• Home
  • Education
  • Bingung! Harus Pilih Kacamata Plastik Atau Titanium?
Image

Bingung! Harus Pilih Kacamata Plastik Atau Titanium?

Pernahkah Sobat Djava merasa bingung saat hendak membeli kacamata? Kacamata sangat penting bagi yang membutuhkan bantuan penglihatan. Oleh karena itu, pastikan sebelum membeli Sobat Djava memilih kualitas terbaik karena aktivitas sehari-hari sangat tergantung dengan kacamata.  Meskipun bagi beberapa kalangan kacamata hanya aksesoris,  tetaplah penting untuk memilih bingkai yang terbaik dan tahan lama. Di DJAVA OPTIK, memiliki kacamata yang awet, tapi dengan harga yang terjangkau.

Ada beberapa jenis frame kacamata berdasarkan bahan pembuatannya. Jenis yang paling populer di antaranya adalah frame kacamata yang terbuat dari bahan plastik dan bahan titanium. Sebagian orang sering bertanya-tanya mengenai bahan yang paling baik. Tentu, setiap jenis frame kacamata ini memiliki keunggulan dan daya tarik masing-masing. Misalnya saja frame kacamata plastik yang ringan dan titanium yang sangat tahan lama.

Artikel Serupa: Ketahui Lebih Dalam Terkait Material Frame Kacamata Pria atau Wanita

Jika Sobat Djava mencari frame kacamata dengan bingkai lebih tipis, Sobat Djavabisa memilih kacamata yang frame-nya terbuat dari metal atau titanium. Sedangkan bingkai plastik biasanya lebih tebal namun tetap ringan digunakan sehari-hari. Mari ketahui informasi lebih lanjut tentang material frame kacamata plastik atau titanium di bawah ini!

Bahan Frame Plastik

Plastik adalah bahan yang populer untuk kacamata. Namun, tidak semua kacamata plastik memiliki sifat yang sama. Sebenarnya ada banyak jenis plastik yang digunakan untuk membuat kacamata yang berkualitas. Dan plastik yang berbeda akan memiliki fitur yang berbeda pula. Bahan kacamata yang terbuat dari bahan material plastik umumnya lebih  ringan sehingga efektif digunakan untuk pengguna baru atau yang memiliki minus yang tinggi. Nah, bahan plastik ternyata ada banyak sekali jenisnya. Di bawah ini adalah beberapa jenis plastik yang digunakan untuk membuat bingkai kacamata, antara lain:

Artikel Serupa: Sebelum Beli Kacamata, Bandingkan Material Bingkai dan Lensa

1.Zylonite (Zyl atau Selulosa Asetat)

Selulosa atau molekul karbohidrat adalah bahan penyusun yang ditemukan pada tumbuhan . Selulosa asetat, alias asetat atau biasa disebut dengan Zylonite adalah bioplastik yang dibuat dengan mengolah selulosa halus (berasal dari serat kapas atau pulp kayu) dengan asam asetat . Dari segi hasil akhir, warnanya transparan, mengkilap, dan kokoh oleh karena itu bahan tipe ini sangat ideal digunakan sebagai material kacamata yang cerah dan tahan lama.

2.Selulosa Asetat Propionat

Selulosa asetat propionat adalah sejenis kombinasi zil dan nilon, karena merupakan plastik berbahan dasar nilon yang bercampur dengan selulosa asetat. Bahannya berkilau sehingga terlihat mewah dan  menarik banyak orang karena, tidak seperti bingkai logam, Sobat Djava dapat memadukan kilau dan warna dengan bingkai ini.  Sebuah nylon-based plastik yang bersifat anti alergi/hypoallergenic. Bahan ini relatif lebih  ringan dan mempunyai transparensi dan terlihat glossy dibandingkan dengan jenis plastik lainnya. Jika preferensi Sobat Djava dalam membeli  frame adalah keringanan maka kalian harus mencoba frame dengan bahan propionate ini.

