• Home
  • Definisi
  • 8 Bentuk Frame Kacamata, Wajah Anda Cocok Pakai yang Mana?
myaccount-djavaoptik

8 Bentuk Frame Kacamata, Wajah Anda Cocok Pakai yang Mana?

Ada 8 bentuk frame kacamata, wajah Anda cocok pakai yang mana ya, kira-kira? Di zaman modern seperti sekarang ini, kacamata hadir tidak hanya sebatas alat bantu memperbaiki penglihatan, tapi sudah jadi bagian dari aksesoris fashion yang tidak boleh ketinggalan dalam momen apapun. Bagi sebagian orang, kacamata dipakai untuk meningkatkan kualitas penampilan biar jadi lebih hits dan elegan. Tidak heran kalau akhirnya banyak sekali model dan bentuk frame kacamata yang tersedia di pasaran. 

Banyaknya bentuk dan model bingkai yang ada seringkali membuat bingung dalam pemesanan. Sobat Djava mungkin ada yang pernah merasakan hal ini kan? Mau pesan kacamata, tapi khawatir tidak cocok di wajah dan malah jadi tidak percaya diri saat memakainya. Duh, mulai detik ini jangan pusing-pusing lagi memilih frame kacamata, ya.

Memilih frame kacamata memang tidak segampang kelihatannya, tapi bukan juga hal sulit untuk dilakukan. Kalau Sobat Djava belum pernah memakai kacamata sama sekali mungkin akan merasa bingung, apalagi belum mengenali bentuk dan tipe wajahnya apakah tipe oval, persegi, segitiga atau bentuk wajah lainnya. Ini tidak hanya berlaku bagi yang belum pernah menggunakan, karena faktanya orang yang pernah menggunakan kacamata dan mau mengganti frame kacamata dengan frame baru juga masih sering mengalami hal serupa. 

 

Ada banyak model frame yang tersedia, salah satu cara mudah buat memilih frame yang sesuai adalah dengan mengetahui bentuk dan ukuran wajah Sobat Djava. Kalau pengetahuan tentang bentuk wajah sudah Sobat Djava miliki, memilih frame akan jadi hal yang mudah sekali untuk dilakukan. Di bawah ini akan dijelaskan tentang 6 bentuk model frame yang bisa Sobat Djava jadikan referensi dan inspirasi untuk menentukan frame terbaik yang akan dipakai. Kira-kira apa aja sih bentuk frame kacamata? Yuk, langsung aja simak pembahasan berikut!

 Baca Juga: Macam-Macam Bentuk Wajah dan Cara Memilih Frame

Bentuk-Bentuk Frame Kacamata

Bingkai atau bingkai kacamata adalah rangka khusus yang fungsinya untuk menopang dan membingkai lensa agar terpasang rapi di wajah dan nyaman digunakan. Bahan frame kacamata juga bervariasi, ada yang terbuat dari plastik, titanium, metal dan masih banyak lagi bahan lainnya yang bisa Sobat Djava pilih sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan pribadi.

 

Lalu, bentuk-bentuk frame kacamata itu apa aja, sih? Berikut ini penjelasan tentang bentuk-bentuk bingkai . Selamat membaca, Sobat Djava! 

 

1. Bingkai Bulat

Sesuai namanya, frame bentuk bulat didesain khusus dengan bingkai depan yang bulat sempurna. Frame jenis ini mempunyai lengkungan yang halus dan lembut sehingga ketika dipakai akan memberikan sentuhan yang natural dan elegan di wajah. Jumlah sudut 180 derajat dengan diameter yang sama besar dan seimbang akan memberikan efek konstan saat digunakan. 

