• Home
  • Fashion
  • Lensa Kontak Atau Kacamata? Ini Kelebihan Antara Keduanya!
Image

Lensa Kontak Atau Kacamata? Ini Kelebihan Antara Keduanya!

Sobat Djava mengalami gangguan mata dan masih awam dengan alat bantu penglihatan? Beberapa orang masih bingung apakah mau memutuskan untuk menggunakan lensa kontak atau kacamata. Jika Sobat Djava termasuk dalam kategori ini, maka artikel ini adalah yang paling kalian butuhkan.

Lensa kontak  atau kacamata keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika Sobat Djava memerlukan alat bantu penglihatan, ada baiknya  memastikan keamanan dan kenyamanan. Sebagai pertimbangan, simak penjelasan  lensa kontak atau kacamata pada artikel ini. Happy reading! 

Artikel Terkait: Softlens Vs Kacamata, Lebih Baik Pakai yang Mana Buat Sehari-hari?

KACAMATA

Sebagai alat bantu penglihatan, kacamata sering kali dijadikan opsi agar dapat membantu beraktivitas sehari-hari. Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan mengenakan kacamata? Berikut adalah kelebihan dan kekurangan kacamata agar dapat Sobat Djava jadikan pertimbangan sebelum membelinya.

Kelebihan Kacamata

1.Kacamata Lebih Efisien

Siapapun bisa mengenakan kacamata tanpa pandang usia, mulai dari anak-anak sampai lansia juga bisa mengenakan alat bantu ini asalkan diameternya disesuaikan dengan diameter wajah dan lensa disesuaikan dengan kebutuhan mata.

2.Lensa Kacamata Lebih Akurat

Lebih akurat memperbaiki tajam penglihatan hingga dalam jangkauan 0,50 dioptri dari koreksi yang diinginkan. Kacamata juga mudah untuk diperbarui ketika hasil pemeriksaan mata juga berubah.

3.Minim Iritasi

Menggunakan kacamata akan membantu mengurangi kebutuhan untuk menyentuh mata, yang bisa mengurangi kemungkinan iritasi mata atau mengembangkan infeksi mata.

Baca Juga: Metode 20-20-20? Yuk Terapkan Agar Mata Tidak Mudah Lelah

4.Harga Terjangkau

Kacamata umumnya lebih murah dan lebih awet daripada lensa kontak untuk penggunaan jangka panjang. Jadi, Sobat Djava tidak perlu sering gonta-ganti, kecuali jika Sobat Djava kurang telaten merawat barang bisa saja kacamata patah atau lensanya pecah.

5.Meminimalisir Mata Kering

Bagi Sobat Djava yang sering mengalami dry eye, kacamata akan meminimalisir masalah mata kering atau sensitif menjadi semakin parah karena lensa akan melindungi permukaan mata dari paparan debu atau angin secara langsung.

6.Perlindungan Lebih Maksimal

Kacamata menawarkan beberapa perlindungan dari faktor lingkungan seperti angin, air, debu, dan partikel asing lainnya sehingga mata akan lebih terjaga dan terlindungi.

7.Tidak Menyebabkan Efek Samping

Mengenakan kacamata bisa dibilang tidak menyebabkan efek samping, karena kacamata tidak pernah menyentuh bola mata. Namun, pada awal penggunaan ada efek yang secara tidak langsung terjadi seperti pusing ketika pertama kali menggunakan kacamata.

Artikel Serupa: Kacamata VS Softlens, Ini Kelebihan dan Kekurangan Keduanya yang Perlu Kamu Tahu

Selain memiliki banyak kelebihan, ternyata kacamata juga memiliki banyak kekurangan lho, Sobat Djava. Oleh karena itu, Sobat Djava perlu tahu mengenai hal ini bisa tidak salah membeli alat bantu untuk penglihatan kalian, ya.

Kekurangan Memakai Kacamata

1.Kurang Praktis

Memakai kacamata mengharuskan penggunanya melepas dan memasang kacamata di saat-saat tertentu, misalnya ketika hendak tidur. Hal ini terkadang membuat seseorang lupa menaruh kacamata atau menaruh kacamata secara sembarangan.

2.Kurang Estetik

Beberapa orang yang memiliki minus yang tinggi, memungkinkan lensa kacamatanya menjadi tebal dan menjadikan kacamata terlihat kurang menarik. Namun, ini bisa disiasati dengan bijak dalam menentukan bentuk dan ketipisan lensa.

3.Penglihatan Periferal  Terganggu

Banyak orang pengguna kacamata melaporkan kesulitan fokus pada obyek dan pandangan kabur ketika mereka pertama kali mulai memakai kacamata atau mengubah resep kacamata. Reaksi ini bahkan menyebabkan efek pusing atau bahkan mual.

