• Home
  • Education
  • Konsumsi Makanan Sehat: Tips Menjaga Kesehatan Mata!
Image

Konsumsi Makanan Sehat: Tips Menjaga Kesehatan Mata!

Menjaga kesehatan mata itu penting, loh. Apakah Sobat Djava tahu selain menerapkan kebiasaan positif, kesehatan mata sangat dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi setiap hari. Oleh karena itu, banyak sekali penelitian yang menunjukkan kalau sebagian besar orang yang matanya sehat itu hampir menerapkan kebiasaan baik dan juga mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein yang bisa menyehatkan mata kita.

Artikel Serupa: Konsumsi 6 Makanan Ini Agar Mata Lebih Sehat

Lalu, makanan apa saja sih yang dianjurkan untuk dikonsumsi dan bisa membantu untuk menjaga kesehatan mata? Yuk, simak penjelasan di bawah ini ya, Sobat Djava! ^^

Makanan Untuk Mata Agar Lebih Sehat

Menjaga kesehatan mata adalah hal yang penting untuk dilakukan, Sobat. Sebab, organ tubuh ini memiliki fungsi yang cukup penting dan sangat berpengaruh untuk keberlangsungan selama melakukan aktivitas sehari-hari.  Pertambahan usia membuat kesehatan mata terganggu, dan fungsinya menurun. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin untuk mata, serta melengkapinya dengan suplemen tambahan bisa menjadi cara menjaga kesehatan mata.

1. Kuning Telur

Kuning telur adalah bagian yang  memiliki  banyak ragam  nutrisi, vitamin, dan mineral.  Kandungan protein dalam telur sangat tinggi. Selain itu, banyaknya nutrisi  yang ada di dalam telur akan memberi khasiat apabila dikonsumsi. Diketahui, dalam kuning telur terdapat kandungan vitamin A yang tentunya akan memberikan dampak baik untuk menjaga kesehatan mata. Kuning telur memiliki rasa yang enak, sehingga cocok untuk disantap saat sarapan demi menjaga kesehatan kornea dan lapisan mata. Jadi, kalian tetap bisa makan bergizi sekaligus menjaga mata kalian, Sobat!

Baca Juga: Hobby Baca? Kacamata Elegan Ini Tidak Bikin Nerdy!

2. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah salah satu makanan yang mampu menjaga kesehatan mata. Mengapa bisa? Karena umbi jenis ini memiliki warna oranye yang terang, meskipun ada beberapa yang berwarna putih atau  ungu.  Banyak penelitian menunjukkan bahwa makanan yang memiliki warna oranye yang terdapat pada makanan menandakan adanya kandungan beta karoten yang tinggi.  Adanya kandungan tersebut tentu akan memberikan dampak baik apabila dicerna oleh tubuh menjadi vitamin A. Ubi jalar memiliki rasa manis yang khas sehingga cocok untuk dijadikan hidangan jenis apapun. Saat ini, ubi jalar juga populer sebagai karbohidrat alternatif bagi pelaku diet sehat. Jadi, gimana nih, Sobat? Tertarik untuk diet sehat sekaligus bisa untuk menyehatkan mata kalian?

3. Bayam

Suka makan sayuran hijau seperti bayam? Kabar baik buat kalian yang menyukai sayuran ini karena bayam memiliki sejumlah khasiat tersembunyi di dalamnya. Bayam memiliki kandungan antioksidan yang dapat meminimalisir efek penuaan otot pada tubuh manusia. Selain dimasak, mengonsumsi bayam mentah mampu menjaga kesehatan mata. Kalian bisa banget nih, Sobat, memasaknya dengan berbagai resep biar tetap enak, namun menyehatkan. Biasanya, bayam yang masih mentah disajikan menjadi salad dengan siraman berbagai saus dressing yang menyegarkan.

Baca Lebih Lanjut: Begini Cara Merawat Kacamata Biar Tidak Cepat Rusak!

