• Home
  • Education
  • Ketahui Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya Untuk Penglihatan
Image

Ketahui Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya Untuk Penglihatan

Bagian mata yang terlihat bagi orang awam mungkin hanya terdiri dari bagian hitam dan putih. Padahal ada bagian-bagian tertentu yang memiliki fungsi masing-masing sehingga mata menjadi berperan dengan sangat kompleks. Kita sering membicarakan bahwa mata adalah salah satu organ penting yang dimiliki manusia. Namun, apakah kita mengetahui bagian-bagian pada mata kita dan apa saja fungsinya? Jika belum, membaca artikel ini sampai selesai adalah pilihan yang tepat agar dapat merawat dan menjaga untuk kesehatan mata. Happy reading! 

Artikel Terkait: Mengenal Mata Manusia, Mulai dari Anatomi, Fungsi, Hingga Cara Kerjanya

Organ Mata Bagian Luar

Organ mata dibagi menjadi 2 kategori yaitu bagian dalam dan bagian luar. Berikut adalah bagian luar mata beserta fungsinya:

1.Kelopak Mata

Kelopak mata adalah bagian luar mata yang bentuknya berupa  lipatan kulit di area atas mata dan bawah mata. Kulit pada kelopak mata merupakan kulit tertipis di tubuh kita. Fungsi dari kelopak mata untuk melindungi mata dari debu dan kotoran atau partikel lain yang berpotensi membahayakan mata.

2.Bulu Mata

Bulu mata atau rambut pada mata adalah bagian dari kelopak mata yang punya helaian rambut-rambut. Bulu mata berfungsi untuk menyaring cahaya yang akan diteroma oleh bola mata.  Selain itu, bulu mata juga berperan penting dalam melindungi mata dari debu, kotoran, dan partikel kecil lainnya. Saat partikel-partikel ini mendekati mata, bulu mata akan menjadipenghalang fisik, mencegah mereka masuk dan menyebabkan iritasi atau bahkan infeksi.

3.Alis Mata

Kedua bulu  halus yang ada di atas kedua mata kita disebut alis mata. Fungsi dari alis mata tidak hanya sebatas untuk perlindungan mekanis, lebih dari itu alis berfungsi untuk untuk mencegah keringat, air dan kotoran (debu atau partikel kecil) lainnya jatuh ke rongga mata sehingga membahayakan kesehatan mata.

Artikel Serupa: Apa Saja Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya?

Organ Mata Bagian Dalam

Selain bagian luar, mata juga memiliki bagian dalam. Tidak seperti organ bagian luar yang cenderung berperan sebagai proteksi, organ dalam  pada mata berfungsi untuk ‘mengelola’ cahaya sampai akhirnya dapat mata kita ubah menjadi penglihatan. Di bawah ini bagian-bagian mata yang berperan vital dalam mekanisme penglihatan, yaitu:

1.Kornea

Bagian berwarna bening yang bersifat tembus pandang dan terletak di lapisan terluar mata disebut dengan Kornea. Kornea berperan sebagai bagian yang menerima masuknya cahaya pertama kali, sebelum akhirnya cahaya diteruskan menuju  sel-sel penerima di bagian dalam mata.

Sobat Djava pasti pernah memperhatikan mata sendiri atau mata seseorang,ada bagian bola hitam (pupil) dan bagian yang terlihat berwarna abu-abu, atau cokelat, atau biru. Warna tersebut berbeda-beda pada mata setiap orang karena tergantung faktor genetik (iris). Nah, kornea ini hanya menutupi bagian pupil dan iris tersebut.

2. Pupil

Pupil yang notabenya bagian lingkaran hitam di bola mata, sebenarnya berfungsi sebagai perantara lewatnya cahaya ke dalam mata. Fungsi pupil adalah untuk mengatur banyak-sedikitnya cahaya yang masuk. Misalnya, ketika mata Sobat Djava terpapar banyak cahaya, maka secara otomatis pupil akan mengecil sehingga cahaya yang masuk ke dalam mata tidak terlalu banyak. Begitu pula sebaliknya.a

Baca Juga: Belum Bisa Baca Resep Kacamata? Simak Penjelasannya Sekarang!

