• Home
  • Education
  • Mata Terlindungi Meski Bekerja Di Depan Laptop Berjam-jam?
Image

Mata Terlindungi Meski Bekerja Di Depan Laptop Berjam-jam?

Siapa nih, Sobat Djava yang aktivitas kesehariannya di depan layar komputer bahkan sampai berjam-jam? Sebagian pekerjaan memang tidak terpisahkan dari teknologi. Oleh karena itu tidak mengherankan jika sebagian dari kita banyak menghabiskan waktu di depan layar laptop. Namun, tahukah Sobat Djava bahwa sebenarnya terlalu lama di depan layar  laptop tidak dianjurkan karena akan membahayakan kesehatan mata kita? Lalu apa yang harus dilakukan ketika kondisi atau rutinitas kita menuntut untuk bekerja di depan laptop? Yuk, simak penjelasan di bawah ini agar tetap bisa melakukan aktivitas dengan nyaman dan mata tetap aman, ya, Sobat Djava! ^^

Baca Juga: Bekerja Nyaman: Lindungi Mata dengan Kacamata Blueray

Bahaya Radiasi Sinar Biru Atau Blue Light

Blue Light kerap kali disebut dengan sinar biru. Sinar biru adalah sinar yang berasal dari perangkat elektronik, seperti: hp, laptop, televisi, tablet dan seperangkat alat digital lainnya. Blue light serupa jenis cahaya yang memiliki gelombang lebih pendek daripada cahaya orange atau cahaya merah. Sinar biru tidak hanya berasal dari perangkat elektronik saja, tetapi juga bisa dari pancaran cahaya matahari.

Berdasar ilmu kesehatan mata, sinar biru disebut cahaya yang tampak dengan panjang gelombang yang cenderung lebih pendek. Ukurannya sekitar 415 hingga 455 nm, dan memiliki tingkat energi yang tinggi. Dalam hal ini, sinar biru dikategorikan sebagai HEV Light (High-Energy Visible Light). Sinar tersebut mempunyai spektrum yang tinggi sehingga akan menyebabkan dampak tertentu bisa terpapar ke kulit  atau mata manusia.

Baca Lebih Lanjut: Hati-Hati! Ini Efek Negatif Blue Light Bagi Kesehatan Mata

Sinar biru punya beberapa manfaat seperti bisa membuat mata lebih fokus, terjaga dan lebih produktif. Tapi, di samping manfaat yang didapatkan ternyata apabila mata terlalu lama terpapar sinar biru justru akan menimbulkan efek yang tidak baik untuk kesehatan, terutama mata.

Tips Mata Tetap Aman Bekerja di Depan Laptop

Agar tetap aman dan juga nyaman beraktivitas di depan laptop selama berjam-jam, Sobat Djava harus menerapkan kebiasaan positif berikut. Tujuannya adalah untuk meniminalisir gejala atau gangguan mata seperti mata lelah, mata kering, minus atau bahkan silinder. Yuk, ketahui tips cara menjaga mata biar tidak mengalami gangguan  karena sering beraktivitas di depan laptop.

1.Perhatian Intensitas atau Durasi di Depan  Laptop

Terkadang menatap layar laptop  berjam-jam menjadi hal tak terhindarkan terutama bagi Sobat Djava yang pekerjaannya selalu berkaitan dengan perangkat digital. Meskipun demikian, hal itu bisa disikapi dengan mengelola waktu secara tepat  dan memberi jeda untuk mata agar tidak intens menatap layar monitor  agar mata tidak tegang dan perih bahkan sampai lelah. Selain itu, Sobat Djava bisa mengatur jumlah kedipan. Dianjurkan lebih sering berkedip ketika sedang melakukan produktivitas yang banyak di hadapan layar. Ini dimaksudkan agar mata tidak terlalu tegang dan perih.

Baca Juga: Apa Perbedaan Lensa Photochromic, Bluechromic, dan One Drive?