Bingkai Meona
Bingkai Meona

Biasanya, frame bulat adalah frame yang paling dicari oleh orang-orang yang memiliki bentuk wajah bersudut, misalnya bentuk wajah persegi atau kotak. Kalau Sobat Djava berwajah seperti itu, frame bentuk kotak bisa banget nih dijadikan referensi. Desain bulat utuh dengan sudut-sudut halus yang lembut akan menetralkan kontur wajah yang memiliki sudut yang menonjol dan tegas. Kombinasi frame bentuk bulat jika dipadukan dengan wajah bersudut akan menciptakan keseimbangan yang luar biasa. 

 

2. Bingkai Kotak

Frame bentuk kotak dibuat dengan desain mempunyai 4 sudut yang umumnya punya ukuran yang sama. Frame sudut-sudut yang kokoh dan tegak membuat frame ini terpasang kokoh di wajah.   Bentuk frame ini juga identik dengan lekukan yang sedikit tajam dan menonjol di setiap sudutnya, jadi ketika Sobat Djava mengenakan frame jenis ini akan terkesan casual tapi sulit dan juga tegas, loh.

Bingkai Kazuya
Bingkai Kazuya

Frame bentuk kotak dapat dijadikan opsi terbaik untuk Sobat Djava yang punya tipe wajah bulat, oval atau lonjong. Wajah-wajah tersebut biasanya tidak memiliki garis sudut-sudut wajah yang tajam atau terlalu menonjol. Sebaliknya, wajah bulat, oval atau lonjong punya garis-garis sudut yang halus dengan lekukan yang tipis dan netral. Khusus wajah lonjong, di bagian tulang rahang mungkin memiliki lekukan yang kentara, tapi lekukan pada wajah jenis ini tidak terlalu seperti wajah kotak. 

 

3.Bingkai Oval

Frame bentuk oval hampir mirip dengan bentuk bulat.Yang membedakan antara frame bulat dan oval hanya pada porsi lengkungan frame -nya. Kalau frame bulat diameter lensanya punya ukuran yang sama, kalau frame oval tidak punya diameter yang sama. Pada bagian atas frame dimensinya cenderung landai dengan lengkungan setengah lingkaran sempurna di bagian bawah. 

Bingkai Elys
Bingkai Elys

Oleh karena itu, rangka jenis ini dapat menyamarkan bentuk tulang pipi yang lebar dengan cekungan yang cenderung lancip atau bersudut. Frame oval biasanya menjadi incaran para pemilik wajah bersudut seperti segitiga, persegi, atau hati. Untuk Sobat Djava yang merasa mempunyai karakter wajah bersudut, frame oval bisa jadi opsi terbaik untuk menciptakan tampilan manis kalian, loh! 

4.Bingkai Mata Kucing

Bingkai cat eye adalah kacamata yang didesain dengan model ikonik dan identik dengan ujung frame yang lancip seperti mata kucing sehingga cukup populer sejak tahun 90-an hingga saat ini. Eksistensi f rame ini tidak lepas dari peran Altina Schinasi yang berasal dari New York. Sebagai seorang seniman, Altina merancang inspirasi prototipe dari topeng harlequin yang aneh, tapi romantis. Pada tahun 1930 terjadi revolusi industri optik, frame cat eye mulai dikenal dengan bingkai feminim yang glamour   dengan sebutan “Herlequin”.

Bingkai Pierre
Bingkai Pierre

Bingkai keunggulan ini bisa membuat Sobat Djava terlihat lebih tinggi.Selain itu, frame terkesan tidak menempel di kulit pipi karena sudutnya secara dramatis menyapu halus hingga menyatu dengan sempurna di pelipis. Karena memiliki sudut lancip yang unik, maka frame i ni sangat direkomendasikan untuk Sobat Djava yang memiliki wajah oval atau bulat. Sudut tajam yang ada di frame cat eye akan memberi nuansa klasik dan vintage untuk bentuk wajah dengan kontur halus. 

