• Home
  • Education
  • Kacamata Yang Bisa Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur
Image

Kacamata Yang Bisa Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Bagaimana cara meningkatkan kualitas tidur? Kualitas tidur sering kali terganggu karena kebiasaan yang kurang positif dan secara tidak sadar kita lakukan secara terus menerus. Salah satu contohnya adalah beraktivitas digital seperti scroll media sosial sampai dini hari, maraton drama Korea, atau bahkan melembur tugas atau deadline pekerjaan. Apakah kalian pernah berada di situasi yang semacam ini? Memang hidup di tengah kecanggihan teknologi dan tuntutan untuk terus terkoneksi dengan internet secara tidak langsung membuat waktu kita banyak tersita.

Artikel Serupa: Pengaruh dan Manfaat Cahaya Biru: Semua Tentang Blue Light

Di masa sekarang rasanya hampir semua orang memulai aktivitas dengan bermain ponsel dan juga mengakhiri hari dengan bermain ponsel pula. Kebiasaan yang seakan menjadi rutinias ini semakin dianggap suatu kewajaran. Namun, hal ini tidak bisa dibiarkan secara terus menerus jika Sobat Djava memperhatikan kesehatan, terutama kesehatan mata. Karena benda-benda elektronik seperti ponsel, laptop, atau televisi memancarkan gelombang pendek yang biasa disebut dengan blue-light. Tidak hanya akan mengurangi kualitas tidur, sinar biru juga berdampak buruk untuk kesehatan mata. Simak artikel ini sampai selesai biar tahu cara melindungi mata dan meningkatkan kualitas tidur kita ya, Sobat Djava! ^^

Baca Juga: Bisakah Kacamata Penyaring Sinar Biru Meningkatkan Kualitas Tidur Sekaligus Kualitas Kerja?

Blue Light Berbahaya Atau Tidak?

Cahaya biru atau dikenal dengan blue light adalah salah satu jenis cahaya yang terlihat di dalam spektrum cahaya matahari. Cahaya biru memiliki panjang gelombang yang lebih pendek jika dibandingkan dengan cahaya merah dan kuning. Jenis cahaya ini banyak ditemukan pada  lampu LED, layar komputer atau laptop, dan smartphone.

Cahaya biru memiliki pengaruh yang signifikan untuk kesehatan manusia, khususnya pada kesehatan mata dan kualitas tidur. Paparan cahaya biru yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Oleh karena itu, penting untuk memahami apa itu cahaya biru dan dari mana sumber-sumber paparannya agar Sobat Djava dapat terhindar dari bahaya radiasi jenis ini.

Baca Lebih Lanjut: Bekerja Nyaman: Lindungi Mata dengan Kacamata Blueray

Pengaruh Blue Light Terhadap Kesehatan Mata

Tidak semua sinar biru membahayakan mata manusia, misalnya sinar biru yang berasal dari pancaran matahari. Namun, sinar biru yang dimaksud di sini adalah yang terpancar dari perangkat digital seperti ponsel atau laptop. Terpapar sinar biru secara berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan mata seseorang. Paparan cahaya biru yang terlalu sering dan terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan pada retina mata dan meningkatkan risiko degenerasi makula pada usia muda. Ini berarti cahaya biru dapat menyebabkan kerusakan permanen pada bagian penting mata.

Cara Agar Terhindar Dari Radiasi Blue Light

Radiasi sinar biru banyak ditemukan dalam perangkat digital misalnya hp atau komputer. Hampir setiap orang yang beraktivitas digital tidak bisa terhindarkan dari radiasi jenis ini. Namun, kita bisa mencegah atau meminimalisir seberapa banyak blue light yang masuk ke mata. Berikut adalah tips dan trik yang bisa diterapkan agar mata terhindar dari paparan blue light yang berlebihan.

Baca Juga: Digital Eye Strain: Kenali Gejala dan Cara Mengobatinya

Kacamata Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Menentukan kacamata tidak selalu mudah untuk setiap orang apalagi baru pemula atau pengguna baru kacamata. Oleh karena itu, Djava Optik akan memberikan referensi kacamata yang bisa kalian gunakan agar mata nyaman ketika beraktivitas digital dan pastinya tidak mempengaruhi kualitas tidur Sobat Djava.

