• Home
  • Definisi
  • Mengapa Pemeriksaan Mata Itu Penting? Yuk, Ketahui Alasannya!
Image

Mengapa Pemeriksaan Mata Itu Penting? Yuk, Ketahui Alasannya!

Kapan, nih, terakhir kali Sobat Djava periksa mata? Atau jangan-jangan belum pernah periksa mata sama sekali? Pemeriksaan mata itu penting dan sangat dianjurkan. Mulai sekarang kita harus lebih respect soal kesehatan mata ya, Sobat Djava! Karena memiliki mata yang sehat adalah anugrah yang sangat berharga. Sobat Djava pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah “mata adalah jendela dunia”, jadi biar tetap bisa melihat keindahan dunia ini dengan sempurna, matanya harus dijaga dengan baik dan benar. 

Pemeriksaan Mata
Pemeriksaan Mata (Dok. Djava Optik)

Hal ini juga berlaku buat Sobat Djava yang sudah mengalami rabun dekat atau rabun jauh dan sudah menggunakan kacamata atau lensa kontak untuk membantu penglihatan sehari-hari. Menjaga dan memastikan kondisi mata adalah hal yang penting untuk diterapkan. Salah satu hal yang penting untuk dilakukan, yaitu dengan rutin melakukan pemeriksaan mata sesuai aturan waktunya. 

Artikel Serupa: Alasan Mengapa Anda Perlu Periksa Mata

Apa Sih Pentingnya Periksa Mata?

Untuk sebagian dari kita, mungkin masih ada yang sering mengabaikan pentingnya menilai mata dengan dalih “masih bisa melihat”. Kelakukan siapa, tuh, yang kayak gitu? Padahal pemeriksaan mata itu penting dilakukan bahkan sangat dianjurkan loh Sobat Djava. Pemeriksaan mata disarankan untuk semua kalangan, baik itu bagi orang yang mengalami penyakit mata atau yang tidak memiliki penyakit mata. Kira-kira manfaat apa yang akan kita dapatkan dengan periksa mata ya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1.Bagi yang Belum Pernah Periksa Mata

Pemeriksaan pada mata adalah rangkaian tes yang dilakukan untuk mengetahui fokus penglihatan dan jarak visual mata seseorang. Tidak hanya itu, pemeriksaan mata akan membantu mendeteksi adanya penyakit atau gangguan pada mata. Hasil pemeriksaan akan menunjukkan apakah Sobat Djava memiliki kelainan refraksi mata atau tidak. Refraksi mata itu meliputi apa saja? Ada beberapa contoh gangguan refraksi, beberapa di antaranya, yaitu: rabun jauh (miopi) , rabun dekat (hipermetropi) atau mata silinder (astigmatisma)

Pemeriksaan Mata
Tes Ketajaman Penglihatan (Dok. Djava Optik)

Selain itu, pemeriksaan mata itu penting dilakukan secara rutin akan mempengaruhi kualitas hidup kalian loh Sobat Djava! Maksudnya apa? Dengan melakukan pemeriksaan, Sobat Djava akan mengenali lebih dini kondisi mata kalian. Karena mata adalah salah satu hal yang paling penting dan membantu mengerjakan berbagai aktivitas sehari-hari. Tanpa penglihatan yang sehat, Sobat Djava pasti akan kesulitan menjalani produktivitas seperti: membaca, menulis, menonton, berkendara, dan masih banyak hal lainnya. 

Dengan melakukan pemeriksaan, maka Sobat Djava akan mendapatkan saran terbaik dan pengobatan yang sesuai apabila ternyata hasil pemeriksaan menunjukkan adanya gangguan pada mata kita. Dengan demikian, Sobat Djava akan dapat menghindari masalah mata yang lebih serius. Penanganan yang tepat dan cepat akan menentukan kualitas hidup Sobat Djava kedepannya. 

Baca Juga: Apa Itu Lensa Kacamata? Yuk Ketahui Definisi dan Jenis Lensa

2.Bagi yang Sudah Pernah Periksa Mata

Lalu, apakah pemeriksaan juga disarankan buat yang sudah mengetahui kondisi matanya? Tentu saja, Sobat Djava! Bagi Sobat Djava yang sudah mengetahui kondisi mata atau bahkan yang sudah pernah memakai softlens atau kacamata khusus, seharusnya melakukan pemeriksaan ulang paling tidak dalam jangka waktu 6 bulan sekali. Hal ini dimaksudkan biar Sobat Djava tahu kondisi mata terbaru. Selain itu, periksa mata berfungsi untuk memantau kondisi mata dan memastikan apakah gangguan penglihatan yang Sobat alami menjadi semakin parah atau tidak.

Kalau kondisi mata semakin parah, maka Sobat Djava akan tahu hal apa yang dilakukan. Kira-kira apa ya, hal pertama yang wajib banget dilakukan? Yang pertama-tama dilakukan adalah mengganti lensa yang sesuai dengan tingkat keparahan gangguan mata. Lalu, kalau masih memungkinkan untuk mengenakan frame yang lama, maka itu bisa dijadikan opsi biar Sobat Djava tidak mengeluarkan biaya lebih. 

Artikel Terkait: Pemeriksaan Mata:Mengapa Penting dan Informasi Apa Saja yang Bisa Anda Dapatkan

7 Tanda Sobat Djava Harus Periksa Mata

Ada beberapa indikasi atau gejala yang bisa Sobat Djava kenali sehingga bisa menjadi lebih “peka” kalau sudah saatnya periksa mata. Seperti apa ya, gejalanya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini, ya! 

