• Home
  • Education
  • Tahu Ukuran PD Mata Itu Penting! Berikut Cara Mengukurnya
Image

Tahu Ukuran PD Mata Itu Penting! Berikut Cara Mengukurnya

Membeli kacamata tanpa tahu ukuran PD mata adalah hal yang berisiko. Pasalnya, ukuran PD akan mempengaruhi lensa kacamata yang akan kalian kenakan nanti. Tidak semua customer yang melakukan pembelian kacamata mengetahui ukuran PD, bahkan ada yang belum tahu istilah ini sama sekali. Jika Sobat Djava termasuk salah satunya, membaca artikel ini sampai selesai akan membantu kalian terhindar dari masalah keliru melakukan pembelian kacamata. Simak penjelasannya sampai selesai. Selamat membaca, Sobat Djava!

Artikel Terkait: Cara Mengukur Pupillary Distance (PD)

Apa Itu PD (Pupillary Distance)?

Pupillary Distance atau biasa disebut dengan istilah PD. Pupil merupakan bagian yang posisinya  terletak di tengah mata yang berbentuk bulat dan berwarna hitam. Pupil ini memiliki fungsi meneruskan cahaya yang masuk ke mata sehinga dapat difokuskan pada retina saat memulai proses penglihatan. Sedangkan pada istilah Pupillary Distance (PD) lebih mengacu pada jarak antara pupil kiri dan pupil kanan mata Sobat Djava. Mengetahui ukuran PD pada mata sangat penting  untuk mencocokkan titik fokus mata kalian dengan titik fokus pada lensa kacamata yang akan kalian beli. Jarak rata-rata PD pada mata orang dewasa antara 54-74mm , dan anak-anak antara 43-54mm.  Ukuran setiap orang berbeda-beda, kalian juga bisa mengetahui PD secara manual dengan penggaris, loh. So, sebelum membeli kacamata pastikan kalian sudah mengecek ukuran PD dulu, ya.

Baca Lebih Lanjut: Apa itu jarak pupil?

Cara Mengukur PD Secara Manual

Mengukur PD bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu manual dan dengan bantuan alat medis. Jika Sobat Djava ingin melakukan pengukuran secara manual, berikut hal yang harus Sobat Djava sediakan untuk mengukur PD:

  • Persiapkan cermin
  • Penggaris dengan penambahan milimeter
  • Pencahayaan yang cukup

Jika hal-hal tersebut sudah Sobat Djava persiapkan, maka Sobat Djava bisa langsung mempraktikan cara mengukur PD dengan tahapan sebagai berikut:

mengukur pd menggunakan penggaris
  1. Siapkan cermin dan berdirilah di depan cermin di tempat yang pencahaannya mendukung. Wajah Sobat Djava harus berjarak sekitar 18 inci dari cermin agar posisi pupil lebih terlihat jelas.
  2. Pegang penggaris di depan wajah Sobat Djava, hadapkan penggaris bertanda milimeter ke arah cermin sehingga Sobat Djava dapat melihatnya. Pegang penggaris tepat di bawah mata Sobat Djava agar dapat melihat ukurannya. Atau kalian bisa meminta bantuan orang lain untuk memastikan ukurannya sudah benar dan sesuai.
  3. Tutup mata kiri Sobat Djava.
  4. Dengan hanya menggunakan mata kiri,  sejajarkan tanda 0 pada skala milimeter di bawah mata kanan.
  5. Buka mata kiri Sobat Djava dan tutup mata kanan.
  6. Gunakan mata kiri  saja untuk menemukan tanda milimeter terdekat yang sejajar dengan posisi tengah pupil kiri. Sekali lagi, tanda tersebut haruslah yang paling sejajar dengan garis pemisah imajiner yang memisahkan pupil  menjadi dua bagian yang sama besar, yaitu bagian kiri dan kanan. Tanda tersebut adalah ukuran untuk PD mata kalian.

Artikel Terkait: Cara Mengukur PD

Cara Mengetahui Ukuran PD Dengan Bantuan Medis

Jika Sobat Djava merasa ragu atau takut salah mengukur. Maka opsi kedua yang bisa dipilih adalah datang ke optik atau dokter mata terdekat. PD mata kalian akan diukur dengan alat yang bernama pupillometer. Pupillometer merupakan perangkat optik yang fungsinya untuk mengetahui ukuran PD mata. Cara mengukur dengan alat ini adalah dengan cara meletakkan Pupillometer  di pangkal hidung dan melihat pantulan kornea untuk tahu ukurannya.

Sobat Djava hanya perlu mendatangi Optik atau Dokter Mata maka akan dengan mudah mengetahui ukuran PD  mata serta akan mendapatkan penjelasan yang lebih akurat. Sebelum memesan kacamata, pastikan kalian sudah mengetahu ukuran PD mata agar kacamata kalian nyaman digunakan.

Baca Juga: Kacamata Tidak Nyaman? Wajib Ketahui Faktor-Faktor Ini!

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Nginden Semolo No. 101 Kavling 12 Surabaya

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu

Djava Optik Nginden Pukul 08.00 s/d 22.00 WIB

Djava Optik Manukan Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7682-1720 (Store Nginden)

+62 851-7318-5249 (Store Manukan)

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×