• Home
  • Education
  • Pertama Kali Pakai Softlens? Ini Tips Memilih Softlens Yang Benar
Image

Pertama Kali Pakai Softlens? Ini Tips Memilih Softlens Yang Benar

Kalian tim yang suka pakai kacamata atau menggunakan softlens, nih, Sobat? Beberapa orang lebih memilih mengenakan soft lens agar tampak stylish dan juga minimalis. Bukan berarti kacamata tidak bagus digunakan, ya. Hal ini sesuai dengan selera dan juga kebutuhan setiap orang yang berbeda-beda. Lalu apa sih  yang membuat orang akhirnya lebih memilih menggunakan soft lens dibandingkan dengan menggunakan kacamata? Simak artikel ini sampai selesai untuk mendapat tips memilih softlens yang  benar, Sobat Djava ^^

Baca Juga: Softlens atau Kacamata, Mana yang Lebih Aman?

Kelebihan Softlens Dibandingkan Dengan Kacamata

Beberapa orang kurang suka menggunakan kacamata meskipun mereka memiliki gangguan penglihatan, seperti mata minus. Oleh karena itu, sebagai opsi lain, lensa kontak bisa dijadikan pilihan. Berikut adalah kelebihan lensa kontak dibandingkan dengan kacamata:

1.Praktis dan Efisien

Selain itu, orang-orang lebih menyukai lensa kontak dibandingkan dengan kacamata karena tampilan softlens yang lebih praktis dan tetap bisa tampil stylish tanpa kentara jika mata mengalami gangguan penglihatan.

Baca Juga: Softlens atau Kacamata, Mana yang Lebih Aman?

2.Soft Lens Lebih Variatif

Frame kacamata memang banyak model dan bentuk yang bisa dipilih, tapi soft lens tidak kalah variatifnya loh, Sobat. Ada banyak diameter, motif dan juga corak soft lens yang tentunya akan membuat mata tampak cantik dan juga memperindah penampilan.

3.Bebas Beraktivitas

Menggunakan kacamata bagi sebagian orang bisa cukup mengganggu kenyamanan terutama jika memiliki banyak aktivitas di luar ruangan. Risiko kacamata terjatuh atau terlepas sangat mungkin terjadi. Namun, jika menggunakan soft lens hal demikian sangat minim terjadi karena soft lens melekat pada permukaan mata sehingga tidak mudah terlepas.

Artikel Serupa: Kacamata VS Softlens, Ini Kelebihan dan Kekurangan Keduanya yang Perlu Kamu Tahu

Cara Menentukan Soft Lens Yang Tepat

Sama halnya dengan memilih kacamata. Menentukan softlens yang tepat juga tidak boleh asal-asalan ya, Sobat Djava. Berikut adalah hal-hal yang harus kalian pertimbangkan dan perhatikan sebelum memutuskan untuk mengenakan lensa kontak. Simak tips memilih softlens di bawah ini, ya.

1.Ketahui Kebutuhan Mata

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah kebutuhan mata. Sebelum memutuskan untuk mengenakan soft lens perlu diketahui terlebih dahulu apakah  mata Sobat Djava normal, minus atau silinder? Jika ternyata hasil pemeriksaan menunjukkan adanya gejala gangguan mata seperti minus, maka pilihlah soft lens dengan ukuran minus yang sesuai dengan mata kalian ya, Sobat. Dengan menyesuaikan ukuran, softlens yang kalian gunakan akan lebih melindungi dan membantu penglihatan kalian.

2.Perhatikan Diameter Soft Lens

Sama halnya seperti kacamata yang tidak selalu pas di semua wajah, soft lens juga demikian ya, Sobat. Memperhatikan diameter soft lens akan membantu kalian mendapatkan softlens yang tidak hanya membantu penglihatan, tapi juga softlens yang nyaman digunakan untuk beraktivitas. Bayangkan jika hal ini tidak diperhatikan, maka bisa jadi softlens akan terlalu besar atau kekecilan sehingga tidak nyaman bahkan mengganjal di mata kalian. Tentunya kalian tidak mau hal ini terjadi, kan? Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan diameter softlens agar tepat digunakan pada mata kalian, ya.