2.Atur Kontras Pencahayaan Laptop

Siapa yang pencahayaan  laptopnya sangat terang sampai bikin silau di mata? Duh, Sobat Djava mesti mengubah kebiasaan ini, ya! Pencahayaan mesti diatur secara ideal sesuai dengan kebutuhan, tidak terlalu redup atau terlalu terang. Kalau ada fitur malam di laptop Sobat Djava ini bisa dimanfaatkan agar dapat membantu mata melihat dengan baik.

3.Perhatikan Jarak Mata dengan Layar Laptop

Terlalu lama ada di depan hp atau laptop seringkali membuat kita tidak sadar dan kurang memperhatikan jarak ideal mata dan layar. Siapa yang sering seperti ini karena saking fokusnya? Mulai sekarang, memberi jarak ideal antara mata dan layar itu sangat harus diperhatikan Sobat Djava! Mengatur jarak mata akan lebih bisa fokus dan meminimalisir efek negatif blue light yang akan ditimbulkan.

Baca Lebih Lanjut: Benarkah Kacamata Blue Ray Efektif Menangkal Radiasi?

4.Pakai Kacamata Khusus

Apabila aktivitas Sobat Djava lebih banyak menghabiskan waktu di depan laptop  ada baiknya menggunakan alat bantu berupa kacamata. Terutama untuk Sobat Djava yang kadang lupa  atau belum bisa mengelola waktu dan memberi jeda atau jarak dengan perangkat digital. Kacamata dengan lensa blueray akan membantu menangkal sinar biru yang berasal dari laptop yang kalian gunakan. Dengan demikian, efek negatif yang kemungkinan terjadi bisa terhindarkan.

Rekomendasi Lensa Perlindungan Radiasi Sinar Biru

Ada berbagai jenis lensa yang bisa digunakan untuk perlindungan bagi kalian yang rutinitasnya sering di depan laptop. Mulai dari yang murni untuk perlindungan anti blue light ada yang bisa berubah gelap di luar ruangan. Berikut adalah jenis-jenis lensa yang bisa kalian jadikan pertimbangan sebelum memesan kacamata, ya.

1.Blueray

Lensa jenis  ini dilengkapi dengan fitur anti UV dan anti sinar biru perangkat digital. Dengan fitur tersebut, Sobat Djava dapat lebih terlindungi jika beraktivitas di depan layar laptop karena sinar biru tidak langsung diserap oleh mata, tapi akan diredam oleh perlindungan lensa. Selain itu, lensa ini direkomendasikan kepada orang-orang yang kurang suka dengan lensa yang bisa berubah warna. Lensa blueray akan tetap bening di dalam maupun di luar ruangan.

Baca Juga: Berkendara Tanpa Takut Silau Pakai Kacamata One Drive

2.Bluecomic

Suka dengan lensa yang bisa berubah gelap di luar ruangan agar  tidak silau? Lensa jenis ini memiliki setidaknya tiga fitur lensa, yaitu anti radiasi UV, anti sinar biru perangkat digital dan bisa menggelap di luar ruangan. Jadi, dengan hanya satu lensa kalian sudah bisa mendapatkan fitur lengkap untuk di depan laptop maupun untuk kegiatan out door sehingga mata tetap terjaga dengan baik.

3.One Drive

Tidak nyaman berkendara karena silau dari lampu sein? Lensa one drive didesain khusus dengan memiliki 4 fitur untuk perlindungan mata. Fitur-fitur lensa mulai dari anti radiasi  UV, anti sinar biru perangkat digital, anti silau lampu sein dan bisa berubah gelap di luar ruangan. Ini sangat direkomendasikan untuk Sobat Djava yang membutuhkan lensa dengan fitur yang lengkap. Selain ekonomis, lensa ini memang layak dimiliki karena fitur yang lengkap membuat lensa bisa fleksibel digunakan untuk di depan layar laptop atau aktivitas saat malam dan siang hari.

Baca Lebih Lanjut: Begini Cara Merawat Kacamata Biar Tidak Cepat Rusak!

Jadi, gimana nih, Sobat? Sudah menentukan mau menggunakan lensa jenis apa untuk melindungi mata dari bahaya radiasi sinar biru? Kalau masih bingung silakan hubungi customer service Djava Optik. Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jl. Nginden Semolo No. 101 Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249 (Store Manukan)

+62 851-7682-1720 (Store Nginden)

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×