• Home
  • Education
  • Ketahui Milik Anda! Ini 10 Macam Bentuk Mata Manusia
Image

Ketahui Milik Anda! Ini 10 Macam Bentuk Mata Manusia

Tahukah Sobat Djava kalau ternyata mata manusia itu bermacam-macam bentuknya?  Mata adalah salah satu fitur wajah yang menjadi pusat perhatian karena bentuknya yang unik dan menarik menjadi ciri khas seseorang. Tidak semua orang menyadari dan mengetahui bentuk mata yang dimiliki. Buat Sobat Djava yang belum tahu bentuk matanya, wajib simak artikel ini sampai selesai agar mendapatkan keseluruhan insight-nya! ^^

Artikel Terkait: Bentuk Mata Setiap Manusia Ada 10, Kamu Yang Mana? 

Sekilas Tentang Bentuk Mata

Setiap orang memiliki bentuk mata yang unik dan berbeda satu dengan yang lain. Kondisi tersebut  dipengaruhi oleh faktor genetik dan struktur wajah. Bentuk mata memiliki peran vital dalam menentukan estetika wajah selain itu  juga untuk mendapatkan kondisi kesehatan tertentu.

Misalnya adalah mata ptosis, yaitu sebuah kondisi di mana kelopak mata atas yang cenderung melengkung turun, yang dapat mengganggu penglihatan dan memberikan kesan tampilan yang selalu lelah padahal tidak sedang lelah. Dengan memahami bentuk mata, maka Sobat Djava bisa lebih baik dalam merawat kesehatan mata dan mempertimbangkan opsi estetika yang tepat menurut kalian.

Baca Lebih Lanjut: 10 Macam Macam Bentuk Mata beserta Cara Mengenalinya

Bentuk-Bentuk Mata Manusia

Ada banyak bentuk mata manusia. Bentuk mata antara individu satu dan lainnya tidak ada yang persis sama. Setiap orang memiliki bentuk mata yang bervariasi. Berikut adalah bentuk-bentuk mata yang dapat Sobat Djava ketahui:

Sumber: https://id.pinterest.com/pin/323977766962410116/

1.Round Eyes

Salah satu bentuk mata yang umum dimiliki oleh banyak orang adalah Round Eyes. Ciri khas atau karakteristik bentuk mata ini adalah jarak yang jelas antara mata dan lipatan kelopak. Saat menatap lurus ke depan, bagian putih di atas dan di bawah iris mata akan terlihat. Ciri-ciri lainnya ditandai dengan adanya lipatan kelopak mata yang terlihat jelas saat mata terbuka.

2.Hooded Eyes

Mata bentuk Hooded Eyes ditandai dengan penampakan alis yang cukup menonjol dan mata yang terlihat lebih ke dalam. Bentuk mata ini umumnya disebabkan oleh faktor genetik atau penuaan sehingga menyebabkan berkurangnya ruang untuk kelopak mata.

Baca Juga: Model Kacamata Terbaik Untuk Wajah Kecil dan Mungil

3.Monoloid Eyes

Monolid Eyes adalah bentuk mata yang paling sering ditemui pada individu yang berasal dari wilayah Asia, Jepang, dan Tiongkok. Ciri khas utama dari bentuk mata ini adalah tidak adanya lipatan yang terlihat pada kedua kelopak mata.

4. Double Eyelid

Mata bentuk ini memiliki lipatan kelopak mata yang terlihat dengan sangat jelas, yang mana kelopak tersebut membentuk kelopak mata ganda. Bentuk ini memberikan kesan mata yang lebih terbuka dan jauh lebih memberi kesan yang ekspresif. Bentuk mata satu ini sangat populer di masyarakat Korea Selatan. Buat Sobat Djava pecinta drakor pasti sudah tidak asing dengan hal ini.

5. Wide-Set Eyes

Wide-Set Eyes atau bisa juga disebut dengan mata yang berjauhan memiliki ciri khas dengan jarak antara kedua mata yang cukup lebar. Biasanya, jarak antara kedua mata bisa jauh lebih besar dari ukuran satu mata.

Baca Juga: Bingung! Pengguna Baru Kacamata Harus Pakai Frame Yang Model Apa?