1.Mata Buram/Kabur

Kalau Sobat Djava merasa buram atau tidak jelas ketika melihat objek atau tidak bisa mengenali teman dengan jarak 3 meter atau tidak bisa membaca dialog dari doi dalam jarak dekat. Kemungkinan yang terjadi adalah Sobat Djava mengalami rabun jauh atau rabun dekat. Hal seperti ini tidak boleh dianggap remeh dan untuk memastikan Sobat Djava harus konsultasi lebih lanjut ke dokter mata atau optik terdekat. 

2.Kesulitan Melihat Saat Malam Hari

Mungkin Sobat Djava ada yang mengalami hal ini. Saat beraktivitas di malam hari penglihatannya silau atau jadi merasa tidak nyaman apalagi saat mengemudi. Ada lensa khusus yang bisa dijadikan opsi biar Sobat Djava bisa berkendara dengan nyaman dan lebih fokus. Nama lensanya adalah One Drive, sebelum custom alangkah lebih baik Sobat Djava melakukan pemeriksaan terlebih dulu. 

3. Sulit Beradaptasi dari Gelap ke Terang

Gejala ini umumnya dirasakan oleh orang-orang yang sudah berwarna senja. Apabila Sobat Djava merasakan hal yang sama dan jadi merasa terganggu saat beraktivitas maka Sobat Djava dapat melakukan pemeriksaan biar tahu kondisi mata lebih lanjut dan menemukan solusi terbaiknya. 

4.Buram Melihat Layar Komputer/Laptop

Sobat Djava mungkin ada yang pernah ketika sedang sibuk mengerjakan tugas kantor atau kuliah tiba-tiba semua tulisan di layar monitor jadi terlihat buram. Atau ketika sedang asyik membaca novel favorit kalian di aplikasi baca, tapi semua tulisan jadi kabur. 

Kalau kejadian ini terjadi berulang kali, mungkin ada masalah yang terjadi pada mata Sobat Djava. Untuk mencegah kondisi jadi lebih memburuk, Sobat Djava bisa melakukan pemeriksaan mata untuk mengetahui solusi terbaik. 

Baca Juga: Tampil Lebih Modis: Ide Fashion Kacamata Ala Drama Korea

5.Mata Lelah

Mata lelah adalah akibat yang akan terjadi jika Sobat Djava terlalu memaksakan diri melihat objek tanpa bantuan kacamata. Gejala mata lelah bisa dikenali apabila Sobat Djava mulai menirukan mata atau mengedipkan mata berkali-kali ketika mengamati suatu objek. Kelelahan pada mata terjadi karena berbagai faktor, beberapa di antaranya, yaitu: terlalu lama mengemudi motor atau mobil, menulis, membaca atau menatap layar komputer atau laptop berjam-jam karena maraton nonton drama Korea juga termasuk salah satu faktor, loh, Sobat Djava! 

6.Pusing yang Berulang

Pusing yang berlebihan yang terjadi ketika mata terlalu lama berhadapan dengan suatu objek, misal Sobat Djava duduk terlalu lama menatap layar monitor atau kegiatan lain yang menuntut mata bekerja lebih keras hal ini biasanya terjadi. Namun apabila gejala yang Sobat Djava alami menjadi lebih parah bahkan sampai mengganggu aktivitas, disarankan untuk melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut ya. 

7.Penglihatan Berbayang

Djava Optik pernah gak ya? Ketika melihat suatu objek, tapi yang terlihat malah double atau berbayang? Hal tersebut mengganggu sekali untuk beraktivitas bahkan sampai bisa menghambat kegiatan. Kemungkinan yang terjadi adalah mata mengalami gangguan penglihatan yang mengakibatkan objek menjadi memiliki bayangan. Gangguan ini lazimnya disebut astigmatisma. Untuk memastikannya, Sobat Djava harus melakukan pemeriksaan mata ke dokter mata atau optik terdekat ya.

Artikel Terkait: 10 Tanda Saatnya Anda Periksa ke Dokter Mata

Ada banyak sekali gejala dan tanda penglihatan bermasalah. Oleh karena itu, pemeriksaan mata itu penting dan disarankan untuk dilakukan secara berkala. Dalam hal ini, sangat tidak dianjurkan untuk diagnosis mandiri karena untuk menentukan adanya penyakit atau tidak Sobat Djava membutuhkan bantuan dari medis, baik itu dokter atau ahli mata. 

Bagi Sobat Djava yang mungkin mengalami salah satu gejala di atas dan dirasa sudah cukup parah hingga mengganggu aktivitas dan produktivitas, silakan menghubungi dokter mata atau silakan langsung datang ke Djava Optik. Kami menyediakan fasilitas teknologi canggih untuk membantu memeriksa kondisi mata kalian, apakah mengalami rabun jauh, dekat atau silinder. 

Baca Juga: Jangan Biarkan Kacamata Anda Rusak: Tips dan Trik Merawat Kacamata

Sobat Djava tidak hanya bisa mendapatkan pemeriksaan mata secara gratis. Djava Optik berkomitmen untuk memberikan konsultasi dan pelayanan terbaik sesuai kebutuhan Anda. Setelah pemeriksaan mata selesai dilakukan, kami akan memberi saran lensa dan juga frame kacamata yang tidak hanya sesuai dengan kebutuhan, tetapi juga mempertimbangkan gaya Anda.

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil   Stylish in Activity  dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249 

Jangan lupa untuk mengikuti media sosial Djava Optic. Temukan segera kacamata terbaik Anda di:

Instagram

TikTok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×