3.Iris

Bagian mata selanjutnya adalah iris. Iris memiliki warna yang terdapat di sekitar pupil mata. Kalau itu pakai softlens). Nah, iris ini lah yang berperan memberi warna pada mata.Maka dari itu, iris terkadang disebut sebagai “selaput pelangi”.

4. Retina

Pada mata ada bagian yang lapisan sangat tipis dan peka terhadap cahaya. Retina  berada di dinding paling dalam dan bertugas  untuk menangkap bayangan pada benda. Bagian mata ini mempunyai reseptor cahaya yang disebut sel batang (basilus) dan sel kerucut (konus). Namun, bagian belakang retina tidak kedua hal tersebut. Alhasil, ketika ada bayangan benda yang jatuh pada titik itu, mata kita tidak dapat melihatnya karena  titik buta.

5. Bintik Kuning

Bagian retina mata memiliki semacam bintik kuning. Bintik tersebut adalah bagian dari retina yang memiliki pigmen warna kuning yang berfungsi sebagai tempat terbentuknya bayangan yang jelas.

6. Selaput Putih (Sklera)

Pada bagian mata ada dinding putih yang bisa disebut Sklera. Fungsi utama dari Sklera adalah untuk melindungi struktur mata dan membantu mempertahankan bentuk mata.

Baca Juga: Fashion Style Di Hari Kemerdekaan: Tampil Keren Dengan Kacamata Patriotik!

7. Lensa Mata

Mata  memiliki bagian yang sifatnya lunak dan transparan. Posisi lensa ini berada  tepat di belakang iris. Lensa mata berfungsi untuk mengumpulkan dan memfokuskan cahaya yang diterima oleh mata agar bayangan suatu benda dapat jatuh di tempat yang tepat. Yang paling unik, lensa mata punya kemampuan sebagai daya akomodasi, yaitu daya menebal atau menipis, mencembung atau memipih sesuai dengan jarak objek yang dilihat.

8. Saraf Optik

Fungsi utama dari saraf optik adalah untuk meneruskan informasi visual benda yang diterima retina dan dilanjutkan ke otak. Saraf inilah yang  membuat Sobat Djava dapat mengetahui bagaimana bentuk suatu benda yang dilihat oleh mata. Oleh sebab itu, jika saraf optik ini bermasalah, maka mata  tidak akan bisa melihat.

9. Koroid

Bagian-bagian mata ada yang berfungsi sebagaipenyuplai oksigen dan nutrisi untuk bagian mata lainnya, terutama retina. Bagian ini disebut dengan Koroid dan  biasanya berwarna cokelat kehitaman atau hitam. Warna tersebut berfungsi agar cahaya tidak dipantulkan kembali.

Artikel Terkait: Mengenal 12 Bagian Mata dan Fungsinya

10. Aquaeous Humor

Cairan berlendir yang transparan seperti plasma pada mata disebut dengan Aquaeous Humor. Cairan ini berposisi di balik kornea mata. Aquaeous humor mempunyai beberapa fungsi, salah satunya  adalah membantu memberikan bentuk bola mata.

11. Vitreous Humor

Bagian-bagian  mata yang berbentuk gel bening dan tidak berwarna atau bisa disebut dengan Vitreous Humor. Geltersebut mengisi hampir sebagian volume bola mata  dan berfungsi untuk mempertahankan ruang di belakang lensa mata, menyokong lensa mata, dan mempertahankan bentuk bola mata.

12. Titik Buta

Bagian mata yang berfungsi untuk meneruskan dan membelokkan berkas saraf menuju otak disebut dengan titik buta. Pada bagian mata ini, tidak ada sel-sel yang peka dengan rangsangan cahaya. Itu berarti, ketika ada bayangan benda yang jatuh ke titik buta, Sobat Djava tidak akan bisa melihatnya.

Baca Lebih Lanjut: Skotoma (Titik Buta pada Mata), Ini Penyebab dan Penanganannya

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Nginden Semolo No. 101 Kavling 12 Surabaya

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu

Djava Optik Nginden Pukul 08.00 s/d 22.00 WIB

Djava Optik Manukan Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7682-1720 (Store Nginden)

+62 851-7318-5249 (Store Manukan)

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×