• Home
  • Education
  • Cara Memilih Bahan Kacamata Yang Baik dan Berkualitas
Image

Cara Memilih Bahan Kacamata Yang Baik dan Berkualitas

Siapa yang masih suka bingung bagaimana cara memilih bahan kacamata yang tepat? Saking banyaknya bahan kacamata yang tersedia, terkadang seseorang masih bingung menentukan bahan jenis apa yang worth it untuk dipilih. Meskipun terkesan sepele, tapi pemilihan bahan kacamata sangat menentukan keawetan dan daya tahan kacamata sehingga dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Artikel Serupa: Ketahui Lebih Dalam Terkait Material Frame Kacamata Pria atau Wanita

Sebelum membeli kacamata pastikan terlebih dahulu untuk berkonsultasi dengan dokter. Karena beberapa tipe kulit seseorang ada yang sensitif terhadap material tertentu. Hal ini juga akan meminimalisir kesalahan pemilihan bahan sehingga berakibat fatal seperti alergi atau merasa gatal. Memperhatikan material ini akan memberikan dampak positif mulai dari segi kehematan atau kenyamanan kacamata.

Jenis-Jenis Material Kacamata

Ada berbagai jenis material kacamata yang ada di pasaran sehingga Sobat Djava memiliki banyak opsi yang bisa dipilih. Memilih bahan kacamata yang baik dan awet tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Biar tidak salah pilih  kacamata, simak penjelasan tentang jenis-jenis material di bawah ini.

Artikel Terkait: Temukan Bahan Frame yang Cocok untuk Anda

1.Kacamata Bahan Plastik

a.Acetate

Cellulose Acetate sejenis bahan plastik yang sering digunakan oleh brand-brand besar pada masa sekarang ini. Acetate terbuat dari kapas sehingga sangat direkomendasikan bagi Sobat Djava yang

tipe kulit wajah yang sensitif.  Selain itu Acetate sangat personalize karena memiliki pattern dan warna yang bermacam-macam.  Setiap pattern yang dihasilkan  tidak pernah sama. Hal ini yang membuat acetate memiliki pattern yang eksklusif. Jika diamati secara sekilas, Acetate hampir mirip dengan material plastik, namun Sobat Djava akan merasakan perbedaan saat menggunakannya. Acetate dikenal lebih kuat dan tahan lama dibandingkan bahan plastik yang  biasa.

b.Nylon

Bahan nylon seringkali digunakan untuk pembuatan kacamata jenis sport. Kelebihan bahan nylon cenderung elastis dan ringan pada saat dipakai. Nylon memiliki bahan yang transparan dan terasa halus jika dipakai. Seiring kemajuan teknologi, kacamata yang berbahan jenis ini menjadi semakin bervariasi sesuai dengan tuntutan pasar. TR 90 atau Grilamid adalah salah satu bahan yang berasal dari nylon. Grilamid lebih ringan tahan benturan dan kuat, maka banyak digunakan pada kacamata sport. Bahan ini cocok untuk Sobat Djava  yang kurang suka frame mengkilat dan berat. Selain itu bahan grilamid tidak membuat alergi sehingga sangat dianjurkan untuk  yang memiliki kulit sensitif.

c.Optyl

Optyl merupakan bahan frame yang kuat dan tahan terhadap kekuatan suhu yang tinggi. Sayangnya, bahan ini memiliki sifat getas (sangat kaku sehingga mudah patah). Oleh karena itu, harus lebih berhati-hati dalam menggunakannya. Namun bahan optyl sangat stabil dan tahan terhadap zat kimia. Bahkan frame berbahan optyl dapat lebih ringan 20% dari frame berbahan acetate. Bahan sejenis ini sangat direkomendasikan untuk pengguna pemula kacamata atau yang memiliki minus tinggi.

Baca Juga: For Your Style: Rekomendasi Kacamata Simple Untuk Gaya Minimalis

2.Kacamata Bahan Titanium
a.Emas dan Perak

Beberapa customer menyukai kacamata yang glamour dan berkelas. Bahan emas terlihat sangat mewah dan memiliki keunggulan seperti tahan karat. Namun, pada proses pembuatan frame berbahan emas dibutuhkan pelapisan oleh logam yang lain. Hal ini dikarenakan emas sangat lunak dan tidak kokoh sehingga perlu diproses lebih lanjut.