Baca Juga: Terganggu Karena Mata Minus? Yuk Ketahui Cara Mengobatinya

4.Menyebabkan Pusing

Keliru memilih frame kacamata akan menimbulkan tekanan konstan pada sekitar hidung sampai belakang telinga yang menyebabkan sakit kepala. Frame kacamata juga dapat meninggalkan bekas di hidung yang tidak sedap dipandang mata.

5.Lensa Berembun

Kacamata tidak selalu bisa membantu memperbaiki kualitas penglihatan, karena  dapat terhalang atau kabur oleh embun, debu, atau kotoran yang terkumpul di lensa.

LENSA KONTAK (SOFTLENS)

Lensa kontak atau softlens sering dijadikan opsi untuk orang-orang yang mengalami gangguan mata ringan. Lalu apa saja benefit yang akan didapatkan jika menggunakan lensa kontak?

Kelebihan Lensa Kontak

1.Bisa Disesuaikan Kelengkungan Mata

Lensa kontak menyediakan luas dan jangkauan pandang yang lebih maksimal sehingga lebih sedikit menyebabkan gangguan dan distorsi penglihatan dari kacamata.

2.Tidak Mengganggu Aktivitas

Lensa kontak tidak akan mengganggu gerak-gerik Sobat Djava selama berolahraga atau bekerja karena menempel pada permukaan mata. Selain itu, softlens juga lebih praktis untuk berbagai kegiatan baik itu di dalam atau di luar ruangan.

3.Tidak Berembun

Tidak seperti kacamata  yang akan berembun jika terkena hujan, lensa kontak tidak terpengaruh oleh kondisi cuaca dan tidak berkabut saat cuaca dingin.

Baca Juga: Apa Itu SoftLens? Ini Kelebihan, Kekurangan dan Penggunaan

4.Praktis Dan Efisien

Memakai kacamata berjam-jam membuat mata lelah dan semakin tidak nyaman ketika melakukan aktivitas. Hal ini dapat dihindari dengan menggunakan lensa kontak.

5.Bisa Mengoreksi Miopi

Beberapa lensa kontak dapat membentuk kembali kornea Sobat Djava saat dalam kondisi tidur. Overnight orthokeratology (Ortho-k), misalnya, mengoreksi miopiasaat tidur secara sementara sehingga Sobat Djava dapat melihat dengan jelas keesokan harinya tanpa perlu kacamata atau lensa kontak.

Kekurangan Memakai Lensa Kontak

1.Tidak Mudah Memasang Lensa Kontak

Beberapa orang mengalami kesulitan menerapkan lensa kontak terutama jika Sobat Djava pengguna baru. Sobat Djava membutuhkan koordinasi tangan-mata yang baik untuk membersihkan, memasang, dan melepas lensa. Membersihkan dan disinfeksi lensa juga bisa menjadi rutinitas yang rumit dan merepotkan setiap kali akan memakai lensa kontak.

2.Meningkatkan Risiko Mata Kering

Lensa kontak membatasi jumlah oksigen yang mencapai mata  sehingga  dapat menyebabkan atau meningkatkan keparahan terjadinya sindrom mata kering.

3.Memunculkan Gejala Sindrom Visi Komputer

Jika Sobat Djava setiap hari bekerja di depan komputer dalam jangka waktu lama, memakai lensa kontak mungkin akan berkontribusi terhadap gejala sindrom visi komputer.

Baca Juga: Begini Cara Merawat Kacamata Biar Tidak Cepat Rusak!

4.Membutuhkan Perawatan Ekstra

Lensa kontak memerlukan perawatan lensa yang sesuai agar bertahan lama  dan kotak penyimpan lensa harus dibersihkan setiap hari, untuk menghindari infeksi mata serius.

5.Risiko Terkena Infeksi

Lensa kontak bisa menempatkan Sobat Djava pada risiko yang lebih besar dari infeksi dan kerusakan mata. Misalnya, tidak melepas kontak secara teratur dan membersihkan mereka sesuai dengan aturan pakai, bisa menyebabkan mata mengalami banyak masalah — peningkatan risiko infeksi kornea, goresan bahkan lecet.

6.Tidak Ekonomis

Bagi kaum mendang mending, sebelum kalian memutuskan menggunakan lensa kontak ada baiknya kalian mempertimbangkan masalah biaya. Karena butuh biaya yang lebih besar daripada kacamata. Tidak hanya itu, Sobat Dhaca harus menghabiskan uang lebih banyak untuk lensa kontak di awal pemakaian, tetapi harus terus mendapatkan yang baru; termasuk biaya tempat penyimpanan lensa, perawatan dan cairan desinfektan.

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jl. Nginden Semolo No. 101 Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249 (Store Manukan)

+62 851-7682-1720 (Store Nginden)

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×