• Home
  • Definisi
  • Terganggu Karena Mata Minus? Yuk Ketahui Cara Mengobatinya
Image

Terganggu Karena Mata Minus? Yuk Ketahui Cara Mengobatinya

Bagi penderita mata minus mungkin bertanya-tanya apakah yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Sebagai pemula, mungkin kita kurang menyadari bahwa ada beberapa kebiasaan negatif yang kita lakukan membuat mata mengalami gangguan. Apabila minus masih dalam ukuran rendah, hal seperti ini biasanya jarang terasa. Namun, apa kabar yang minusnya tinggi? Kalian pasti pernah merasa terganggu bahkan tidak nyaman ketika beraktivitas.

Artikel Serupa: 8 Penyebab Mata Minus yang Tidak Disadari, Cara Penanganannya Lengkap

Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya mata minus. Salah satunya adalah kebiasaan buruk yang sering tidak kita sadari ternyata berisiko dan menjadi faktor mata minus. Kira-kira apa saja faktor yang membuat mata menjadi minus ya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini ya!

Baca Juga: Mata Minus Bisa Disembuhkan: Mitos atau Fakta?

Apa Itu Mata Minusnya?

 Miopi  adalah suatu kelainan atau gangguan pada mata. Pada mata normal, cahaya dari luar yang ditangkap oleh mata akan langsung jatuh tepat di retina. Namun, bagi penderita rabun jauh, cahaya yang ditangkap tidak langsung jatuh ke retina melainkan di depan retina sehingga objek tampak kabur atau buram. Umumnya orang yang mengalami hal ini seringkali ditandai dengan seringnya mendapatkan mata atau butuh melihat dari jarak yang relatif dekat karena kesulitan melihat dari jarak yang jauh.

Miopi atau rabun jauh dapat diidentifikasi ciri-cirinya. Orang yang memiliki kelainan ini akan lebih sering memaksakan diri untuk lebih bisa melihat objek dari jarak yang dekat. Selain itu, mata akan jadi cepat lelah karena objek yang kabur akan menuntut mata untuk bisa bekerja dua kali lebih fokus agar objek terlihat jelas.

Baca Juga: Sayangi Mata Anda! Tips Merawat dan Menjaga Kesehatan Mata

Apakah Sobat Djava pernah mengalami hal serupa? Misalnya sudah dirasa terlalu mengganggu dan tidak nyaman pastikan untuk mendapatkan informasi yang valid tentang keadaan tersebut. Hubungi dokter mata atau kunjungi optik terdekat untuk memastikan kondisi mata kalian untuk mendapatkan lensa yang sesuai dengan kebutuhan mata.

Faktor Penyebab Mata Minus

Banyak faktor yang menyebabkan mata seseorang menjadi mengalami gangguan ketika digunakan untuk melihat jarak jauh. Di bawah ini adalah beberapa faktor dan kebiasaan yang menyebabkan mata menjadi minus. Kenali penyebab lebih dini untuk meminimalisir mata minus!

1.Membaca Dengan Jarak Terlalu Dekat

Siapa nih yang suka membaca buku dengan jarak yang terlalu dekat? Atau membaca chat dengan jarak yang dekat banget sampai mata jadi sakit? Hampir semua dari kita pasti pernah melakukan hal ini. Disadari atau tidak, kebiasaan yang satu ini memang sering kita lakukan baik itu sengaja atau tidak. Nah, mulai sekarang kebiasaan ini perlu diubah ya, Sobat Djava.

Baca Juga: Sindrom Era Digital: Begini Cara Atasi Ketegangan Mata!

Membaca buku adalah kebiasaan yang baik. Namun, membaca buku dengan jarak terlalu dekat akan membuat mata menjadi cepat lelah. Kalau kebiasaan ini dilakukan secara terus-menerus mengakibatkan mata akan menjadi minus. Kalau kalian yang sebelumnya sudah minus tapi tetap melakukan kebiasaan ini tentu saja kemungkinan minus menjadi bertambah.

