• Home
  • Education
  • Kelainan Pupil Miosis? Yuk Kenali Penyebab dan Gejalanya!
Image

Kelainan Pupil Miosis? Yuk Kenali Penyebab dan Gejalanya!

Sobat Djava pasti sudah tidak asing dengan istilah pupil mata kan? Iya, itu loh lingkaran yang warnanya hitam yang ada di tengah mata kita. Namun, ada kelainan yang terjadi pada pupil mata seseorang sehingga menyebabkan  pupil jadi mengecil dan menyempit. Kondisi tersebut adalah kelainan yang sering diartikan sebagai Miosis. Kira-kira penyebabnya apa dan bagaimana ya, gejala pupil mata yang mengalami Miosis? Yuk, simak artikel ini sampai selesai agar mendapatkan keseluruhan informasinya, ya, Sobat Djava! ^^

Artikel Terkait: Miosis Mata: Penyebab dan Pengobatan

Apa Itu Kelainan Pupil Miosis?

Miosis mata kerap kali diartikan sebagai kelainan pada pupil mata yang ditandai dengan perubahan pupil yang kecil atau menyempit. Kondisi ini juga disebut miosis pupil. Kelainan miosis akan menyebabkan otot-otot iris (bagian berwarna pada mata) mengencang di sekitar pupil. Otot-otot ini mengontrol apakah pupil mata akan  membesar atau kecil. Nama lain dari miosis adalah pinpoint pupil.

Pupil Mata (Sumber: https://www.kasoemvisioncare.com/pupil-miosis/)

Bagian tengah gelap mata ( pupil ) lebih kecil dari yang seharusnya. Biasanya, pupil melebar dan berkontraksi untuk memungkinkan lebih sedikit atau lebih banyak cahaya yang masuk ke mata sesuai kebutuhan. Namun dengan miosis, ukuran pupil tetap hanya 2 milimeter atau bahkan bisa berkurang. Dalam kondisi tertentu memerlukan lebih banyak cahaya yang masuk ke mata untuk melihat secara optimal. Hal ini dapat mempengaruhi salah satu atau kedua mata.

Artikel Serupa: Apa itu Miosis

Penyebab Pupil Mengalami Miosis

Sobat Djava pasti bertanya,  apa sebenarnya penyebab kelainan pupil miosis? Miosis disebabkan oleh banyak faktor, ya. Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan pupil mengalami Miosis:

1. Faktor Usia
Pupil bayi yang baru lahir akan tetap kecil selama kurang lebih 2 minggu sehingga matanya mendapat perlindungan ekstra dari cahaya terang dan hal itu adalah normal. Pupil mata setiap orang akan cenderung mengecil seiring bertambahnya usia. Ini dikarenakan otot-otot yang bekerja pada pupil menjadi  lemah dan sulit membukanya. Kondisi demikian membuat mata lebih sulit melihat di malam hari.
2. Faktor Peradangan
Selain faktor usia, peradangan pada mata juga akan membuat pupil mengalami Miosis. Pembengkakan di dalam mata dapat membuat pupil mata  sulit membesar. Biasanya ini terjadi jika mata terluka atau karena suatu kondisi yang disebut uveitis, yaitu pembengkakan pada iris  dan jaringan di sekitarnya.
3. Faktor Efek Samping Obat

Kecemasan tertentu, kejang otot, dan obat kejang seperti diazepam (Valium) atau antihistamin seperti diphenhydramine (Benadryl) dapat membuat pupil mata jadi berubah mengecil. Begitu juga dengan narkotika, baik yang diresepkan maupun yang terlarang. Oleh karena itu, perhatikan dosis obat yang kalian konsumsi ya, Sobat Djava.

Baca Juga: Anisometropia: Amankah Perbedaan Refraksi Mata Kanan dan Kiri?

4. Faktor Gen

Faktor selanjutnya yang menjadi penyebab pupil mengalami Miosis adalah faktor genetik. Sobat Djava mendapatkannya ketika salah satu atau kedua orang tua kalian menurunkan gen bermasalah pada bagian mata. Ini bisa terjadi pada satu mata atau kedua mata.

5. Faktor Sindrom Horner
Kondisi langka ini mempengaruhi cara otak untuk  “berbicara” ke salah satu sisi wajah.Sindrom Horner mungkin tidak menimbulkan gejala lain, atau Sobat Djava mungkin mengalami masalah seperti di bawah ini:

  • Kelopak mata atas turun (ptosis)
  • Kelopak mata bagian bawah jadi sedikit terangkat
  • Warna mata lebih terang pada mata dengan miosis (heterochromia)
  • Lebih sedikit keringat  dengan mata miotik
6. Faktor Sakit Kepala Cluster

Faktor yang menyebabkan kelainan pupil Miosis adalah sakit kepala berlebihan. Sakit kepala ini muncul secara berkelompok sebelum akhirnya berhenti. Umumnya, gejala ini bisa terjadi hingga delapan sakit kepala dalam sehari, masing-masing berlangsung sekitar 30 menit. Seperti sindrom Horner, miosis dan terkulai dapat mempengaruhi satu sisi wajah kalian, Sobat Djava.

Artikel Serupa: Pinpoint Pupil (Miosis): Penyebab, Gejala, Diagnosis, Pengobatan

Tanda Dan Gejala Pupil Miosis

Pupil yang mengalami Moisis dapat ditandai dengan hal-hal di bawah ini. Jika Sobat Djava mengalami Miosis akibat dari konsumsi obat-obatan analgesik opioid, gejala yang ditunjukkan dapat berupa:

  • Mual dan muntah.
  • Kesulitan untuk bernapas.
  • Mudah merasa mengantuk.
  • Sering mengigau saat tertidur.
  • Cenderung bingung dan tidak dapat fokus saat sedang berativitas yang membutuhkan fokus mata.

Namun,apabila Miosis disebabkan oleh pendarahan intraserebral, gejalanya bisa meliputi sakit kepala yang intens, mual dan muntah bahkan untuk kondisi yang parah akan hilang kesadaran. Adapun pinpoint pupil yang berkembang karena sindrom Horner, mungkin gejalanya termasuk kelopak mata turun dan menyebabkan keringat berkurang di salah satu sisi wajah (pada bayi, salah satu irisnya bisa jadi akan terlihat lebih terang).

Anterior uveitis yang menyebabkan pinpoint pupil mungkin akan memperlihatkan gejala mata kemerahan, penglihatan menjadi tampak kabur, atau mata menjadi lebih sensitif terhadap cahaya.

Sedangkan  pinpoint pupil dikaitkan dengan keracunan zat kimia seperti insektisida, gejala yang mungkin dialami adalah buang air kecil berlebihan, buang air besar, muntah, dan keluar liur.

Baca Juga: Lazy Eyes: Yuk Kenali Gejala Mata Malas (Amblyopia)

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Nginden Semolo No. 101 Kavling 12 Surabaya

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu

Djava Optik Nginden Pukul 08.00 s/d 22.00 WIB

Djava Optik Manukan Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7682-1720 (Store Nginden)

+62 851-7318-5249 (Store Manukan)

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×