6.Almond Eyes

Bentuk mata Almond Eyes menyerupai kacang almond, dengan sudut dalam dan luar yang mengecil. Bentuk mata ini sering dianggap sebagai salah satu bentuk mata yang ideal karena keseimbangannya dengan struktur wajah.

7.Close-Set Eyes

Jenis mata ini adalah kebalikan dari Wide Set Eyes. Jika Wide Set Eyes adalah jarak mata yang berjauhan, maka jenis mata  ini kebalikannya.  Jika jarak antara mata pada bentuk Wide-Set lebih besar dari ukuran satu mata, maka jarak pada bentuk Close-Set kurang dari satu mata, sehingga terlihat lebih dekat.

8.Protruding Eyes

Mata menonjol atau Protruding Eyes adalah bentuk mata  yang unik.Karakteristik dari bentuk mata ini adalah bola mata yang berukuran cukup besar dan menonjol pada  bagian kelopak matanya.

Baca Lebih Lanjut: Dry Eye: Ketahui Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi

9.Upturned Eyes

Bentuk mata Upturned Eyes  yang ditandai dengan sudut luar yang sedikit mengarah ke atas. Bentuk mata ini sering kali disebutdengan bentuk mata kucing karena pada bagian ujungnya lancip.

10.Downturned Eyes

Selain Upturned Eyes, terdapat juga bentuk mata Downturned Eyes. Kedua bentuk mata ini saling kontras. Jika bentuk mata kucing cenderung lancip ke atas, maka untuk  Downturned Eyes memiliki sudut luar yang cenderung mengarah ke bawah. Beberapa orang menyebut seringkali bentuk mata ini sebagai mata sayu.

Bagaimana Cara Mengenali Bentuk Mata?

Mengetahui bentuk mata dapat menjadi langkah awal dalam merawatnya dan membuat kita semakin menyadari bahwa setiap bentuk mata itu indah dan juga unik. Jika Sobat Djava  sudah  memiliki cukup pemahaman mengenai bentuk-bentuk mata, maka  3 cara berikut ini yang bisa dilakukan untuk mengenali bentuk mata kalian:

1. Cermin dan Pencahayaan

Langkah awal yang mudah dilakukan adalah menggunakan cermin dengan pencahayaan yang terang. Pilih cermin dengan pencahayaan alami dan pastikan hindari pencahayaan yang remang-remang agar tidak menimbulkan bayangan mengganggu. Duduklah di depan cermin dan perhatikan mata Sobat Djava dengan seksama, lalu amati bentuk kelopak mata, sudut mata, dan keseluruhan struktur mata sehingga kalian bisa mengidentifikasi bentuk mata Sobat Djava.

Baca Juga: Koleksi Kacamata Djava Optik Yang Wajib Kamu Miliki

2. Cari Lipatan Mata yang Tampak

Selanjutnya yang bisa Sobat Djava lakukan adalah mencari lipatan mata yang terlihat untuk mengindentifikasi bentuk mata. Perhatikan apakah terdapat lipatan di kelopak mata atas ketika mata Sobat Djava terbuka atau justru tertutup. Lipatan yang jelas menunjukkan double eyelid, sementara jika tidak terdapar lipatan menunjukkan mata bentuk monolid. Sementara itu, apabila lipatan menutupi seluruh atau sebagian besar kelopak mata, maka bentuk mata  hooded eyes.

3. Gambar Garis di Sepanjang Mata

Apabila mata Sobat Djava tidak termasuk monolid atau hooded eyes, Sobat Djava bisa menggambar garis yang tak kasat mata lurus di mata dengan pupil di tengah. Jika hal itu sudah dilakukan, Sobat Djava dapat mengamati apakah sudut luar mata berada di atas atau di bawah garis. Apabila sudut berada di atas garis, itu berarti Sobat Djava memiliki bentuk mata upturned eyes, sedangkan jika berada di bawah garis disebut downturned eyes.

Artikel Serupa: Unik, Ini 10 Bentuk-bentuk Mata Orang di Dunia Pada Umumnya

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat  Offline Store Djava Optik:

Jl. Nginden Semolo No. 101 Kavling 12 Surabaya

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu

Djava Optik Nginden Pukul 08.00 s/d 22.00 WIB

Djava Optik Manukan Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Offline Store Djava Optik:

+62 851-7682-1720 (Store Nginden)

+62 851-7318-5249 (Store Manukan)

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×