• Home
  • Definisi
  • Apa Itu Lensa Kacamata? Yuk Ketahui Definisi dan Jenis Lensa!
Image

Apa Itu Lensa Kacamata? Yuk Ketahui Definisi dan Jenis Lensa!

 

Sobat Djava pasti sudah tidak asing lagi kan dengan produk lensa kacamata. Apa itu lensa kacamata? Yuk ketahui definisi dan jenis lensa! Dan kira-kira komponen apa aja yang penting dan wajib diketahui kalau Sobat Djava ingin membuat kacamata sesuai kebutuhan?  Biar tidak bingung atau tidakkeliru dalam pemesanan, simak penjelasannya di bawah ini, ya! 

Definisi dan Fungsi Kacamata

Kacamata diartikan sebagai alat yang digunakan untuk membantu penderita penyakit mata terutama yang kehilangan fokus penglihatan. Biasanya, pengguna kacamata memiliki keterbatasan dalam melihat karena gangguan tertentu, misalnya miopi (rabun jauh) atau hipermetropi (rabun dekat) serta gangguan lain yang menjadikan seseorang mengalami gangguan penglihatan. Nah, untuk mengetahui kondisi ini, Sobat Djava wajib banget periksa mata ke dokter mata atau optik terdekat untuk memastikan apakah ada masalah penglihatan atau normal-normal saja.  

Kacamata terdiri atas dua komponen penting, yaitu frame dan lensa. Lensa akan sangat menentukan fungsi utama kacamata dan memberi pengaruh besar untuk kenyamanan Sobat Djava, loh. Oleh karena itu , pengetahuan jenis lensa penting sekali biar Sobat Djava bisa mempertimbangkan lensa apa yang sesuai.  Apa itu lensa kacamata?Yuk ketahui definisi dan jenis lensa! Selamat membaca ya, Sobat Djava! 

LENSA UNTUK MEMBANTU MASALAH PENGLIHATAN

Setiap lensa memiliki fungsi dan kelebihan masing-masing. Di bawah ini akan dijelaskan tentang lensa khusus untuk memperbaiki atau membantu penglihatan agar lebih maksimal saat melihat suatu objek. Sobat Djava bisa menentukan opsi sesuai kebutuhannya, nih. Memperhatikan setiap fungsi lensa yang sesuai dengan kondisi mata Sobat Djava akan menciptakan kenyamanan yang optimal. 

1.Lensa Tunggal

Lensa Tunggal adalah lensa yang hanya memiliki satu jenis ukuran dengan satu titik fokus saja. Lensa ini biasa disebut juga denganSingle Vision karena fungsinya hanya bisa untuk pemeriksaan salah satu ukuran saja, yaitu jarak jauh atau jarak dekat. Kalau Sobat Djava hanya mengalami satu gangguan penglihatan, misalnya: miopi (rabun jauh atau minus), hipermetropi (rabun dekat atau plus), dan astigmatisme (penglihatan berbayang atau silinder) bisa pakai lensa jenis ini untuk bisa melihat objek dengan jelas dan maksimal.

2.Lensa Bifokal

Kata “bi” dalam kata Bifokal artinya dua. Lensa Bifokal berarti lensa yang memiliki dua macam titik fokus. Karena titik fokusnya ada dua, jadi fungsi dari lensa ini bisa sangat membantu Sobat Djava untuk melihat objek dari jarak jauh atau jarak dekat dalam waktu yang bersamaan. Dua titik fokus yang ada di lensa ini biasanya ada di bagian atas dan bawah lensa. Bagian atas berfungsi membantu memperjelas penglihatan jarak jauh, sedangkan untuk bagian bawah yang bentuknya seperti bulatan kecil berfungsi untuk memperjelas penglihatan Sobat Djava dari jarak dekat.

