• Home
  • Fashion
  • Mana yang Lebih Awet? Bahan Kacamata Plastik atau Titanium?
Image

Mana yang Lebih Awet? Bahan Kacamata Plastik atau Titanium?

Ketika Sobat Djava baru pertama kali mengenakan kacamata pasti pernah merasa galau dan bingung mau pakai kacamata yang seperti apa? Atau kalian yang kacamatanya rusak dan patah sehingga saat ini sedang mencari kacamata, Djava Optik ada tips nih tentang cara-cara memilih dan menentukan kacamata yang cocok untuk kebutuhan mata sekaligus kebutuhan fashion kalian, loh.

Artikel Terkait: Temukan Bahan Frame yang Cocok untuk Anda

Material frame kacamata itu bervariasi. Mulai dari bahan plastik kokoh atau lentur sampai dengan bahan titanium yang kokoh dan anti karat. Beberapa dari kalian mungkin ada yang bingung memilih bahan frame yang seperti apa yang tentunya awet dan nyaman untuk kalian gunakan. Untuk menentukan bahan apa yang sesuai dengan kalian, Sobat Djava wajib banget tahu kebiasaan dan menyesuaikan kebutuhan kalian, ya!

Baca Juga: Jangan Asal-Asalan! Pilih Frame Kacamata Sesuai Skin Tone

Jenis-Jenis Bahan Frame Kacamata

Ada beberapa bahan frame kacamata yang bisa kalian pilih dan pertimbangkan sebelum membeli sebuah kacamata.  Berikut adalah bahan-bahan kacamata beserta kelebihan dan kekurangannya. Simak baik-baik biar tidak salah pilih ya, Sobat Djava!

1.Frame Bahan Plastik

Bahan frame ini ringan dan tidak membuat kepala pusing. Bobotnya yang ringan membuat frame plastik tidak begitu membebani dan sangat direkomendasikan untuk kalian gunakan setiap hari.  Dengan bahan ini kalian akan merasa nyaman saat mengenakannya. Karena alasan itu jugalah, frame plastik cukup populer di kalangan para pengguna kacamata.

Baca Juga: Dear Hijabers, Ini Model Kacamata yang Bikin Kalian Lebih Stylish!

Frame Bahan Plastik
Bingkai kacamata dengan bahan plastik nyaman digunakan untuk aktivitas setiap hari.

Frame plastik sendiri kini semakin berkembang dengan melahirkan berbagai bahan frame kacamata yang bagus dan memiliki kualitas yang baik. Jenis plastik yang digunakan juga cukup beragam. Ada empat jenis plastik yang lazim digunakan untuk membuat frame kacamata. Jadi kalau Sobat Djava ingin membeli frame plastik, kalian harus aware dengan bahan asetat, optil, seluloid dan TR.

Setiap jenis frame plastik memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Meski demikian, setiap bahan frame kacamata yang bagus pada dasarnya memiliki standar yang terbilang cukup tinggi, sekalipun untuk jenis frame plastik. Selain itu, yang paling penting dari bahan adalah cara kalian menjaga dan merawat kacamata.

Baca Juga: Macam-Macam Bentuk Wajah dan Cara Memilih Frame Kacamata

2.Frame Bahan Metal

Bahan frame kacamata yang bagus memang identik dengan yang sifatnya kuat dan tahan lama jika digunakan. Kalau kalian mempertimbangkan keawetan, bahan metal akan menjadi pilihan terbaik yang bisa kalian coba. Bahan metal memang dikenal kuat dan memiliki daya tahan maksimal. Tapi, bahkan bobotnya yang terkesan berat dan menjadi kelemahan terbesar frame metal kini semakin terpinggirkan karena berat dan tidak rekomended untuk yang memiliki minus tinggi.

Frame Metal
Bingkai berbahan metal memiliki keunggulan dengan tampilan yang elegan dan bernilai tinggi.

Frame metal sendiri biasanya tidak hanya tersusun dari satu jenis logam saja. Ada beberapa campuran logam di dalamnya yang membuat bahan ini menjadi lebih awet. Beberapa jenis frame kacamata berbahan metal yang tersedia di pasaran umumnya terbuat dari material titanium dan alloy.