4. Tomat

Sudah menjadi rahasia umum kalau tomat baik dikonsumsi untuk kesehatan mata. Tomat identik dengan warna yang merah segara yang kaya akan kandungan vitamin A. Kandungan vitamin A berupa likopen apabila dikonsumsi secara rutin bisa menjaga kesehatan retina. Tomat bisa dikonsumsi secara mentah sebagai buah potong yang segar, selain itu tomat juga bisa di buat jus dan dapat menjadi campuran makanan yang enak sehingga tidak akan membosankan terutama untuk kalian yang tidak bisa memakan tomat mentah. Ada banyak varian yang bisa kalian coba agar tetap bisa menjaga kesehatan mata kalian ya, Sobat.

Baca Lebih Lanjut: Mata Bintitan? Yuk Ketahui Penyebab dan Cara Mencegah Bintitan!

5. Ikan

Ikan adalah makanan yang banyak sekali mengandung protein. Beberapa jenis ikan mempunyai kandungan minyak yang tinggi dan kaya akan khasiat yang baik untuk kesehatan mata. Para ahli mengungkapkan kandungan minyak pada ikan memiliki komponen asam lemak omega-3 sehingga baik untuk kesehatan otak hingga mata. Saat mengonsumsi ikan dengan kadar lemak atau minyak yang tinggi, diyakini mampu menjaga fungsi retina bekerja dengan baik dalam jangka waktu yang lebih lama. Beberapa jenis ikan yang paling disarankan adalah ikan salmon, tuna dan trout. Jadi, siapkan resep terbaik kalian untuk memasak ikan favorit, ya!

6. Wortel

Wortel salah satu makanan yang paling dikenal sebagai makanan yang mampu menjaga kesehatan mata. Bahkan sejak kecil, anak-anak akan dipaksa untuk mengonsumsi banyak wortel untuk menjaga kesehatan matanya. Wortel memang terbukti memiliki banyak kandungan vitamin A dan sangat baik untuk kesehatan mata. Konon, ketika tubuh kekurangan asupan vitamin A, maka penglihatan akan sangat terganggu bahkan menyebabkan kebutaan. Wortel juga dapat diolah menjadi berbagai sajian yang enak mulai dari jus hingga kue yang enak.

Artikel Serupa: 7 Makanan untuk Pertajam Penglihatan, Tidak Bikin Bosan!

7. Sayuran Hijau

Sayuran  tidak hanya memiliki serat yang tinggi, akan tetapi juga mengandung vitamin dan mineral yang beragam. Namun, tidak semua sayuran baik untuk kesehatan mata ya, Sobat. Sayuran hijau seperti bayam dan sawi mempunyai nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Sayuran hijau sebagai salah satu jenis sayuran yang paling banyak dan paling sering dikonsumsi. Paling enak sayuran hijau diolah menjadi salad yang menyegarkan atau tumisan sayur yang nikmat. Kalian bisa mengkombinasikannya dengan makanan jenis lain agar tidak membosankan, namun tetap sehat.

Artikel Terkait:  7 Makanan untuk Pertajam Penglihatan, Tidak Bikin Bosan!

Nah, itu tadi rekomendasi makanan yang bisa kalian konsumsi untuk menjaga kesehatan mata, Sobat Djava. Selain mengkonsumsi makanan, aktivitas lain seperti olah raga, menerapkan pola hidup yang baik dan teratur juga berpengaruh untuk kesehatan mata kalian, loh. Menjaga kesehatan mata dimulai dari kesadaran kita masing-masing atas pentingnya peran mata dalam aktivitas sehari-hari. Misalnya, menggunakan kacamata ketika beraktivitas yang berhubungan dengan fokus mata: kerja di depan komputer, di luar ruangan dan lain sebagainya. Pastikan lensa kacamata yang kalian pilih tepat sehingga bisa terhindarkan dari risiko-risiko penyakit mata seperti: minus atau silinder.

Karena mata adalah anugerah paling berharga, maka sangat penting untuk melindunginya ya, Sobat. Jangan lupa juga untuk rutin melakukan pemeriksaan mata dan konsultasi untuk memastikan kondisi  mata. Djava Optik memvasilitasi kalian yang ingin periksa mata secara gratis!

Baca Juga: Djava Optik Surabaya: Tempat Terbaik untuk Kebutuhan Optik Anda

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jl. Nginden Semolo No. 101 Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249 (Store Manukan)

+62 851-7682-1720 (Store Nginden)

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×