Image

Cuaca Sedang Panas-Panasnya: Lindungi Mata Kalian!

Sobat Djava pasti juga merasakan kalau cuaca akhir-akhir ini panas banget? Kebanyakan dari kita nih, pasti mencari alternatif apa yang bisa dipilih untuk melindungi kulit biar tidak gelap dan belang. Kadang-kadang kita terlalu sibuk memilih dan menentukan tabir surya yang mana yang bisa memberi perlindungan maksimal untuk kulit kita biar tidak terkena dampak bahaya sinar UV. Tapi, lupa kalau mata kita juga butuh perlindungan ekstra biar tidak terkena dampak negatif sinar UV.  Ini sah-sah saja, Sobat Djava. Namun, ada yang sering kita luput perhatikan, loh. Ternyata anti UV juga punya dampak yang negatif ketika cahaya tersebut masuk ke dalam mata.

Artikel Serupa: Waspada Panas Ekstrem, Ini 7 Kiat Cegah Kerusakan Mata Akibat Sinar UV

Aktivitas kita yang tidak lepas dari pergi ke luar ruangan dan langsung terpapar sinar matahari tentunya punya potensi tinggi untuk terkena bahaya radiasi. Oleh karena itu, lindungi mata kalian dengan kacamata khusus agar tidak terkena dampak negatif yang akan timbul. Kira-kira apa saja yang bisa kita lakukan biar mata tetap sehat dan terjaga dengan baik, ya? Yuk, simak artikel di bawah ini! ^^

Lindungi Mata dari Sinar Ultraviolet

Ada banyak cara yang bisa kalian lakukan agar mata tetap sehat dan juga terjaga dari bahaya radiasi UV. Sinar UV dengan intensitas paparan yang tinggi seperti sinar matahari, lampu halogen, dan lampu di studio foto bisa menyebabkan kerusakan serius pada mata jika tidak ditangani dengan benar.

Baca Lebih Lanjut: Awas Cuaca Panas! Lindungi Mata dengan Kacamata Photocromic

Bukan hanya dalam intensitas tinggi, paparan radiasi UV sehari-hari yang berlebihan dalam jangka panjang juga akan menimbulkan berbagai kelainan pada mata, bahkan memberikan potensi risiko terjadinya katarak dan tumor mata, baik yang jinak maupun ganas (kanker mata). Serem banget kan dampaknya? Lebih baik mencegah daripada mengobati ya, Sobat Djava. Nah, kiat-kiat berikut bisa kalian terapkan untuk mencegah kelainan pada mata kalian.

1.Mengenakan Kacamata

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan lindungi mata kalian dengan mengenakan kacamata. Kacamata di sini tentunya bukan kacamata yang sifatnya untuk aksesoris. Tapi, kacamata yang mempunyai lensa dengan lapisan khusus anti radiasi UV. Ada beberapa macam lensa yang memiliki lapisan anti UV, misalnya: anti radiasi UV, blueray, photocromic, bluecromic, dan one drive. Kalau kalian sering berkegiatan di luar ruangan dan terpapar langsung dengan sinar UV, hendaknya pilih yang bisa berubah warna menjadi gelap seperti photocromic, bluecromic dan one drive. Hal ini dimaksudkan agar mata kalian terhindar dari radiasi UV sekaligus silau matahari jadi aktivitas kalian akan menjadi lebih nyaman.

Artikel Serupa: Manfaat Kacamata Anti Radiasi untuk Melindungi Mata

2.Jaga Mata Agar Tetap Terhidrasi

Mata yang kurang cairan akan sangat tidak nyaman. Salah satu hal yang menyebabkan mata menjadi kering, perih dan cepat lelah adalah kurang mengkonsumsi air putih. Apalagi di cuaca yang sangat panas pastinya minuman yang sering kita konsumsi mengandung soda atau minuman dingin lainnya. Jika dilakukan secara terus menerus mata akan mudah kering bahkan jadi dehidrasi. Jadi, untuk terhindar dari hal ini pastikan kalian minum air putih dengan cukup agar kebutuhan air bagi tubuh dan mata kalian terpenuhi ya, Sobat Djava!

