Image

Solusi Terbaik Agar Kacamata Tidak Mudah Patah!

Punya gangguan penglihatan tapi kacamata patah? Pasti sangat tidak nyaman jika alat bantu penglihatan mudah patah pada saat-saat penting. Terlebih jika Sobat Djava tidak memiliki gantinya, duh pasti merepotkan bukan? Nah, biar kacamata awet dan tahan lama pengguna kacamata wajib tahu kiat-kiat menjaga dan merawat kacamata agar tidak mudah rusak atau patah. Lalu hal apa saja yang mesti dilakukan agar kacamata tetap tahan lama? Simak artikel ini sampai selesai, ya! ^^

Mengapa Kacamata Mudah Patah?

Sebagian orang mengaku kesal jika kacamata yang sangat dibutuhkan untuk membantu penglihatan, tapi mudah sekali patah. Lantas mengapa kacamata mudah sekali patah dan bagaimana cara menjaga agar kacamata tidak mudah patah? Kenali dan perhatikan hal-hal berikut kalau mau kacamata kalian tahan lama:

Artikel Serupa: 5 Cara Tepat Merawat Kacamata agar Awet dan Gak Gampang Patah

1.Kualitas Bahan

Salah satu penyebab kacamata mudah patah adalah kualitas bahan. Tidak semua kacamata terbuat dari bahan  yang baik dan awet. Biasanya, kacamata dengan harga yang terjangkau memiliki kualitas yang kurang baik. Meskipun tidak semua kacamata demikian, faktanya harga akan mempengaruhi kualitas bahan. Jadi, sebelum Sobat Djava membeli kacamata pastikan kualitas bahan juga terbaik sehingga kacamata bisa awet, ya!

2.Ditaruh Sembarangan

Tidak hanya soal bahan, perawatan dan penjagaan kacamata juga berpengaruh terhadap keawetan kacamata. Terkadang seseorang lupa melepaskan kacamata sehingga tertidur dan ketika sudah bangun kacamatanya patah karena tertindih. Atau bisa juga saking sibuknya seseorang sembarangan menaruh  kacamata di sembarang tempat sehingga terduduki bahkan terinjak dan mengakibatkan kacamata patah.

3.Sering Melepas Kacamata Dengan Satu Tangan

Melepas kacamata sebaiknya dilakukan dengan kedua tangan agar tidak salah satu gagang saja yang tertarik. Melepas kedua tangan akan membantu meminimalisir agar kacamata tidak mudah patah pada bagian gagang kacamata.

Baca Lebih Lanjut: Jangan Biarkan Kacamata Rusak: Tips dan Trik Merawat Kacamata

Tips Merawat Lensa Kacamata

Lensa kacamata ibarat bagian paling penting dan rentan, karena itu butuh perhatian lebih dan cara yang benar dalam perawatannya. Bahan mika atau kaca biasanya lebih mudah tergores atau pecah kalau tidak dijaga dengan baik. Karena sifat kaca atau mika  rentan dan harga lensa relatif mahal akan sangat merugikan Sobat Djava. Jangan sampai kelalaian kita atau alasan “mager” membersihkan, bikin kita keluar banyak biaya, ya.

Selain itu, kalau kacamata dipakai sepanjang waktu pasti  kacamata sering terkena debu apalagi kalau Sobat Djava sering menghabiskan waktu di luar ruangan. Kontak dengan kulit, keringat, atau lainnya juga turut jadi alasan untuk terus membersihkan lensa. Karena kalau tidak, lensa akan jadi sarang bakteri, kuman bahkan virus. Bahaya sekali ‘kan efeknya? Duh, jangan sampai kayak gini ya, Sobat Djava!

Bukannya lebih baik merawat dengan hati-hati daripada harus sering gonta ganti lensa karena kelalaian kita? Kita semua pasti sepakat  memilih merawatnya dengan baik. Tapi, merawat dan membersihkan lensa butuh kemauan dan konsistensi tinggi. Sobat Djava sudah siap buat menjaga dan merawat kacamatanya dengan baik? Yuk, kita bahas tentang tips dan trik merawat  yang bisa diterapkan biar lensa kacamata tetap jernih dan cerah secerah masa depan kalian!

