Bila mata merah dan berair lekas dijauhkan dari pemicu iritasi, niscaya kondisinya akan berangsur-angsur membaik dalam waktu singkat. Selain itu, gunakan alat bantu seperti kacamata ketika berada di luar ruangan agar kotoran atau debu tidak mudah masuk ke mata.

Baca Juga: Apa Itu SoftLens? Ini Kelebihan, Kekurangan dan Penggunaan

2.Menggunakan Obat Tetes Mata

Salah satu cara sederhana yang bisa digunakan untuk mengobati mata merah berair adalah memanfaatkan obat tetes mata. Obat tetes mata adalah sejenis air mata buatan (artificial tears) yang dapat mengatasi mata masalah mata merah.Obat yang satu ini biasanya dijual bebas tanpa resep dokter dan cara penggunaannya sangat praktis. Akan tetapi, untuk kalian yang memiliki mata sensitif harap untuk tidak sembarangan menggunakan obat tetes mata. Ada baiknya periksa ke dokter kalau dirasa mata merah sudah cukup menganggu agar diberikan resep yang sesuai dengan kebutuhan Sobat Djava. Setelah mendapatkan obat tetes mata yang sesuai, tinggal meneteskan 1-2 tetes obat mata kemudian tunggu sejenak hingga mata terasa lebih nyaman dan tidak merah lagi.

3.Menggunakan Anti Biotik

Antibiotik adalah sejenis obat yang dapat digunakan untuk mengatasi mata merah dan berair  yang terjadi  karena infeksi bakteri. Antibiotik sangat bervariasi, untuk mengatasi mata merah berair biasanya berupa  obat tetes yang bisa langsugn diteteskan ke mata untuk meredakan kemerahan. Jenis-jenis antibiotik yang ampuh mengobati mata merah, yaitu azithromycin, besifloxacin, ciprofloxacin, erythromycin, dan gentamicin. Penggunaan obat mata yang memiliki kandungan antibiotik harus dilakukan sesuai resep dan anjuran dokter supaya tidak menimbulkan efek samping berbahaya bagi mata. Sobat Djava pastinya tidak mau kan kalau terjadi hal yang membahayakan. So, jangan lupa konsultasi dengan ahlinya ya!

Baca Juga: Sobat Djava Wajib Tahu: Kenali Masalah Mata Yang Umum Terjadi!

4.Kompres Mata Dengan Air Hangat

Selain ketiga cara yang sudah dipaparkan di atas, ada satu lagi nih cara sederhana yang bisa Sobat Djava lakukan, yaitu dengan mengompres mata dengan menggunakan air hangat. Hal ini akan membantu menenangkan otot-otot mata yang tegang dan kemerahan. Lakukan dengan menggunakan kain yang harus sehingga membuat mata jadi rileks dan juga nyaman. Tunggu hingga kurang lebih 5-10 menit. Dan ulangi kalau dirasa masih belum membaik.

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jl. Nginden Semolo No. 101 Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249 (Store Manukan)

+62 851-7682-1720 (Store Nginden)

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×