3.Hindari Mengkonsumsi Alkohol

Bagi kalian yang sering mengkonsumsi alkohol ada baiknya kalian mulai memperhatikan tendensi ini. Selain, akan memberi beberapa dampak negatif untuk tubuh, menkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan mata juga, loh. Minum alkohol bisa menyebabkan mata menjadi kering. Minuman yang lebih disarankan adalah dengan mengkonsumsi banyak air putih. Jadi tidak mengonsumsi minuman keras dapat membantu menjaga mata lebih terlumasi dan mencegah dehidrasi. Gunakan obat tetes mata kalau mata Sobat Djava terasa sangat kering, tetapi jika iritasi berlanjut, konsultasikan dengan ahli mata yang profresional.

Baca Juga: Terganggu Karena Mata Minus? Yuk Ketahui Cara Mengobatinya

4.Diet Seimbang

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga mata tetap sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Misalnya, vitamin C yang bisa membantu untuk mengurangi risiko terkena katarak. Sumber yang baik dari vitamin ini termasuk paprika mentah, jeruk, dan wortel. Kalau kalian kurang suka mengkonsumsi buah secara langsung, kalian bisa membuatnya menjadi makanan yang lebih bervariasi misalnya jus atau makanan lain.

Selain itu, mengkonsumsi vitamin E juga bisa untuk melindungi mata Sobat Djava dari radikal bebas, yang berpotensi bisa merusak dan memecah jaringan di mata. Sobat Djava bisa menjumpai vitamin E dalam biji-bijian, kacang-kacangan dan ubi jalar.

Baca Lebih Lanjut: Cara Membedakan Kacamata Anti Radiasi Asli dan Palsu

Terakhir, mengkonsumsi vitamin A juga mendukung fungsi mata yang tepat dan ditemukan dalam makanan seperti sayuran berdaun hijau dan sayuran berwarna oranye. Sedangkan minuman manis dan gorengan ada baiknya dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan agar mata kalian tetap sehat dan tidak mudah terpapar bahaya radiasi yang disebabkan oleh sinar UV matahari.

5.Jangan Menatap Matahari Secara Langsung

Kalian mungkin ada yang pernah secara sengaja atau tidak menatap matahari secara langsung ketika cuaca sedang panas-panasnya. Nah, kondisi ini ternyata kurang baik jika dilakukan loh, Sobat Djava! Selain akan berpotensi terjadi kerusakan pada retina, terpapar sinar matahari langsung tanpa menggunakan kacamata dengan lensa anti radiasi UV. Jika hal ini terjadi secara terus menerus maka penglihatan kalian akan menjadi kabur, bahkan untuk dampak yang lebih serius bisa mengakibatkan kebutaan pada mata. Mulai sekarang kalian harus lindungi mata kalian.

Artikel Serupa: Cara Melindungi Mata Saat Beraktivitas di Bawah Sinar Matahari 

6.Perbaiki Pola Tidur

Salah satu habits yang bisa kalian lakukan biar mata tetap sehat dan terhindar dari bahayanya radiasi UV adalah memiliki kualitas tidur yang baik. Mengapa? Karena kalau pola tidur kalian berantakan alias tidak teratur efeknya akan buruk di mata, Sobat Djava. Mulai dari mata berkantung, mata minus, dan mata menjadi sayu. Saat lelah dan kurang tidur kalian akan cenderung menggosok mata, yang dapat menyebabkan kerusakan mata atau infeksi. Secara terpisah, tidak cukup tidur telah dikaitkan dengan masalah kesehatan lain yang menjengkelkan tetapi tidak serius, termasuk myokymia (mata berkedut), mata merah dan bengkak.

Lihat Juga: Kacamata Dari Djava Optik Optimal Melindungi Mata dari Bahaya UV

Nah, itu tadi tips yang bisa Djava Optik berikan agar mata kalian sehat dan terhindar dari radiasi UV. Cuaca akhir-akhir ini memang lagi hot banget. Jadi, pastikan kalian memiliki perlindungan kacamata yang tidak hanya berlensa anti radiasi UV, tapi tetap pilih kacamata yang memiliki model frame yang stylish agar kalian tetap bisa tampil fashionable meskipun di luar ruangan. Lindungi mata kalian dengan kacamata dari Djava Optik.

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

 

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×