Artikel Serupa: Tips Memilih Softlens untuk Pemula

3.Bahan Soft Lens

Yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan saat membeli softlens adalah bahan. Hal ini harus diperhatikan karena softlens menempel tepat di permukaan mata, sehingga sangat dianjurkan untuk memilih bahan yang tidak hanya nyaman, tapi juga aman. Jangan tergiur dengan harga murah, namun perhatikan kualitas agar softlens yang kalian gunakan tidak akan menimbulkan infeksi di mata kalian ya, Sobat Djava.

4.Tekstur Soft Lens

Umumnya softlens  terbagi menjadi dua tekstur, yaitu kontak lensa lunak (soft lense) dan kontak lensa kaku (rigid lense). Sebagian besar orang lebih suka menggunakan kontak lensa lunak karena bersifat fleksibel dan nyaman untuk mata. Selain itu, softlens juga lebih aman digunakan untuk pemula yang baru belajar mengenakan softlens. Sementara rigid lense bersifat permeabel gas dan menambah efek ketajaman pada mata. Rigid lense juga memiliki usia pakai lebih lama serta harganya cenderung lebih murah dibandingkan dengan softlens lunak.

Baca Lebih Lanjut: Yang Harus Sobat Djava Lakukan Biar Mata Tetap Sehat!

5. Warna Soft Lens

Sobat Djava dapat memilih warna kontak lensa sesuai selera dan kebutuhan, namun disarankan pilih warna yang tidak terlalu mencolok untuk penggunaan pertama sehingga akan terkesan natural. Sebaiknya memilih warna cokelat gelap atau mungkin warna bening. Awalnya Sobat Djava harus belajar menggunakan softlens dengan benar. Lalu, mengetes apakah softlens tersebut nyaman atau tidak. Setelah merasa nyaman, Sobat Djava dapat membeli softlens yang sama dengan warna berbeda.

6.Waktu Pemakaian Soft Lens

Sebelum memutuskan untuk membeli soft lens yang perlu diperhatikan adalah masa expired atau masa kadaluwarsa. Karena mata sangat sensitif, maka pastikan softlens yang kalian pilih itu masih aman dan layak digunakan sehingga tidak membahayakan kesehatan  mata kalian. Selain itu, durasi dalam mengenakan softlens juga harus diperhatikan. Terlalu lama menggunakan softlens bisa memicu mata lelah, berair bahkan mata merah.

Artikel Terkait: 11 Cara Memilih Softlens dengan Tepat (Jangan Salah Pilih!)

Cara Memakai Soft Lens Yang Benar

Beberapa orang takut untuk menggunakan softlens karena belum terbiasa. Nah, untuk pemula, ada beberapa tips dan trik yang bisa kalian coba. Berikut cara yang bisa kalian lakukan, jika masih ragu atau khawatir harap minta bantuan yang sudah ahli biar tetap aman ya, Sobat. Bagi yang sudah pernah menggunakan, atau ingin belajar secara mandiri bisa mengikuti cara di bawah ini.

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memasang softlens adalah dengan mencuci tangan. Pastikan tangan bersih dari noda dan kotoran karena tangan akan bersentuhan langsung dengan permukaan softlens. Setelah itu keringkan tangan dengan handuk atau kain bersih sebelum mengambil softlens dari tempatnya. Ambil softlens secara perlahan dengan menggunakan jari telunjuk, dan gunakan jari tangan yang lain untuk membuka kelopak mata. Arahkan pandangan ke atas dan pasang softlens tepat di bola mata, lalu kedipkan mata secara perlahan agar lensa terpasang dengan pas di mata.

Baca Juga: 7 Cara Memakai Softlens yang Baik dan Benar

Djava Optik menyediakan berbagai jenis dan ukuran softlens. Jika Sobat Djava kurang suka mengenakan kacamata, softlens bisa menjadi opsi terbaik yang bisa dipilih agar tetap bisa tampil stylish tapi penglihatan tetap terjaga. Sobat Djava juga berkesempatan untuk konsultasi secara gratis dan mendapat tips memilih softlens. Kalian bisa melakukan pembelian via daring atau datang langsung ke cabang Djava Optik terdekat dengan rumah kalian.

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jl. Nginden Semolo No. 101 Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249 (Store Manukan)

+62 851-7682-1720 (Store Nginden)

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×