• Home
  • Definisi
  • Jangan Keliru: Perbedaan Lensa Photocromic dan Bluecromic!
Image

Jangan Keliru: Perbedaan Lensa Photocromic dan Bluecromic!

Lensa photocromic dan bluecromic memiliki beberapa perbedaan. Dalam dunia optik, ada banyak sekali variasi lensa kacamata mulai dari yang satu fungsi, dua fungsi, atau lensa yang dilengkapi dengan perlindungan. Banyaknya variasi yang ada selaras dengan  kebutuhan para pengguna kacamata yang tentunya satu sama lain memiliki perbedaan gangguan mata yang dialami. Ada yang menggunakan kacamata untuk normal, ada yang untuk minus atau plus, ada juga yang menggunakan kacamata untuk progresif.

Kebanyakan pengguna kacamata  mengenakan lensa yang memiliki perlindungan agar kacamata maksimal digunakan. Ada berbagai macam perlindungan mulai dari perlindungan UV matahari, blue-light, silau kendaraan, sampai lensa yang bisa menggelap untuk meredam silau ketika beraktivitas di luar ruangan, loh.

Baca Juga: Mata Terlindungi Meski Bekerja Di Depan Laptop Berjam-jam?

Nah, kira-kira lensa photocromic dan bluecromic itu lensa yang seperti apa, ya? Lalu apa perbedaan mendasar antara keduanya? Biar lebih paham, yuk simak penjelasan lensa di bawah ini. Happy reading ya, Sobat! ^^

Lensa Photocromic

Lensa photocromic  seringkali disebut dengan lensa transisi. Kemampuan lensa yang bisa berubah gelap ketika di luar ruangan membuat lensa ini diartikan demikian. Jika mendengar istilah photocromic yang ada di bayangan Sobat Djava pasti langsung teringat lensa yang jika terkena cahaya matahari berubah warna menjadi gelap. Lensa photochromic merupakan   lensa yang bisa berubah warna menjadi gelap saat terpapar sinar matahari atau sinar UV (ultraviolet). Lensa ini bisa disebut dengan definisi lainnya, misalnya lensa transisi, lensa adaptif atau lensa warna variabel.

Kemampuan adaptasi lensa photocromic yang luar biasa sehingga bisa menyesuaikan dengan keadaan dan situasi. Apabila digunakan dalam suasana mendung kegelapan lensa tidak terlalu pekat melainkan hanya memiliki tampilan warna, sedangkan apabila dalam kondisi cerah maka lensa akan otomatis menggelap karena dapat 100% memblokir cahaya yang dipancarkan oleh matahari.

Baca Lebih Lanjut: Apa Perbedaan Lensa Photochromic, Bluechromic, dan One Drive?

Fitur Lensa Photocromic

Lensa photocromic terkenal dengan fitur ajaibnya yang bisa berubah warna jika digunakan di bawah sinar matahari. Bagi Sobat Djava yang aktivitasnya sering berada di luar ruangan dan membutuhkan kenyamanan serta fleksibilitas yang tinggi, menggunakan lensa photocromic adalah jawaban yang tepat untuk produktivitas sehari-hari dan melindungi mata dengan sempurna. Fitur lain dari lensa ini adalah sebagai berikut.

1.Melindungi Mata Dari Radiasi UV Matahari

Terpapar pancaran UV dalam waktu yang lama bisa membahayakan kesehatan mata. Mata tidak memiliki perlindungan secara alami untuk menangkal bahaya ini. Oleh karena itu, penting sekali untuk menggunakan kacamata yang memiliki perlindungan anti UV agar mata tetap terjaga dan terlindungi dengan baik.

Baca Juga: Awas Cuaca Panas! Lindungi Mata dengan Kacamata Photocromic

2.Meredam Silau Dari Panasnya Matahari

Beraktivitas di luar ruangan saat matahari terik terkadang tidak bisa terhindarkan. Khususnya bagi Sobat Djava yang aktivitasnya memang banyak di out door dengan konsekuensi banyak terpapar radiasi UV. Selain bisa membahayakan kulit, terpapar radiasi  UV matahari setiap  hari akan meningkatkan risiko gangguan pada mata. Lalu, berakvitas di luar ruangan menyebabkan mata jadi silau, oleh karena itu penting sekali untuk menggunakan lensa yang bisa menggelap untuk meredam silau tersebut sehingga tetap bisa beraktivitas dengan nyaman.