3.Lensa Progresif 

Lensa Progresif atau biasa disebut Lensa Trifokal. Kata “Tri” dalam kata trifokal memiliki arti tiga. Jadi, Lensa Trifokal dapat diartikan sebagai lensa yang mempunyai tiga jenis titik fokus yaitu dekat, sedang, dan jauh. Lensa ini berfungsi untuk membantu mata Sobat Djava yang mengalami gangguan pada penderita presbiopia atau biasanya disebut dengan rabun dekat yang disebabkan oleh faktor degeneratif atau faktor usia.

Berbeda halnya dengan lensa bifokal yang juga dapat dipakai untuk membantu penglihatan jarak dekat dan memiliki perangkat khusus untuk fokus jarak dekat atau membaca jadi terlihat garis batas (bulatan kecil), lensa progresif tampil dengan transparan tanpa ada bulatan kecil sehingga terlihat seperti lensa biasa. Bagi Sobat Djava yang ingin memasang lensa tanpa mengesampingkan efek estetika, lensa progresif adalah solusi terbaik.

4.Lensa Prisma

Lensa Prisma adalah lensa yang memiliki kemampuan luar biasa untuk membelokkan cahaya atau disebut pembiasan. Lensa ini didesain khusus untuk membantu Sobat Djava yang memiliki gangguan penglihatan ganda atau strabismus.Sobat Djava tahu apa itu strabismus ? Strabismus atau mata juling adalah kondisi mata yang jika digunakan untuk melihat suatu objek menjadi tidak sejajar. Kalau Sobat Djava ada yang mengalami  kondisi ini diharuskan memakai lensa prisma untuk membantu penglihatan. 

Artikel Serupa: 4 Jenis Lensa Kacamata yang Wajib Anda Ketahui!

Lensa Untuk Melindungi Mata

Sebagai perlindungan untuk mata Sobat Djava, terdapat lapisan khusus yang ditambahkan ke lensa kacamata. Apa itu lensa kacamata? Yuk ketahui definisi dan jenis lensa! Jenis-jenis lensa di bawah ini dapat digunakan untuk memastikan lensa kacamata akan memberi kenyamanan dan tetap bisa memberikan penglihatan terbaik serta bisa disesuaikan dengan gaya hidup Sobat Djava. Agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan mata dan gaya Sobat Djava, yuk perhatikan deskripsi mengenai keunggulan lensa produk dari Djava Lens agar tidak salah menentukan lensa:

1.Lensa Anti Radiasi

Lensa anti radiasi biasa juga disebut dengan lensa anti UV matahari. Fungsi lensa ini adalah melindungi mata dari radiasi berbahaya yang dipancarkan oleh matahari. Apakah Sobat Djava tahu apa itu sinar UV? Sinar Ultraviolet adalah sinar yang berasal dari pancaran sinar matahari yang apabila terpapar dalam waktu lama akan membahayakan mata. Terdapat 3 jenis sinar UV, yaitu UVA, UVB, dan UVC. Sinar UVC terserap oleh lapisan ozon di atmosfer, jadi Sobat Djava tidak perlu khawatir akan bahaya tersebut. 

Lensa Anti Radiasi
Anti Radiasi

Namun, yang perlu diwaspadai adalah bahaya yang berasal dari sinar UVA dan UVB. Pancaran radiasi sinar UV dapat mengakibatkan fotokeratitis , yaitu kerusakan atau peradangan selaput mata akibat paparan sinar matahari yang terlalu lama. Semakin lama paparan radiasi UV, semakin tinggi pula risiko Sobat Djava terkena katarak atau degenerasi makula (gangguan penglihatan). 

Baca Juga: Cara Membedakan Kacamata Anti Radiasi Asli dan Palsu

2.Lensa Blueray

Lensa Blueray didesain khusus untuk melindungi mata dari bahaya sinar biru atau blue light yang berasal dari perangkat digital dan sinar UV dari pancaran cahaya matahari. Lensa ini memiliki lapisan khusus yang fungsinya bisa menangkal sinar biru. Jenis radiasi yang dihasilkan oleh sinar biru ini umumnya berasal dari gadget, komputer, televisi dan perangkat elektronik lainnya. Paparan radiasi yang berasal dari sinar biru yang terlalu lama dan berlebihan akan menimbulkan gejala yang negatif bagi mata, misalnya mata menjadi kering, mata sakit, mata kemerahan, hingga gangguan tidur atau insomnia. 

