Image

Lakukan Hal Ini Agar Mata Kalian Tidak Minus

Mengalami gangguan mata minus alias rabun jauh itu sangat tidak nyaman. Bagi yang sudah atau sedang mengalami gangguan jenis ini pasti bisa relate. Terlebih  jika ukuran minusnya tinggi dan mengharuskan menggunakan kacamata dengan lensa tebal yang tidak hanya berat, tapi membuat mata lelah jika beraktivitas seharian. Buat Sobat Djava yang mengalami kondisi ini, harap tetap memakai kacamata sekecil apapun minusnya biar minus tersebut tidak bertambah.

Lalu, untuk yang mata normal dan tidak ingin mengalami hal serupa apa saja yang harus dilakukan? Lakukan hal ini agar mata kalian tidak minus. Simak penjelasannya sampai akhir ya, Sobat Djava. Happy reading! 

Baca Lebih Lanjut: Mata Minus Bisa Disembuhkan: Mitos atau Fakta?

Faktor Penyebab Mata Minus

Sebelum membahas cara mencegah mata minus, ada baiknya Sobat Djava mengetahui penyebab mata minus biar kalian bisa menghindari hal-hal tersebut. Banyak faktor yang menyebabkan mata seseorang menjadi mengalami gangguan ketika digunakan untuk melihat jarak jauh. Di bawah ini adalah beberapa faktor dan kebiasaan yang menyebabkan mata menjadi minus. Kenali penyebab lebih dini untuk meminimalisir risiko terkena mata minus!

1.Membaca Dengan Jarak Terlalu Dekat

Siapa nih yang suka membaca buku dengan jarak yang terlalu dekat? Atau membaca chat dengan jarak yang dekat banget sampai mata jadi sakit? Hampir semua dari kita pasti pernah melakukan hal ini. Disadari atau tidak, kebiasaan yang satu ini memang sering kita lakukan baik itu sengaja atau tidak. Nah, mulai sekarang kebiasaan ini perlu diubah ya, Sobat Djava.

Baca Juga: Sindrom Era Digital: Begini Cara Atasi Ketegangan Mata!

Membaca buku adalah kebiasaan yang baik. Namun, membaca buku dengan jarak terlalu dekat akan membuat mata menjadi cepat lelah. Kalau kebiasaan ini dilakukan secara terus-menerus mengakibatkan mata akan menjadi minus. Kalau kalian yang sebelumnya sudah minus tapi tetap melakukan kebiasaan ini tentu saja kemungkinan minus menjadi bertambah.

2.Terlalu Lama di Depan Layar Digital

Aktivitas kita di masa sekarang sudah tidak lepas dari peran teknologi digital. Di satu sisi, ini adalah hal positif karena bisa memudahkan pekerjaan. Namun, pernahkah kalian menyadari berapa lama waktu yang sudah kita habiskan dengan berselancar atau menatap layar digital, entah itu hp atau komputer? Apakah cukup satu atau dua jam saja? Pasti lebih dari itu. Terlalu lama menatap layar digital menjadi salah satu hal yang sangat mempengaruhi mata. Terlebih lagi mata dituntut untuk fokus menghadap layar dalam jangka waktu lama akan membuat mata menjadi lelah dan kering. Hal ini apabila dilakukan secara berlebihan akan berpotensi membuat mata menjadi minus.Oleh karena itu, lindungi mata dengan kacamata yang memiliki fitur anti sinar biru sehingga mata akan terlindungi dengan baik.

Baca Juga: Era Sindrom Digital: Begini Cara Atasi Ketegangan Mata!

3.Kurang Minum Air Putih

Mungkin ini terdengar aneh. Tapi, penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi yang akut membuat mata juga kehilangan banyak cairan. Ketika Sobat Djava sibuk beraktivitas dengan berbagai rutinitas yang banyak, terkadang lupa untuk berhenti sejenak minum air putih. Apalagi di cuaca yang panas seperti saat ini, kebanyakan dari kita lebih banyak minum es atau sejenisnya. Mulai saat ini, terapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang akan memberikan dampak baik bagi mata kita agar terhindar dari dampak negatif.

4.Bekerja di Ruangan yang Redup

Siapa nih yang sering bekerja, nonton, atau baca di ruangan yang minim banget pencahayaannya? Hati-hati ya, Sobat Djava. Melakukan kegiatan dengan pencahayaan kurang atau redup akan membahayakan mata bila dilakukan secara terus menerus. Karena kurang cahaya yang masuk ke mata akan membuat mata tenggelam dengan bekerja duakali lebih keras untuk mencapai fokusnya. Jika tidak ingin mata menjadi minus, atau minus menjadi bertambah, yuk atur pencahayaan yang ideal mulai dari sekarang!

Baca Juga: Konsumsi Makanan Sehat: Tips Menjaga Kesehatan Mata!

Cara Mencegah Mata Minus

Mata minus bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Berikut adalah hal-hal yang bisa dilakukan agar Sobat Djava dapat terhindar atau setidaknya bisa meminimalisir risiko tingginya tingkat terkena mata minus.

1.Membaca Atau Menonton Jangan Terlalu Dekat

Salah satu faktor yang menyebabkan mata menjadi minus adalah membaca atau menonton terlalu dekat dan dalam durasi yang relatif lama. Ketika mata terlalu lama terpapar radiasi dari sinar biru perangkat digital mata akan cepat kering dan lelah. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus, maka risiko gangguan minus tidak terhindarkan. Jadi,  apabila Sobat Djava ingin mata tetap sehat harap perhatikan durasi menonton dan pastikan tentukan jarak ideal mata dengan objek yang dibaca/ditonton, ya.

2.Gunakan Perlindungan Mata

Ketika beraktivitas terutama di depan layar digital, sebagian orang lupa bahwa mata tidak memiliki perlindungan secara alami untuk meredam bahaya radiasi sinar biru. Oleh karena itu, akhirnya banyak orang yang mengalami gangguan mata minus atau silinder ketika berlama-lama menatap laptop atau ponsel. Nah, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi maka ketika  kalian sedang beraktivitas yang akan membutuhkan fokus mata dalam durasi yang lama, pastikan mata kalian  diberikan perlindungan  dengan mengenakan kacamata yang menggunakan lensa yang ada anti radiasi sinar biru. Hal ini bertujuan agar mata kalian lebih terjaga dan terhindar dari bahaya yang mengancam seperti minus dan silinder.

Baca Lebih Lanjut: Mata Lelah? Ini Tips Untuk Menjaga Mata Biar Fresh Seharian Di Depan Laptop!

3.Konsumsi Makanan Bergizi

Selain diberikan perlindungan dari luar, mata juga perlu dilindungi dari dalam. Caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan bergizi dan memiliki kandungan vitamin yang baik untuk mata, misalnya wortel. Pola hidup yang sehat akan membantu menciptakan metabolisme tubuh yang sehat dan secara tidak langsung seluruh organ tubuh  juga akan bekerja dengan baik. Jadi,  mulai perhatikan makanan atau minuman yang kalian konsumsi ya, Sobat Djava.

Ada banyak hal yang bisa Sobat Djava lakukan untuk mencegah mata minus. Dalam hal ini pasti kita semua setuju jika mencegah lebih baik daripada mengobati. Namun, bagaimana jika sudah terlanjur mengalami mata minus? Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan konsultasi kepada dokter atau optik untuk mendeteksi ukuran minus sehingga akan berikan solusi terbaik sesuai dengan keluhan yang Sobat Djava alami.

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jl. Nginden Semolo No. 101 Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249 (Store Manukan)

+62 851-7682-1720 (Store Nginden)

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×