• Home
  • Education
  • Mata Lelah? Ini Tips Untuk Menjaga Mata Biar Fresh Seharian Di Depan Laptop!
Image

Mata Lelah? Ini Tips Untuk Menjaga Mata Biar Fresh Seharian Di Depan Laptop!

 

 

Gunakan kacamata dari Djava Optik sebagai perlindungan

 

Seharian beraktivitas di depan layar laptop sudah pasti membuat mata tegang dan juga lelah. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya, akibat terlalu fokus menatap layar dan konsentrasi membuat seseorang jarang atau bahkan lupa berkedip selama beberapa waktu. Padahal, kurangnya intensitas dalam berkedip bisa mengakibatkan produktivitas air mata menjadi menurun. Dan apabila ini dibiarkan, lama-lama mata akan menjadi kering dan menjadi mudah lelah.

Sobat Djava yang kesehariannya tidak lepas dari penggunaan laptop pasti menginginkan mata biar tetap sehat, kan? Untuk mendapatkan hal ini, ada beberapa faktor yang juga habit yang mesti kalian perhatikan agar mata terhindar dari mata lelah. Menjaga mata biar fresh itu sangat dianjurkan. Simak artikel di bawah ini untuk tahu lebih detail mengenai mata lelah. Happy reading! ^^

Artikel Serupa: Gejala Mata Lelah dan Penanganannya

Apa Itu Mata Lelah?

Mata lelah atau dalam istilah medis disebut astenopia adalah kondisi ketika mata mengalami kelelahan yang disebabkan oleh aktivitas yang membuat mata yang bekerja secara secara terus-menerus.  Aktivitas sehari-hari yang kita lakukan, misalnya: membaca, bekerja di depan  layar laptop atau komputer, dan juga melakukan perjalanan jauh dalam waktu yang relatif lama adalah beberapa contoh kegiatan yang memiliki risiko penyebab mata kelelahan. Karena beberapa aktivitas tersebut memerlukan konsentrasi dan kondisi mata yang fokus, sehingga rentan membuat mata jadi lelah. 

Mata lelah umumnya adalah kumpulan gejala gangguan mata, ini artinya mata lelah bukan sebuah penyakit mata tertentu. Biasanya, hal ini bisa dengan cepat ditangani jika Sobat Djava mengistirahatkan mata dengan cukup dan menghindari  kebiasaan buruk seperti menatap layar gawai atau laptop tanpa menerapkan aturan 20-20-20, atau minim berkedip. Pencegahan umum di rumah, tempat kerja, dan di luar ruangan dapat membantu mengurangi kelelahan mata. Di era yang lekat dengan banyaknya aktivitas digital setiap harinya, Astenopia sangat umum terjadi kepada siapa saja mulai dari remaja sampai orang dewasa. Terutama kalau Sobat Djava banyak menghabiskan lebih dari dua jam di depan layar komputer, umumnya gejala itu akan lebih mudah muncul.

Baca Juga: Must To Know: Mata Merah, Penyebab dan Cara Mengobati

Kebiasaan Buruk  Penyebab Mata Lelah

Mata lelah terjadi bukan tanpa sebab. Faktor utama yang membuat mata jadi cepat lelah adalah gaya atau kebiasaan negatif yang secara sadar atau tidak sering kita lakukan. Siapa yang pernah membaca dengan jarak yang sangat dekat? Atau yang pekerjaan sehari-harinya ada di depan komputer dan jadi jarang berkedip saking konsentrasinya? Nah, dua contoh tersebut kalau dilakukan secara terus menerus akan membuat mata cepat kering dan akhirnya mata jadi lelah, loh, Sobat Djava. Lalu apa lagi kebiasaan buruk lainnya yang mesti dihindari biar mata tidak lelah?

1.Menonton atau membaca di ruangan yang redup

Siapa nih yang hobi banget menonton atau membaca di ruangan yang kurang cukup pencahayaannya? Hal ini sering kali disepelekan oleh sebagian dari kita, padahal kalau dilakukan terus menerus efeknya bisa menjadi cukup serius. Pada awalnya mata akan berisiko jadi mudah lelah, dan dampak buruknya kalau kebiasaan ini diteruskan mata bisa menjadi berisiko tinggi terkena minus, loh, Sobat Djava. Kalau tidak ingin ini terjadi, harap perhatikan pencahayaan perangkat digital yang kita gunakan dan juga ruangan agar pencahayaannya cukup, ya.