1.Kacamata Adena

Kacamata bingkai titanium lapis plastik sedang banyak diminati oleh para pengguna kacamata. Selain dari segi daya tahan lebih kuat, kacamata dengan model bulat tipis akan menunjang penampilan. Untuk Sobat Djava yang membutuhkan kacamata yang fungsional, sepertinya bingkai Adena adalah rekomendasi yang paling ideal. Karena selain desain yang modern dan minimalis, kacamata ini bisa dicustom dengan menggunakan lensa blueray yang  memiliki fitur perlindungan untuk beraktivitas di depan gadget atau komputer. Jadi, setelah dilengkapi dengan lensa blueray, Sobat Djava tidak perlu khawatir kalau akan terpapar radiasi sinar biru berlebihan. Namun, durasi dan kebiasaan kalian saat beraktivitas digital  juga perlu diperhatikan ya, Sobat Djava.

Baca Juga: Lazy Eyes: Yuk Kenali Gejala Mata Malas (Amblyopia)

2.Kacamata  Orly

Orly diciptakan khusus untuk yang menginginkan tampilan profesional dan formal. Kacamata dengan desain minimalis dan simpel seperti ini memang cocok digunakan untuk bekerja, kuliah, atau sejenis kegiatan lainnya. Selain dari desain, material kacamata ini terbuat dari plastik lentur dan titanium yang dilapisi dengan plastik sehingga nyaman dan ringan apabila digunakan seharian bekerja di depan laptop atau berjam-jam membaca buku. Namun, kacamata jenis ini rentan patah apabila tidak dijaga dan dirawat dengan baik. Kacamata belum lengkap apabila lensanya tidak dicustom dengan perlindungan radiasi UV dan blue light. Aktivitas sehari-hari yang membutuhkan seseorang banyak menghabiskan waktu di depan komputer atau di luar ruangan membuat mata rentan mengalami masalah. Sebelum hal itu terjadi, pastikan kalian memasang lensa yang sesuai dengan kebutuhan mata kalian.

Baca Lebih Lanjut: Lensa Anti Embun: Tetap Nyaman Beraktivitas di Musim Hujan!

3.Kacamata Floella

Pemilik wajah bulat sering mengeluhkan tampilan wajah ketika mengenakan kacamata. Djava Optik memiliki satu kacamata yang bisa membuat wajah menjadi lebih tirus. Floella dengan bentuk kotak dan diameter frame tidak terlalu lebar akan menyamarkan lengkung pipi yang kentara sehingga wajah menjadi lebih terlihat tirus. Variasi warna frame ini tersedia dalam 3 warna yaitu abu, hitam dan coklat bening. Sayangnya untuk yang memiliki hidung mungil, kacamata dengan penyangga hidung yang menyatu dengan frame kurang direkomendasikan karena mudah melorot. Kelebihan kacamata ini ringan dan mudah dibawa ke manapun dan kapanpun. Kacamata akan lebih multifungsi jika dipasangkan dengan lensa yang sesuai dengan kebutuhan. Jika aktivitas Sobat Djava sering di depan komputer, pastikan memilih lensa yang memiliki fitur  anti blue light biar beraktivitas tetap nyaman.

Baca Lebih Lanjut: Begini Cara Merawat Kacamata Biar Tidak Cepat Rusak!

Kualitas tidur bisa terganggu jika Sobat Djava masih melakukan kebiasaan negatif seperti bermain gadget atau laptop sebelum tidur, begadang sampai pagi, atau sederet aktivitas lainnya. Secara tidak langsung, jika saat malam mata terus aktif dan terpapar blue light otomatis mata akan menjadi “on” dan sirkadian dalam tubuh terganggu. Maka,  jika tidak ingin kualitas tidur terganggu dan mata jadi  mengalami masalah serius, yuk terapkan gaya hidup sehat mulai saat  ini juga sehingga bisa meningkatkan kualitas tidur kita.

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jl. Nginden Semolo No. 101 Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249 (Store Manukan)

+62 851-7682-1720 (Store Nginden)

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×