• Home
  • Education
  • Awasi Penggunaan HP: Cegah Mata Minus Pada Anak-Anak
Image

Awasi Penggunaan HP: Cegah Mata Minus Pada Anak-Anak

Cegah mata minus dengan kesadaram kalau hidup di zaman yang serba digital membuat siapapun tidak terhindarkan dari penggunaan hp, bahkan anak-anak sekalipun. Hal ini tentunya menimbulkan berbagai dampak, entah itu negatif atau positif. Peran orang tua dalam membimbing dan mengawasi pola anak dalam menggunakan hp sangat diperlukan. Jika tidak, maka akan timbul beberapa masalah baik itu secara fisik atau psikis pada sang anak.

Artikel Serupa: 7 Cara Mencegah Mata Minus Pada Anak Cuma dengan Kebiasaan Sederhana Ini, Gak Mau Kan Anak Pakai Kaca Mata Sejak Kecil?

Beberapa hal yang umumnya terjadi terkait kondisi ini adalah timbulnya masalah kesehatan pada mata anak. Tentunya hal ini sangat disayangkan apabila usia anak-anak sudah mengalami mata minus bahkan silinder karena banyak beraktivitas di depan gadget tanpa pengawasan yang intens dari orang terdekat.

Artikel Terkait: Ketahui 4 Akibat Radiasi HP pada Mata Anak dan Cara Mencegahnya, Orang Tua Wajib Tahu!

Dampak Negatif Bermain Hp Untuk Anak-Anak

Teknologi yang canggih seperti dua mata pisau. Di satu sisi memberi dampak positif, tapi di sisi lain teknologi bisa jadi meningkatkan risiko terkena dampak negatif apabila tidak disikapi dengan benar. Yuk, kenali bahaya yang akan terjadi jika Sobat Djava membiarkan anak bermain gadget dalam waktu yang lama. Cegah mata minus pada anak, karena dengan mengetahui dampak yang akan ditimbulkan, Sobat Djava harus lebih memperhatikan lagi, ya.

1.Mata Menjadi Minus

Terlalu lama berada di depan layar hp dalam durasi yang berlebihan akan meningkatkan risiko mata menjadi minus. Apalagi kalau anak-anak yang umurnya di bawah  6 tahun umumnya masih belum bisa mengkomunikasikan gangguan mata, sehingga mata minus baru diketahui setelah menjadi parah. Nah, untuk menghindari hal ini terjadi Sobat Djava harus memperhatikan waktu dan juga kecenderungan anak dalam bermain gadget ya. Meskipun hp bisa memberi dampak positif, tapi kalau kurang adanya pengawasan justru akan membahayakan bagi anak. Sobat Djava tentunya tidak  ingin ini terjadi kan? Yuk, mulai aware dengan kesehatan mata orang terdekat kita!

Baca Lebih Lanjut: Mata Minus Bisa Disembuhkan: Mitos atau Fakta?

2.Mata Cepat Lelah

Selain berpotensi untuk membuat mata jadi minus, mata juga akan menjadi cepat lelah. Karena paparan tinggi radiasi sinar biru atau blue light yang masuk ke dalam mata dapat membuat mata menjadi lebih fokus sehingga terkadang seseorang minim berkedip. Hal ini lama kelamaan bisa membuat mata menjadi kering bahkan kemerahan. Jika kebiasaan ini sering dilakukan, maka mata anak akan cepat mengalami kelelahan dan dalam jangka waktu lama akan meningkatkan risiko terkena minus bahkan silinder.

3.Kualitas Tidur Yang Buruk

Selain bisa membahayakan mata, terlalu sering menggunakan hp akan membuat syaraf pada mata terus aktif di malam hari. Oleh karena itu kalian pasti sudah tidak asing kan kalau ada anak yang sebenarnya sudah waktunya  untuk tidur, tapi karena disuguhi hp anak jadi menunda kantuknya. Alhasil, tidur tidak lagi maksimal karena pengantar tidur sang anak adalah dengan terus melihat hpnya. Ada baiknya sebagai orang tua, kita bertindak dengan bijak, ya Sobat, yaitu dengan meminta anak untuk tidak bermain hp satu atau dua jam sebelum tidur agar mendapat tidur atau waktu istirahat yang maksimal.