3.Bisa Berubah Gelap

Fitur utama yang banyak dibutuhkan dari lensa ini adalah kemampuannya yang bisa berubah gelap saat siang hari. Fitur ini banyak dimanfaatkan sebagian orang agar tetap aman dan terjaga meskipun beraktivitas di luar ruangan dan di bawah teriknya sinar matahari.

Baca Lebih Lanjut: Tidak Perlu Bingung: Cara Memilih Kacamata Untuk Wajah Kotak

Lensa Bluecromic

Pernah mendengar istilah lensa bluecromic? Sebagian orang masih sering  menganggap bahwa lensa ini sama dengan photocromic. Namun, faktanya tidak sama ya, Sobat Djava. Lensa bluecromic adalah perpaduan dan penyempurnaan dari fungsi lensa blueray dan photocromic. Apabila dilihat sekilas tampak tidak ada perbedaan antara photocromic dengan bluecromic karena fungsinya sama-sama untuk melindungi mata dan bisa menggelap di luar ruangan. Namun, sebenarnya terdapat perbedaan antara lensa photocromic dengan bluecromic. Letak perbedaan lensanya terdapat pada fungsi lensa. Lensa photocromic hanya berfungsi untuk melindungi mata dari bahaya radiasi UV dan bisa menggelap di luar ruangan.

Sementara lensa bluecromic, fungsi lensa lebih bervariasi mulai dari anti sinar UV yang dipancarkan matahari, anti sinar biru yang berasal dari perangkat digital seperti gadget, komputer, televisi atau perangkat elektronik lain, dan lensa bisa menggelap di luar ruangan. Jadi, apabila Sobat Djava memutuskan untuk menggunakan lensa bluecromic, tidak hanya keuntungan dari segi fleksibilitas yang akan Sobat Djava.

Artikel Serupa: Kerap Disamakan, Ini Perbedaan Lensa Bluecromic dan Blueray

Fitur Lensa Bluecromic

Jika lensa photocromic lebih menitikberatkan fungsi pada perubahan warna, maka lensa bluecromic fungsinya lebih lengkap. Ini sangat direkomendasikan untuk kalian yang menginginkan lensa yang fleksibel untuk out door atau indoor. Ada apa saja sih komponen yang dimiliki lensa ini?

1.Anti UV Matahari

Fitur lensa bluecromic salah satunya adalah mampu melindungi mata dari radiasi UV matahari karena lapisan lensa mengandung anti UV. Fitur ini berfungsi untuk meredam pancaran radiasi yang berasal dari cahaya matahari. Untuk aktivitas di luar ruangan, fitur ini sangat diperlukan agar mata tetap terjaga dan terlindungi sehingga tetap bisa beraktivitas dengan nyaman dan aman.

2.Anti Blue-Light

Selain anti UV, lensa bluecromic sudah dilengkapi dengan fitur anti radiasi dari perangkat digital. Perangkat digital seperti hp, laptop atau televisi memancarkan radiasi blue-light yang akan membahayakan mata apabila terpapar pada mata secara berlebihan.  Oleh karena itu, fitur ini akan sangat membantu apabila keseharian Sobat Djava banyak di depan layar gadget, laptop atau komputer. Memberi perlindungan pada mata menggunakan lensa yang memiliki fitur ini tidak hanya membuat aktivitas menjadi nyaman, tapi juga aman terlindungi sehingga mata tidak rentan terkena minus, silinder atau penyakit mata lainnya.

3.Lensa Dapat Berubah Gelap

Fitur yang satu ini yang membuat lensa bluecromic sama dengan lensa photocromic. Keduanya memang sama-sama bisa berubah gelap di luar ruangan. Namun, fitur ini jauh lebih pekat dibandingkan dengan kegelapan lensa photocromic. Selain itu, lensa bluecromic sudah dilengkapi fitur anti UV dan juga Blue-Light, sedangkan lensa photocromic belum memiliki kemampuan untuk memblokir radiasi UV.

Baca Lebih Lanjut:  Lensa Anti Embun: Tetap Nyaman Beraktivitas di Musim Hujan!

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jl. Nginden Semolo No. 101 Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249 (Store Manukan)

+62 851-7682-1720 (Store Nginden)

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×