Artikel Terkait:  Sejarah Awal Mula Frame Cat Eye

5. Frame Semi Cat Eye

Frame semi cat eye adalah perkembangan baru dari frame cat eye. Kalau frame cat eye identik dengan sudutnya yang tajam dan memberi kesan feminin yang semarak. Bingkai semi mata kucing hadir dengan desain lebih kalem dan anggun karena sudutnya tidak terlalu tajam seperti cat eye biasanya. Sekilas, frame semi cat eye hampir mirip dengan bentuk oval, bahkan ada yang mirip seperti persegi karena ujung frame yang tidak menonjol. 

Bingkai Adelle
Bingkai Adelle

Kelebihan frame ini bisa memberi nuansa klasik dan memberi kesan tegas sekaligus feminim secara bersamaan.Bagi Sobat Djava yang punya wajah oval atau bulat dan ingin tampil beda dan estetik, frame semi cat eye bisa menjadi pilihan terbaik. Sudut wajah dengan garis halus akan semakin seimbang dan proporsional jika dipadukan dengan karakter frame semi cat eye yang elegan dengan ujung yang lumayan bersudut. 

 

6. Bingkai Prisma

Frame prisma didesain dengan bentuk bingkai yang memiliki enam sudut dengan ukuran lebar yang berbeda di masing-masing garis. Sekilas frame ini hampir sama dengan frame oval yang melengkung di bagian bawah. Bedanya, lengkungan pada frame ini lebih kaku dan tidak lembek seperti pada frame oval. 

Bingkai Tulip
Bingkai Tulip

Untuk Sobat Djava yang memiliki bentuk wajah dengan kontur yang halus, seperti lonjong atau diamond, frame prisma bisa menjadi rekomendasi yang keren. Bingkai yang bersudut akan memberi dimensi yang menarik dan menegaskan bentuk wajah Sobat Djava.Tampil bergaya modern dan tingkatkan gaya mode Sobat Djava dengan mengenakan bingkai bentuk prisma. 

 

7. Bingkai Penerbang

Sebelum istilah frame Aviator muncul, frame ini dikenal dengan kacamata pilot (kacamata pilot). Frame Aviator atau bisa juga disebut frame double bridge muncul pertama kali saat mendekati perang dunia ke-2.Pada bingkai awalnya ini diciptakan khusus untuk kepentingan militer sehingga desain frame memberi kesan maskulin dan gagah karena ditujukan untuk digunakan kaum lelaki. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan adanya revolusi di industri fashion optik, frame aviator juga dapat digunakan oleh perempuan.

Bingkai Musim Dingin
Bingkai Musim Dingin

Selanjutnya, frame aviator disarankan untuk Sobat Djava yang membutuhkan perlindungan mata secara maksimal. Yang sering beraktivitas di luar ruangan frame aviator adalah jawaban terbaik, loh. Bingkai lensa yang lebar akan melindungi mata secara menyeluruh. Bentuk frame yang lebar ke bawah akan sangat cocok dipakai untuk Sobat Djava yang punya tipe wajah bulat, kotak atau bentuk hati. Penampilan Sobat Djava akan lebih keren dan menambah kesan berani. 

Artikel Serupa: Melihat Trend Kacamata Aviator yang Menginspirasi Brand Fashion Dunia

8. Bingkai D

Bentuk frame ini disebut D karena tampilan dan desain frame menyerupai huruf D. Jika dilihat sepintas, frame ini tetap dengan bentuk persegi atau kotak. Jika frame kotak memiliki ujung frame dengan sudut yang kokoh, bagian frame D tidak terlalu bersudut bahkan bagian bawah cenderung melengkung seperti huruf D yang terbalik.  

Bingkai Wyma
Bingkai Wyma

Untuk Sobat Djava yang memiliki wajah oval, bulat atau lonjong, frame D bisa dijadikan koleksi sempurna. Garis wajah yang halus dan tidak memiliki sudut tajam akan lebih proporsional dan ideal jika dipadukan dengan karakter frame D yang fleksibel. 

