• Home
  • Education
  • Puffy Eyes: Begini Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam Pada Mata
Image

Puffy Eyes: Begini Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam Pada Mata

Lingkaran mata sering kali membuat tampilan mata kita jadi terlihat kurang menarik. Selain membuat tampilan mata tampak lebih tua, lelah, dan juga tidak segar meskipun sebenarnya kita sudah istirahat dengan cukup. Jika Sobat Djava mengalami hal ini, ada cara menghilangkan mata panda yang dapat dicoba lakukan di rumah, mulai dari penggunaan kompres hingga bahan-bahan alami lainnya.

Artikel Terkait: 8 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Mudah di Rumah

Apa Itu Puffy Eyes?

Mata panda adalah istilah yang biasanya digunakan untuk menunjukkan munculnya lingkaran hitam di kulit sekitar mata. Selain itu, ada istilah lain yaitu puffy eyes yang mana kondisi ini biasanya muncul disertai mata bengkak atau sembap. Mata panda umumnya tidak berbahaya dan hanya bersifat sementara. Meski tidak berbahaya, ini cukup membuat penampilan jadi kurang fresh karena akan membuat wajah tampak lelah, bahkan terlihat jadi lebih tua.  Biar bisa terhindar dari hal ini, yuk ketahui penyebab dan cara menanganinya biar terhindar dari hal ini, ya.

Artikel Serupa: 8 Cara Mengurangi Mata Panda Secara Alami dan Aman

Mata Panda bisa disebabkan karena kebiasaan buruk seperti begadang atau bisa juga karena faktor genetika.

Penyebab Mata Panda

Munculnya lingkaran hitam di sekitar mata atau biasa disebut mata panda terjadi karena berbagai faktor. Mulai dari faktor genetik sampai dengan kebiasaan buruk yang dilakukan ternyata mengakibatkan lingkaran mata menghitam. Kira-kira apa saja sih penyebabnya?

1.Kurang Tidur

Siapa nih yang hobinya begadang sampai larut malam? Kalau tidak dalam kondisi urgen, ada baiknya kebiasaan satu ini di hindari ya, Sobat Djava. Karena kurang tidur tidak hanya akan berdampak negatif pada metabolisme tubuh, tapi kurang tidur bisa menyebabkan kulit tampak kusam, termasuk di bawah mata. Kondisi ini juga membuat terbentuknya kantung di bawah mata dan dapat memberikan bayangan lingkaran hitam, seperti mata panda.

Baca Juga: Pemeriksaan Mata dan Screening Mata Apakah Sama?

2.Penuaan

Selain kurang tidur, mata panda juga bisa terjadi karena penambahan usia. Seiring bertambahnya usia, kolagen di kulit akan mengalami penipisan. Kondisi ini membuat pembuluh darah di bagian bawahnya semakin kentara, serta area di bawah mata tampak menjadi lebih gelap.

3.Alergi

Mata panda juga bisa disebabkan oleh alergi. Ketika terkena alergi, tubuh akan  melepaskan zat kimia yang disebut histamin. Histamin adalah sejenis zat yang muncul ketika tubuh mengalami alergi, ini berasal dari sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini bisa membuat pembuluh darah melebar dan bagian bawah mata terlihat menjadi lebih hitam dan  gelap.

Baca Juga: Sobat Djava Wajib Tahu: Kenali Masalah Mata Yang Umum Terjadi!

5.Cidera

Kecelakaan karena cedera atau trauma di dekat mata bisa menyebabkan mata menjadi memar dan membentuk lingkaran hitam di sekitar mata. Bekas memar biasanya ada yang langsung hilang ketika sudah membaik, ada juga yang meninggalkan bekas. Selain itu, kondisi sejenis ini juga bisa muncul karena efek samping operasi kosmetik wajah, gigi, atau sinus.

6.Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi atau terbentuknya bercak kulit yang lebih gelap bisa muncul di berbagai bagian tubuh, termasuk kulit area mata. Kondisi ini bisa dipengaruhi paparan sinar matahari berlebihan, hormon, dll. Hiperpigmentasi ditandai dengan munculnya bercak hitam, coklat, atau abu-abu. Hal ini terjadi pada salah satu bagian tubuh atau meluas ke beberapa bagian tubuh termasuk area kulit mata. Meski demikian, hiperpigmentasi dapat diatasi dengan beberapa pengobatan, seperti penggunaan obat oles dan terapi laser.