Baca Juga: Konsumsi Makanan Sehat: Tips Menjaga Kesehatan Mata!

4.Anak Menjadi Malas

Anak yang terlalu sering intens bermain hp akan meningkatkan risiko kemungkinan untuk kecanduan. Karena hp kadang kala bisa bersifat adiktif karena menyediakan berbagai platform mulai dari untuk belajar, bermain game, menonton, atau hal yang lain. Di satu sisi ini bagus, asal dengan porsi yang sesuai. Tapi, jika dilakukan dalam rentang waktu lama anak bisa terlalu cenderung bermain hp dan jarang mau berinteraksi dengan orang sekitarnya karena merasa dunianya cukup dengan hp.

Tips Untuk Mencegah Mata Minus Pada Anak

Untuk mencegah hal ini terjadi kepada kerabat terdekat kita, ada beberapa hal yang bisa Sobat Djava lakukan agar anak tetap bisa produktif menggunakan alat digital, tapi tetap sehat. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan agar mata anak tidak mengalami gangguan kesehatan mata.

1.Berikan Batas Waktu Bermain HP

Penggunaan hp bagi anak kadangkala memang tidak bisa terhindarkan. Apalagi jika anak sudah memasuki usia sekolah, karena beberapa materi atau justru pembelajaran itu sendiri berlaku secara daring sehingga membutuhkan untuk selalu terkoneksi dengan internet. Dalam hal ini yang bisa dilakukan untuk mencegah banyaknya waktu yang terbuang di depan hp adalah dengan memberikan batas waktu ideal untuk anak. Lazimnya waktu  yang dihabiskan di depan layar hp sekitar 2-3 jam dalam satu hari. Ini dimaksudkan agar mata anak tidak banyak terpapar pancaran radiasi sinar biru.

Baca Juga: Wajah Bulat Bingung Memilih Kacamata? Ini Rekomendasi Buat Kalian!

2. Atur Kecerahan Layar HP

Tingkat kecerahan yang terlalu tinggi akan memberikan dampak yang negatif untuk mata. Kecerahan yang tinggi akan membuat mata jadi lebih rentan mengalami mata minus. Selain itu, paparan sinar biru jadi indeksnya tinggi. Selain itu, kecerahan yang terlalu tinggi akan membuat mata menjadi tegang karena mata jadi silau. Cegah mata minus pada anak dengan mengatur pencahayaan ya, Sobat.

3. Arahkan Anak Untuk Memberikan Jarak Ideal Antara Mata Dengan HP

Jarak ini berfungsi agar mata dengan hp tidak terlalu dekat. Jarak yang ideal akan mencegah mata lelah dan meminimalisir mata akan mengalami minus. Selain itu, jarak yang ideal antara mata dan hp bisa mengurangi risiko mata kering. Selain itu, tips ini juga sebagai trik untuk cegah mata minus pada anak.

Baca Lebih Lanjut: Lensa Anti Embun: Tetap Nyaman Beraktivitas di Musim Hujan!

4.Ingatkan Anak Agar Sering Berkedip

Terlalu fokus di depan gawai akan menyebabkan mata jadi terlalu konsen di depan layar hp, oleh karena itu pentingnya pengawasan adalah untuk memastikan anak lebih sering berkedip. Karena jika kurang berkedip mata akan kekurangan cairan sehingga mata akan mudah jadi kering dan ini akan menyebabkan mata jadi lelah.

5.Ganti Metode Belajar dan Bermain

Selain memberikan batas waktu bermain gadget, Sobat Djava bisa memberikan variasi lain untuk belajar atau bermain. Misalnya, mengganti metode belajar dengan buku, atau hal lain. Hal ini dimaksudkan agar anak tidak hanya terpaku untuk bermain hp saja tapi juga mengeksplor hal-hal baru. Ini bisa juga jadi salah satu upaya untuk cegah mata minus pada anak.

Baca Juga: Lazy Eyes: Yuk Kenali Gejala Mata Malas (Amblyopia)

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jl. Nginden Semolo No. 101 Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249 (Store Manukan)

+62 851-7682-1720 (Store Nginden)

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×