Tips dan Trik Merawat Lensa
Tips dan Trik Merawat Lensa

Baca Juga: Apa Itu Lensa Kacamata? Yuk Ketahui Definisi dan Jenis Lensa 

1.Basahi Lensa dengan Air

Pertama cuci tangan dengan air dan sabun. Kalau memungkinkan lensa bisa dilepas, Sobat Djava bisa melepas lensa dari frame kalau tingkat kotornya sangat parah, tujuannya biar mudah melakukan pembersihan. Tapi, kalau dirasa tidak perlu dan akan kesusahan buat masang lagi, hal ini tidak harus dilakukan.

2.Bersihkan Lensa

Setelah dibasahi dengan air mengalir, beri cairan khusus (lens cleaner, sabun khusus, dan lainnya) untuk membersihkan lensa. Kemudian, tuangkan ke bagian lensa dan gosok perlahan ke seluruh  lensa sampai bersih dan pastikan tidak ada satupun noda atau sabun yang masih menempel.

Artikel Serupa: Begini Cara Merawat Lensa Kacamata Anda

3.Biarkan Lensa Mengering

Setelah lensa dibersihkan, letakkan lensa di tempat kering sampai lensa juga ikut mengering. Kalau sudah, Sobat Djava bisa menyemprotkan cairan khusus pembersih sekaligus membuat lensa lebih jernih, misalnya spray lens cleaner. Lap lensa secara perlahan menggunakan kain microfiber yang biasanya kalian dapatkan dari tempat pembelian kacamata. Tidak dianjurkan untuk mengelap pakai tisu, ujung baju, toilet paper apalagi serbet! Karakter bahan itu  punya potensi untuk membuat lensa jadi tergores dan kusam.

4.Simpan di Tempat Khusus

Kalau lensa sudah bersih dan kering, pasang kembali lensa ke frame yang sudah dibersihkan kalau sebelumnya lensa dilepas. Kalau kacamata belum akan dipakai, simpan kacamata di hardcase. Tapi, seandainya Sobat Djava belum punya hardcase, kacamata bisa disimpan di tempat yang aman dari debu atau risiko jatuh. Pastikan kacamata diletakkan dengan benar dan tidak boleh menempatkan lensa dengan posisi menghadap ke bawah. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir lensa lecet atau tergores.

Baca Juga: Macam-Macam Bentuk Wajah dan Cara Memilih Frame

Tips Merawat Frame Kacamata Agar Tidak Mudah Patah

Merawat dan menjaga kebersihan lensa memang penting, tapi merawat frame atau bingkai kacamata juga tidak kalah pentingnya, loh. Berikut adalah cara yang harus dilakukan agar kacamata tetap bersih dan tidak mudah patah.

1.Basahi Frame dengan Air

Sebelum membersihkan, pastikan tangan Sobat Djava sudah dicuci bersih pakai sabun. Ambil frame dan basahi dengan air yang mengalir untuk meluruhkan debu atau bakteri yang menempel di frame kacamata

2.Bersihkan dan Gosok Bagian Penting 

Setelah dibasahi dengan air, tuangkan pembersih khusus kacamata secukupnya dan gosok perlahan ke semua bagian tangkai, dan yang paling utama bersihkan nosepad, lalu bilas dengan air mengalir. Pastikan semua noda  sudah dibersihkan dan tidak ada sabun yang masih menempel.

Artikel Serupa: Agar Kacamata Awet dan Tidak Mudah Rusak

3.Keringkan Frame

Ambil dan keringkan frame yang telah dibersihkan dengan sabun atau pembersih khusus, lalu letakkan di tempat yang kering sampai tidak ada setetes air yang masih melekat. Setelah itu semprot dengan cairan khusus dan gosok perlahan dengan kain microfiber agar frame berkilau seperti baru.

4.Simpan di Tempat Aman

Setelah dibersihkan dan dilap dengan benar, langkah selanjutnya adalah menyimpan frame di hardcase kalau kacamata belum akan dipakai. Penyimpanan yang aman akan membuat kacamata terhindar dari debu, kotoran lain atau bahkan patah karena kelalaian.

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jl. Nginden Semolo No. 101 Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249 (Store Manukan)

+62 851-7682-1720 (Store Nginden)

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×