Baca Juga: Djava Optik Surabaya: Tempat Terbaik untuk Kebutuhan Optik Anda

7.Kurang Cairan

Yang kurang suka minum air mineral harap diperhatikan ya, Sobat Djava. Ternyata, mata panda tidak hanya karena kurang tidur, tapi juga kurang cairan. Mengapa ini bisa terjadi? Hidrasi atau menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh penting untuk kesehatan dan penampilan. Ketika tubuh kekurangan cairan, bagian bawah mata bisa terlihat lebih cekung dan warnanya jadi lebih gelap.

8.Kurang Zat Besi

Kadar zat besi yang berada di bawah kisaran normal bisa mengganggu sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh. Ketika hal ini terjadi maka oksigen yang ada di area sekitar mata juga kurang. Maka secara tidak langsung, kondisi ini juga bisa memengaruhi jaringan mata dan memicu mata panda.

Baca Lebih Lanjut: Minus Tinggi? Pilihlah Model Frame Kacamata Yang Sesuai

9.Paparan Rokok

Sobat Djava mungkin seorang perokok aktif, apabila iya, maka ada hal yang harus diperhatikan ya. Paparan karbon monoksida dari rokok membuat area kulit yang tipis, seperti di bagian bawah mata, terlihat lebih gelap. Selain itu, merokok juga dapat mempercepat penuaan sehingga orang jadi lebih berisiko terkena mata panda.

10.Faktor Genetik

Di samping kebiasaan buruk, mata panda juga bisa terjadi karena faktor keturunan. Di beberapa kasus, penyebab mata panda juga bisa terkait faktor genetika. Orang yang punya saudara atau orangtua dengan mata panda biasanya juga rentan mengalami kondisi serupa. Sobat Djava bisa cek nih, barangkali orang tua atau saudara juga mengalami hal serupa. Kalau iya, bisa jadi itu salah satu faktor penyebabnya.

Artikel Serupa: Tak Hanya Kurang Tidur, Ini 8 Penyebab Mata Panda yang Perlu Diketahui

Cara Mengobati Lingkaran Hitam Pada Mata

Ada beberapa tips nih buat Sobat Djava yang mau mengatasi mata pandanya. Biar semakin percaya diri dan tidak mengurangi tampilan bagus mata kalian, wajib coba hal-hal di bawah ini.

1. Kompres mata

Salah satu cara untuk menghilangkan mata panda adalah mengompres mata dengan kain dingin. Caranya, bungkus es batu dengan kain bersih. Selanjutnya, pejamkan mata dan letakkan kompres dingin tersebut selama 20 menit. Hal ini bisa menghambat pelebaran dan perubahan warna pada pembuluh darah di bawah mata.

2. Tidur cukup

Tidak hanya kurang tidur, terlalu banyak tidur juga bisa menyebabkan lingkaran hitam pada mata. Oleh karena itu, pastikan waktu untuk istirahat setiap malamnya selama 7–9 jam biar mata juga bisa beristirahat secara maksimal.

Artikel Serupa: 7 Penyebab dan Cara Menghilangkan Mata Panda secara Alami

3. Hindari Merokok

Kalau bisa, pastikan kurangi kebiasaan merokok atau batasi konsumsi minuman berkafein dan beralkohol, karena ketiganya bisa memicu dehidrasi yang membuat area di bawah mata menjadi gelap.

4. Gunakan Krim

Untuk mengatasi mata panda, Sobat Djava juga bisa banget menggunakan krim yang mengandung retinol, kafein, atau vitamin C yang fungsinya bisa untuk mencerahkan lingkaran hitam di bawah mata.

Artikel Terkait: 7 Cara Alami Mengatasi Mata Panda, Jangan Tidur dengan Posisi Ini

5. Tutupi dengan Riasan

Buat cewek-cewek, nih untuk menutupi mata panda kalian bisa memanfaatkan make up. Penggunaan concealer di bagian bawah mata juga dapat menyamarkan mata panda. Pilihlah concealer yang sesuai dengan warna kulit dan oleskan sesuai dengan kebutuhan.

Nah  itu tadi cara pengobatan yang bisa Sobat Djava coba di rumah, ya. Tapi, seandainya lingkaran hitam pada mata tidak kunjung memudar atau justru memburuk, sebaiknya Sobat Djava berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan meresepkan krim khusus atau merekomendasikan perawatan tambahan, seperti pengelupasan kulit atau terapi laser, untuk mengobati mata panda.

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jl. Nginden Semolo No. 101 Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249 (Store Manukan)

+62 851-7682-1720 (Store Nginden)

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×