2.Terlalu Lama di Depan Layar Digital

Aktivitas kita di masa sekarang sudah tidak lepas dari peran teknologi digital. Di satu sisi, ini adalah hal positif karena bisa memudahkan pekerjaan. Namun, pernahkah kalian menyadari berapa lama waktu yang sudah kita habiskan dengan berselancar atau menatap layar digital, entah itu hp atau komputer? Apakah cukup satu atau dua jam saja? Pasti lebih dari itu. Terlalu lama menatap layar digital menjadi salah satu hal yang sangat mempengaruhi mata. Terlebih lagi mata dituntut untuk fokus menghadap layar dalam jangka waktu lama akan membuat mata menjadi lelah dan kering. Hal ini apabila dilakukan secara berlebihan akan berpotensi membuat mata menjadi minus.Oleh karena itu, lindungi mata dengan kacamata yang memiliki fitur anti sinar biru sehingga mata akan terlindungi dengan baik.

Baca Juga: Era Sindrom Digital: Begini Cara Atasi Ketegangan Mata!

3.Kurang Minum Air Putih

Mungkin ini terdengar aneh. Tapi, penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi yang akut membuat mata juga kehilangan banyak cairan. Ketika Sobat Djava sibuk beraktivitas dengan berbagai rutinitas yang banyak, terkadang lupa untuk berhenti sejenak minum air putih. Apalagi di cuaca yang panas seperti saat ini, kebanyakan dari kita lebih banyak minum es atau sejenisnya. Mulai saat ini, terapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang akan memberikan dampak baik bagi mata kita agar terhindar dari dampak negatif.

4.Bekerja di Ruangan yang Redup

Siapa nih yang sering bekerja, nonton, atau baca di ruangan yang minim banget pencahayaannya? Hati-hati ya, Sobat Djava. Melakukan kegiatan dengan pencahayaan kurang atau redup akan membahayakan mata bila dilakukan secara terus menerus. Karena kurang cahaya yang masuk ke mata akan membuat mata tenggelam dengan bekerja duakali lebih keras untuk mencapai fokusnya. Jika tidak ingin mata menjadi minus, atau minus menjadi bertambah, yuk atur pencahayaan yang ideal mulai dari sekarang!

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Tips Terbaik Saat Memilih Lensa Kacamata

Bagaimana Cara Mengobati Mata Minus?

Terlalu capek memakai kacamata membuat orang jadi bertanya-tanya apakah mata yang minus bisa disembuhkan? Nyatanya nih, Sobat Djava, ternyata mata minus belum bisa dibudidayakan secara total. Karena pada dasarnya rabun jauh memang bukan suatu penyakit, tapi kelainan refraksi mata yang kesulitan untuk melihat objek dari jarak jauh.

Artikel Terkait:  Cek Fakta: Mata Minus Tidak Bisa Disembuhkan

Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini. Penanganan bagi penderita mata minus bertujuan untuk memperbaiki penglihatan dan memudahkan untuk melihat objek atau benda yang jaraknya jauh. 

Berikut adalah beberapa penanganan yang bisa dilakukan untuk mengurangi minus mata dan memudahkan mata untuk melihat objek:

1.Mengenakan kacamata dengan lensa minus.

2.Operasi dengan laser atau lazik.

3.Menggunakan obat tetes mata.

4.Implan lensa buatan.

Artikel Serupa: Cara Mengatasi Mata Minus, dari Kacamata Hingga Kebiasaan Sehat

Bila kalian mulai merasa terganggu dengan minus yang dialami, jangan ragu dan segan untuk berkonsultasi dengan ahli mata atau optik terdekat untuk mendapatkan solusi terbaik. Jangan lupa untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan yang bisa atau menyebabkan kerugian yang kalian derita, ya. Tetap jaga kesehatan mata, karena mata adalah jendela untuk melihat dunia yang lebih indah!

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline :

+62 851-7318-5249

Jangan lupa ikuti media sosial kami. Temukan kacamata terbaik Anda di:

Instagram

TIK tok

 

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×