Baca Juga: Sindrom Era Digital: Begini Cara Atasi Ketegangan Mata!

2.Membaca dengan jarak yang dekat

Hobi membaca buku adalah suatu yang positif. Namun, sebagian orang seringkali lalai sehingga kurang mengatur jarak ideal antara mata dengan buku/ perangkat digital lain seperti membaca di laptop, hp, atau tablet. Hal ini mengakibatkan mata cepat lelah dan risiko untuk terkena minus jadi semakin tinggi. Jadi, kalau Sobat Djava tidak ingin mata jadi mudah lelah dan punya risiko minus, harap perhatikan durasi dan jarak aman antara mata dengan buku ketika sedang membaca, ya.

Baca Juga: Minus Tinggi? Pilihlah Model Frame Kacamata Yang Sesuai

3.Menatap layar digital terlalu lama

Di era penggunaan perangkat digital yang masif, hampir setiap hari kita tidak lepas dengan gadget, laptop, atau tablet. Sayangnya, karena begitu padatnya aktivitas digital membuat mata kita jadi harus berlama-lama menatap layar digital. Padahal, terlalu sering terpapar radiasi sinar biru bisa berdampak negatif bagi kesehatan mata loh, Sobat Djava. Jadi, apa yang bisa dilakukan biar mata tetap aman? Beberapa hal sederhana seperti atur jarak pandangan dengan layar, sering berkedip dan juga kenakan kacamata yang punya lapisan lensa anti sinar biru.

Cara Mengatasi Mata Lelah

Beberapa rutinitas terkadang tak terhindarkan sehingga mata kita sering merasa lelah. Namun, meski demikian bukan berarti mata lelah tidak bisa diminimalisir ya, Sobat. Jadi, apa yang bisa dilakukan biar mata tetap fresh meskipun harus beraktivitas di depan layar monitor selama berjam-jam?

1. Terapkan Aturan 20-20-20

Sobat Djava memiliki pekerjaan yang menuntut untuk selalu berhadapan dengan layar digital, baik itu hp, laptop atau layar komputer? Terkadang banyaknya tugas yang mesti dilakukan membuat mata jadi terlalu fokus karena berkonsentrasi. Meski demikian, tetap pastikan mata kalian rileks dengan menerapkan aturan 20-20-20. Hal ini berarti setiap 20 menit, alihkan pandangan dari layar dan fokus pada objek sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.Fungsinya adalah agar  mata yang lelah dan terlalu tegang jadi rileks.  Menjaga mata biar tetap fresh itu perlu. Agar  maksimal, lebih baik untuk istirahat berbaring di tempat tidur dengan meregangkan kaki, leher, dan punggung.

2.Gunakan Obat Tetes

Mata lelah berawal dari mata yang terlalu kering karena produksi air mata terganggu. Air mata buatan yang dijual bebas dapat membantu mencegah dan meredakan mata lelah dan kering. Bahkan ini bisa diteteskan saat mata tak terasa kering sekalipun.  Dalam hal ini, pilihlah obat tetes mata tanpa bahan pengawet yang lebih aman untuk kesehatan mata. Biar tetap aman, konsultasikan dengan dokter mata untuk memilih obat tetes mata terbaik, ya.

3.Gunakan Kacamata Anti Sinar Biru

Menjaga mata biar fresh itu penting. Menggunakan kacamata dengan lensa yang sesuai akan membantu mata agar tetap aman dari pancaran UV  atau pun sinar biru dari perangkat digital. Karena sinar biru tidak langsung masuk ke mata melainkan teredam oleh lensa kacamata, ini bisa meminimalisir blue light yang masuk, sehingga kemungkinan mata jadi mudah lelah bisa lebih diminimalisir.

Baca Juga: 7+ Cara Mengatasi Mata Lelah, Coba Kompres Pakai Kantong Teh!

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jl. Nginden Semolo No. 101 Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249 (Store Manukan)

+62 851-7682-1720 (Store Nginden)

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×