Sama halnya dengan perak. Perak merupakan bahan frame yang lunak dan seringkali digantikan dengan emas putih pada proses pembuatannya. Kacamata yang berbahan emas dan perak akan langsung membuat penampilan Sobat Djava terlihat glamour dan semakin percaya diri.

Baca Juga: Tampil Luxury dengan Kacamata Ekslusif dari Djava Optik

b.Stainless Steel

Material yang terbuat dari Stainless steel frames dan  surgical stainless adalah alternatif lain untuk Sobat Djava yang kurang suka  frame berbahan titanium. Kualitas dari stainless steel frames adalah bebas racun dan kuat; banyak stainless steel frames yang juga nickel-free sehingga frame tersebut hypoallergenic.

Bahan jenis ini cenderung  mudah didapatkan dan juga harganya terjangkau. Bahan stainless alloy adalah campuran dari steel dan chromium, dan juga kemungkinan mengandung element lain. Kebanyakan stainless steels mengandung sekitar 10 hingga 30 persen chromium, yang mana sangat tahan karat dan abrasi.

c.Titanium

Bahan titanium dan beta-titanium menjadi material yang sering dipakai untuk pembuatan kacamata. Titanium adalah metal berwarna silver-gray yang ringan, kuat, dan tahan karat. Kacamata titanium dapat diproduksi dalam berbagai macam warna untuk penampilan yang elegan dan modern. Kelebihan  frame titanium juga hypoallergenic / anti-alergi.  Beberapa frame titanium terbuat dari rangka yang merupakan kombinasi dari titanium dan bahan metal lainnya seperti nikel atau tembaga.

Artikel Serupa: Ketahui Lebih Dalam Terkait Material Frame Kacamata Pria atau Wanita

d.Aluminium

Material alumunium adalah bahan metal nonferrous (metal selain dari besi atau baja) yang bahan bakunya paling berlimpah dan  juga paling banyak digunakan dalam pembuatan kacamata. Aluminum murni sifatnya lembut dan lemah, namun commercial aluminum dengan sejumlah kecil silikon dan besi sifatnya keras dan kuat sehingga cocok digunakan sebagai material pembuatan kacamata. Frame yang terbuat dari aluminum ringan dan sangat tahan karat. Aluminum biasanya digunakan oleh pembuat kacamata high-end karena tampilan unik yang dihasilkan oleh alumunium.

e. Flex On

Material lain yang tahan karat adalah Flex on. Bahan jenis ini tergolong dalam  titanium-based alloy. Material yang unik dan populer ini awalnya diciptakan oleh pabrikan kacamata Marchon, bahan ini juga biasa disebut “memory metal.” Frames yang terbuat dari Flex on bisa kembali lagi ke bentuk asalnya bahkan setelah dipelintir atau dibengkokkan. Flex on frames biasanya ringan, hypoallergenic dan tahan karat. Kacamata dengan material ini cocok digunakan untuk kalian yang kurang suka kacamata plastik karena takut gampang patah.

Baca Lebih Lanjut: Puffy Eyes: Begini Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam Pada Mata

Untuk Sobat Djava yang mengutamakan keawetan dan suka hal-hal yang ekonomis, pemilihan bahan ini harus dilakukan di awal ketika kalian memilih bahan kacamata ya, Sobat. Memilih bahan kacamata yang tepat tidak hanya membuat kalian hemat, tapi juga nyaman mengenakan kacamata. Bukankah yang pertama kali kalian butuhkan adalah kenyamanan dan keamanan? Jadi, jangan sembarangan memilih bahan kacamata agar tidak menyesal di lain hari. Jika kalian masih bingung menentukan bahan mana yang akan  kalian pilih maka menghubungi Djava Optik adalah solusi terbaik. Kami siap memberikan rekomendasi terbaik untuk kebutuhan kacamata Sobat Djava!

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jl. Nginden Semolo No. 101 Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249 (Store Manukan)

+62 851-7682-1720 (Store Nginden)

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×