Baca Juga: Terganggu Karena Mata Minus? Yuk Ketahui Cara Mengobatinya

3.Frame Bahan Titanium

Titanium sendiri memang telah lama dikenal sebagai jenis logam yang cukup kuat. Karakter inilah yang membuat titanium sering dimanfaatkan sebagai frame kacamata. Sifatnya yang kuat dan awet sering dicari karena memiliki daya tahan yang lama dan tidak mudah patah.

Frame titanium memiliki bobot yang relatif lebih ringan. Kalau dibandingkan dengan frame metal, bobot frame ini lebih ringan 48%. Jadi di samping tergolong sebagai bahan frame kacamata yang bagus, frame titanium juga terasa nyaman saat dikenakan. Sifatnya yang anti korosif juga membuatnya tidak mudah berkarat. Selain itu, dari segi estetika frame titanium terkesan lebih elegan dan mahal.

Frame Belle
Frame dengan bahan titanium memiliki daya tahan yang kuat dan tinggi karena tidak mudah patah jadi akan awet jika digunakan untuk beraktivitas.

Artikel Serupa: Bahan Frame Kacamata, Material Bingkai Apa yang Berkualitas?

Frame titanium ini mewarisi karakter dari frame metal  yang kuat dan kokoh dengan nilai tambah pada segi bobot yang lebih ringan dan elastisitas yang lebih baik. Di samping itu, frame titanium juga tidak membahayakan bagi tubuh. Itulah kenapa titanium menjadi bahan frame kacamata yang bagus dan banyak dijadikan sebagai pilihan terutama untuk kalian yang kurang teliti nih dalam menjaga kacamata.

Ketiga jenis frame kacamata di atas adalah jenis frame yang paling banyak dijumpai di pasaran. Dari segi ketahanan dan tingkat kenyamanan saat dikenakan, ketiganya sudah tidak perlu diragukan lagi. Perawatannya juga terbilang cukup mudah. Meski demikian, kamu tetap harus jeli dalam memilih. Selain bahan, cara kalian menjaga dan merawat kacamata agar lebih tahan lama juga harus diperhatikan ya, Sobat Djava!

Baca Juga: Tidak Perlu Bingung: Cara Memilih Kacamata Untuk Wajah Kotak

Tips Memilih Bahan Frame Kacamata yang Berkualitas

Memilih bahan kacamata tidak bisa sembarangan ya, Sobat Djava! Selain mempengaruhi kenyamanan, memilih bahan juga berpengaruh dengan keawetan kacamata kalian. Kira-kira apa saja yang butuh dipertimbangkan saat mementukan bahan kacamata?  Langsung saja simak pembahasan berikut, ya!

1.Pilih Bahan Sesuai Fungsi

Apakah kalian adalah orang yang sering berpergian atau suka tampilan yang elegan? Kalau kalian butuh kacamata buat daily dan malas dengan yang berat, bahan plastik bisa bisa dijadikan opsi. Bahan ini relatif ringan dan nyaman digunakan untuk beraktivitas. Sementara kalau kalian suka dengan tampilan yang glamor dan mengutamakan ketahanan kacamata, maka bahan titanium akan sangat rekomended. Karena bahan ini awet dan tidak mudah patah.

Baca Juga:  Bingung Pilih Kacamata? Ini 3 Jenis Frame Kacamata Berdasarkan Materialnya

2.Ketahui Kebututuhan

Bahan plastik, metal atau titanium memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Dengan mengetahui kebutuhan dan orientasi kalian, maka bahan yang kalian pilih bisa tepat. Kalau seandainya kalian adalah orang yang kurang telaten menjaga barang, hindari memilih kacamata plastik karena mudah patah dan rapuh. Sebaliknya, kalau kalian punya kulit yang sensitif kacamata bahan titanium  kurang dianjurkan karena ketika kalian berkeringat potensi iritasi pada kulit sangat tinggi. Untuk kalian yang kulitnya sensistif lebih dianjurkan untuk memilih bingkai bahan plastik.

Artikel Serupa: 5 Bahan Kacamata Paling Awet yang Wajib Kamu Punya

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×