Baca Lebih Lanjut: Tampil Luxury dengan Kacamata Ekslusif dari Djava Optik

3.Resin Epoksi Optyl

Optyl adalah bahan plastik bersifat  tahan panas yang terbuat dari resin epoksi dengan kualitas luar biasa. Selain itu, bahan resin memiliki sifat yang ringan dan tahan lama , cocok untuk hasil akhir terbaik. Nama tersebut merupakan merek dagang terdaftar dari Safilo, yang menggunakannya secara eksklusif untuk memproduksi beberapa model koleksi kacamatanya

4.Campuran Nilon

Bahan nylon sering digunakan dalam pembuatan kacamata sport. Keunggulan dari bahan  jenis  ini adalah elastisitas atau lentur pada saat dipakai. Nylon juga lebih transparan dan terasa halus jika dipakai sehingga efektif untuk digunakan aktivitas yang ada di luar ruangan. Seiring kemajuan teknologi, kacamata yang berbahan nylon menjadi semakin bervariasi. TR 90 atau Grilamid adalah salah satu bahan yang berasal dari nylon. Grilamid cenderung lebih ringan tahan benturan dan kuat, oleh karena ini bahan ini seringkali digunakan pada kacamata sport. Bahan ini cocok untuk Sobat Djava yang kurang menyukai bahan frame yang mengkilat. Selain itu bahan grilamid tidak membuat alergi sehingga cocok untuk kulit sensitif dan tentunya bahan ini lebih tahan korosi.

Artikel Terkait: Temukan Bahan Frame yang Cocok untuk Anda

Bahan Frame Titanium

Selain bahan plastik, ada kacamata yang terbuat dari bahan titanium. Sama halnya seperti bahan plastik yang ada berbagai jenis, bahan titanium juga demikian. Lalu apa saja yang tergolong bahan titanium? Simak penjelasan di bawah ini.

1.Frame Kacamata Titanium Murni

Titanium murni mengacu pada bahan logam titanium dengan kadar kemurnian titanium lebih dari 89 persen. Titanium yang murni  juga memiliki titik leleh tinggi, bahan ringan, ketahanan korosi yang kuat, dan lapisan elektroplating yang kuat. Bingkai kacamata yang terbuat dari titanium murni memiliki keunggulan ringan dan nyaman. Frame kacamata titanium adalah yang paling ringan di antara bahan kacamata lainnya, memiliki kekerasan yang baik, tidak mudah berubah bentuk, tahan korosi, tidak menyebabkan alergi kulit, dan lebih tahan lama karena sifatnya kokoh sehingga tidak mudah patah saat digunakan.

Baca Juga: Tampil Makin Pede Menggunakan Kacamata Lensa Celup

2.Frame Kacamata Paduan Titanium

Bingkai paduan titanium memiliki elastisitas yang baik, dan bingkai yang terbuat dari paduan titanium akan secara otomatis kembali ke keadaan semula ketika mengalami tekanan eksternal tertentu. Oleh karena itu, pelipis dan balok tengah dari banyak bingkai kacamata biasanya terbuat dari paduan titanium. Bingkai paduan titanium umumnya lebih tipis, yang membuat bingkai tampak lebih ringan.

Frame kacamata yang terbuat dari bahan titanium murni tidak mudah bersentuhan dengan oksigen dalam ruang hampa selama proses pengelasan, dan bingkai kacamata paduan titanium akan langsung bersentuhan dengan titanium, yang mudah menyebabkan kerutan pada sambungan dan pembukaan yang jelas dan buruk. Secara umum, berat jenis titanium murni adalah 4,5, sedangkan bahan paduan titanium adalah 8,9. Artinya, bahannya setara dengan setengah dari paduan titanium. Oleh karena itu, bingkai kacamata titanium murni jauh lebih ringan dan kokoh daripada bingkai kacamata paduan titanium.

Baca Lebih Lanjut: Macam-Macam Bentuk Wajah dan Cara Memilih Frame Kacamata

Jadi, gimana nih Sobat Djava? Masih bingung mau pakai bahan kacamata  plastik atau titanium? Jika masih bingung menentukan Sobat Djava bisa langsung datang ke offline store Djava Optik. Crew store kami siap membantu kalian mendapatkan kacamata terbaik. Atau jika kalian ingin order secara daring, Djava Optik  memudahkan kalian untuk berkonsultasi secara online.  Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata plastik atau titanium dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jl. Nginden Semolo No. 101 Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249 (Store Manukan)

+62 851-7682-1720 (Store Nginden)

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×