 

Tips Memilih Frame Kacamata

Memilih bingkai kacamata tidak membuatnya terlihat buruk, Sobat Djava. Model dan bentuk bingkai hanya salah satu aspek yang harus diperhatikan sebelum memesan kacamata untuk menunjang penampilan. Selain itu, ada beberapa hal yang masih harus dipertimbangkan dalam memilih frame. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Sobat Djava lakukan untuk mendapatkan frame yang tidak hanya bagus, tetapi juga tepat.

 

1.Ketahui Kondisi Mata

Dengan tahu kondisi mata, Sobat Djava akan bisa menentukan bentuk dan bahan frame. Untuk mata normal, semua bahan dan bentuk frame biasanya bisa dipakai asal sesuai dengan tipe wajah. Tapi, untuk yang punya minus tinggi hindari memilih bingkai yang tipis agar lensa tidak terlalu menonjol keluar, ya. Sobat Djava bisa memilih bahan plastik dengan desain bingkai yang tebal biar bisa menopang lensa secara penuh.

 

2.Pertimbangkan Bobot Frame Kacamata

Bagi sebagian orang, bobot frame luput menjadi perhatian saat membeli. Akhirnya, ketika dipakai tidak nyaman karena terlalu berat. Mengenai hal ini, Sobat Djava bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau butuh frame untuk minus atau silinder tinggi, ada baiknya memilih frame yang ringan untuk menyeimbangkan bobot lensa yang berat. 

 

Sebaliknya, kalau Sobat Djava mengutamakan gaya dan fashion glamour, frame titanium bisa banget jadi opsi. Biasanya, bobotnya cenderung lebih berat dibandingkan bingkai plastik. Tapi, kelebihan frame ini tidak mudah patah. 

 

3.Pilih Ukuran yang Sesuai

Sebelum Sobat Djava memilih frame , wajib sekali hukumnya untuk tahu ukuran wajahnya, nih. Kenapa harus seperti itu? Karena, tidak semua frame memiliki ukuran yang tepat untuk wajah kalian. Ada banyak sekali, sebagian dari kita yang masih kurang memperhatikan hal ini. Alhasil, frame jadi tidak nyaman karena kekecilan atau terlalu besar di wajah. Duh, jangan sampai hal seperti ini terjadi lagi ya, Sobat Djava!

 

Untuk mengetahui ukuran wajah, Sobat Djava bisa mengukur dengan penggaris atau alat ukur yang sesuai, dari ujung mata kanan ke mata kiri. Lalu, pilih frame dengan ukuran yang serupa biar Sobat Djava mendapat frame yang tidak hanya manis di wajah, tapi juga nyaman digunakan. 

4.Menyesuaikan Bentuk Frame dengan Wajah

Bentuk wajah tidak berpengaruh besar pada kecocokan frame , loh, Sobat Djava. Seperti halnya frame yang memiliki bentuk dan keotentikannya masing-masing, bentuk wajah manusia pun sama. Bagi Sobat Djava yang punya tipe wajah dengan garis halus, seperti oval, bulat, atau lonjong. Frame paduan dengan bentuk bersudut seperti cat eye ,kotak, atau semi cat eye bisa dijadikan referensi untuk membuat wajah lebih cantik. Sebaliknya, untuk wajah dengan dimensi bersudut seperti kotak, segitiga, berlian, hati. Frame lembut dengan lengkungan halus guna menyamarkan sudut-sudut wajah agar tidak terkesan tajam, seperti oval, bulat, atau prisma

 Baca Juga: Apa Itu Lensa Kacamata? Yuk Ketahui Definisi dan Jenis Lensa

Itu tadi pembahasan tentang model frame dan tips memilih frame yang benar.Sampai di sini apakah Sobat Djava sudah punya gambaran bentuk frame mana yang keren untuk dikenakan? Atau masih bingung karena banyaknya model yang ada? Jangan tunggu lama lagi, segera hubungi Djava optik dan dapatkan rekomendasi terbaik dari kami, ya!

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil  Stylish in Activity  dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249 

Jangan lupa untuk mengikuti media sosial Djava Optic. Temukan segera kacamata terbaik Anda di:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×