Lensa Blueray
Lensa Blueray

Efek yang akan ditimbulkan apabila mata terlalu sering terpapar sinar biru, yaitu degenerasi makula, katarak, bahkan dapat menyebabkan kanker mata. Untuk Sobat Djava yang aktivitasnya sering berhubungan dengan perangkat digital dan menghabiskan banyak waktu menatap layar gadget atau komputer disarankan untuk melindungi mata dengan lensa blueray sehingga produktivitas tetap berjalan lancar tanpa mengganggu kesehatan mata. 

3.Lensa Fotokromik

 Lensa jenis ini terkenal dengan kemampuan adaptasinya yang luar biasa karena bisa menyesuaikan dengan keadaan. Apabila digunakan dalam suasana mendung bayangan lensa tidak terlalu pekat melainkan hanya memiliki tampilan warna, sedangkan apabila dalam kondisi cerah maka lensa akan otomatis menggelap karena dapat 100% menghalangi cahaya yang dipancarkan oleh matahari.  Oleh karena itu, lensa photochromic sering kali disebut dengan lensa adaptif karena fleksibilitas lensa yang dapat berubah warna sesuai dengan intensitas cahaya. 

LensaPhotocromic
Fotokromik

Lensa ini menawarkan manfaat yang beragam mulai dari (1) mengurangi ketegangan mata apabila terkena sinar UV, (2) efektif sehingga tidak perlu menggunakan dua lensa karena kemampuan lensa photocromic sudah dapat menyesuaikan kebutuhan di dalam maupun di luar ruangan, dan (3) fleksibel karena lensa dapat menyesuaikan kondisi. Lensa photocromic adalah jawaban yang tepat untuk produktivitas sehari-hari dan melindungi mata dengan sempurna.

4.Lensa Bluekromik

Lensa bluecromic adalah perpaduan dan penyempurnaan dari fungsi lensa blueray dan photocromic. Fungsi lensa bluecromic adalah anti sinar UV yang dipancarkan matahari. Lensa juga bisa anti sinar biru yang berasal dari perangkat digital seperti gadget, komputer, televisi dan bisa menggelap di luar ruangan.

Lensa Bluecromic
Bluecromic

 Jadi, apabila Sobat Djava memutuskan untuk menggunakan lensa bluecromic, tidak hanya keuntungan dari segi fleksibilitas tetapi kebutuhan mata akan terlindungi dengan sempurna hanya dengan satu jenis lensa. 

5.Lensa Satu Drive

Lensa One Drive didesain khusus sebagai perlindungan maksimal untuk berkendara malam. Kemampuan lensa yang memiliki lapisan khusus sebagai anti silau lampu sein membuat Sobat Djava akan lebih fokus dan nyaman saat berkendara di malam hari.

Lensa Satu Drive
Satu Drive

Fungsi lensa One Drive dapat melindungi mata dari bahaya radiasi UV yang dipancarkan oleh matahari.Selain itu, lensa ini anti  sinar biru gadget, laptop, atau televisi.  One Drive hadir dengan manfaat utuh, yaitu anti radiasi UV hingga dapat menggelap seperti sunglass atau setara kacamata hitam sehingga memberikan kenyamanan maksimal jika digunakan di luar ruangan. 

Nah, sekarang Sobat Djava sudah paham jenis lensa dan perbedaannya, kan? Apabila Sobat Djava masih kesulitan menentukan lensa yang tepat, Sobat Djava bisa berkonsultasi dengan dokter mata atau datang ke Optik Djava. Dapatkan periksa mata menggunakan fasilitas teknologi canggih dan konsultasi gratis hanya di Djava Optik. 

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249 

Jangan lupa untuk mengikuti media sosial Djava Optic. Temukan segera kacamata terbaik Anda di:

Instagram

Tik Tok

 

 




 

 

 

 

 

 

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×