• Home
  • Education
  • Kacamata Tidak Nyaman? Wajib Ketahui Faktor-Faktor Ini!
Image

Kacamata Tidak Nyaman? Wajib Ketahui Faktor-Faktor Ini!

Sobat Djava pengguna baru kacamata? Atau justru pengguna lama kacamata? Apakah kalian pernah merasakan kacamata yang kalian gunakan tidak nyaman padahal baru saja beli atau justru kacamata tidak nyaman padahal sebelumnya nyaman digunakan? Kacamata akan sampai pada fase menjadi tidak nyaman karena disebabkan oleh beberapa faktor. Untuk Sobat Djava yang tidak nyaman dengan kacamatanya dan malah bikin penglihatan tidak jelas, membaca artikel ini sampai selesai akan membantu kalian mengatasi permasalahan tersebut. Pastikan simak sampai akhir, ya , Sobat Djava! ^^

Artikel Serupa: 8 Ciri Kacamata Tidak Cocok dan Harus Segera Diganti

Pengguna Baru Kacamata

Sobat Djava baru pertama kali mengenakan kacamata, tapi justru kepala jadi pusing bahkan rasanya mual? Bagi pemula hal tersebut tentu saja membuat khawatir. Karena selain kacamata tidak nyaman digunakan, efek  penggunaan awal juga membuat  aktivtas jadi terganggu. Lalu, apa saja faktor yang menyebabkan kacamata menjadi tidak nyaman? Berikut faktor-faktornya:

1. Faktor Pemilihan Frame Kacamata

Frame kacamata adalah elemen penting dalam pemilihan kacamata. Mengapa? Karena frame kacamata akan mempengaruhi kenyamanan dan juga tampilan kalian, loh. Hal-hal yang harus diperhatikan ketika memilih frame kacamata adalah:

a.Diameter Kacamata

Tidak memperhatikan diameter akan membuat pemakainya tidak nyaman. Karena akan menyebabkan kacamata jadi kekecilan (mengakibatkan sakit di telinga)  atau terlalu lebar (sehingga mudah melorot). Diameter frame harus disesuaikan dengan besar kecilnya diameter wajah.

b.Warna Frame Kacamata

Pemilihan warna atau frame juga mempengaruhi kenyamanan secara tidak langsung. Jika kalian menyesuaikannya dengan warna tone kulit, bukankah akan menambah kepercayaan diri saat memakai kacamata?

c.Bentuk dan Model Frame

Selain warna, yang tidak kalah penting untuk diperhatikan saat memilih frame adalah bentuk dan model frame. Setiap wajah memiliki karakter dan tipe masing-masing. Oleh karena itu, penting sekali untuk menyesuaikan bentuk frame yang dipilih dengan tipe wajah kalian. Memilih bentuk frame yang sesuai akan membuat tampilan wajah kalian semakin sempurna!

Baca Juga: Ketahui Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya Untuk Penglihatan

d.Bobot Frame

kacamata harus dipertimbangkan karena jika Sobat Djava punya minus atau silinder tinggi akan membuat tidak nyaman jika memilih frame yang berat. Atau sebaliknya, jika masih pemula bisa memilih bobot frame kacamata yang relatif ringan agar tidak berat jika dipakai untuk beraktivitas.

e.Bahan Frame

Bahan frame kacamata juga termasuk hal terpenting. Terutama jika Sobat Djava memiliki tipe kulit yang sensitif, harap untuk menghindari memilih frame titanium karena umumnya titanium  jika terkena keringat maka akan memicu iritasi pada kulit sensitif.

d.Nosepad

Pastikan frame-nya memiliki nosepad jika hidung Sobat Djava minimalis. Sebaliknya, jika hidung mancung pilihlah nosepad tanam agar tidak membekas kemerahan di hidung kalian.

Baca Lebih Lanjut: Cara Memilih Bahan Kacamata Yang Baik dan Berkualitas

2. Keliru Memilih Lensa Kacamata

Lensa kacamata merupakan komponen penting karena langsung berkaitan dengan penglihatan. Pastikan kalian memilih lensa yang sesuai dengan kondisi mata sehingga lensa berfungsi secara maksimal dan membuat penglihatan menjadi lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya.

a.Ukuran Lensa

Lensa kacamata harus diproses sesuai dengan kebutuhan mata. Sebelum Sobat Djava melakukan pembelian kacamata, ada baiknya melakukan pemeriksaan mata terlebih dahulu agar lensa kacamata dibuat sesuai dengan hasil pemeriksaan tersebut.

b.Fitur Perlindungan Lensa

Untuk mendapatkan kacamata yang maksimal, pastikan pilih fitur lensa yang sesuai dengan aktivitas sehari-hari. Jika Sobat Djava terbiasa beraktivitas di luar ruangan, pilih lensa one drive, bluecromic, atau photocromic. Sebaliknya, jika hanya butuh untuk perlindungan UV atau sinar biru, kalian bisa pilih lensa anti UV atau blueray.

c.Bahan Lensa

Selain fitur dan ukuran, yang harus diperhatikan agar kacamata kalian nyaman adalah bahan lensa. Bahan lensa mempengaruhi kenyamanan dan juga daya tahan lensa. Kalau Sobat Djava kurang suka bahan yang mudah pecah hindari memilih kaca dan pilihlah bahan mika atau polycarbonate. Sebaliknya,  jika kalian mengutamakan kejernihan lensa pilihlah lensa kaca.

Baca Juga: 8 Ciri Kacamata Tidak Cocok dan Harus Segera Diganti

Pengguna Lama Kacamata

Lalu untuk pengguna lama kacamata, kira-kira apa penyebab kacamata menjadi tidak nyaman dipakai padahal sebelumnya kacamata tersebut tidak bermasalah? Berikut ini adalah hal yang menyebabkan  kacamata tidak nyaman. Periksa kacamata kalian, ya:

  • Kondisi mata sudah tidak sesuai dengan lensa. Ini bisa terjadi jika ukuran minus/plus/silinder bertambah sehingga lensa lama menjadi tidak nyaman karena sudah beda ukuran. Alhasil, meskipun sudah memakai kacamata penglihatan tetap blur atau berbayang.
  • Merasa pusing saat beraktivitas yang membutuhkan fokus mata. Ini terjadi karena sudah waktunya ganti kacamata karena lensa kacamata sudah usang dan perlu di-upgrade.
  • Lensa kacamata banyak goresan. Lensa yang tergores akan menghalangi pandangan karena lensa yang tidak jernih secara otomatis akan membuat penglihatan juga terganggu. Jika goresan sudah terlalu banyak sehingga penglihatan jadi buram, itu tandanya Sobat Djava sudah waktunya ganti lensa kacamata, ya.
  • Frame kacamata longgar sehingga mudah melorot. Kacamata yang sudah lama, biasanya ada bagian-bagian yang longgar seperti bagian gagang atau nosepad. 

Artikel Serupa: Sudah Tak Lagi Nyaman Dipakai? Kenali Tanda Anda Perlu Ganti Kacamata Baru

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Nginden Semolo No. 101 Kavling 12 Surabaya

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu

Djava Optik Nginden Pukul 08.00 s/d 22.00 WIB

Djava Optik Manukan Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7682-1720 (Store Nginden)

+62 851-7318-5249 (Store Manukan)

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×