Image

Nonton Drakor Terlalu Dekat Bikin Mata Jadi Silinder?

Siapa nih yang hobi banget nonton drama Korea dan jadi begadang sampai pagi? Dan nontonnya tidak bisa dari jarak jauh, tapi dari dekat terutama yang nontonnya via hp atau tablet? Duh, jangan lagi-lagi deh. Karena ini membahayakan banget untuk kesehatan  mata kalian, loh, Sobat Djava! Kalau kebiasaan ini kalian lanjutkan, risiko kemungkinan mata akan mengalami minus atau bahkan silinder.

Artikel Terkait: Bukan karena Nonton Terlalu Dekat, Inilah Penyebab Mata Silinder

Nah, untuk yang sudah terlanjur dan sampai saat ini masih berlanjut. Kalian bisa lebih waspada dan hati-hati lagi, Sobat Djava. Ada beberapa cara yang bisa kalian terapkan untuk mengurangi risiko gangguan mata yang lebih serius dengan  beberapa cara di bawah ini. Namun, sebelumnya mari kita bahas  apakah nonton dari dekat memang bisa menyebabkan minus atau silinder? Atau ternyata keduanya hanya mitos belaka? Mari kita ulas satu persatu. Happy Reading! ^^

Silinder dan Penyebabnya

Mata silinder atau yang biasa disebut astigmatisme adalah gangguan refraksi mata seperti rabun jauh (miopia) dan rabun dekat (hiperopia) yang terjadi akibat ketidakmampuan mata membiaskan cahaya sehingga titik fokus jatuh tidak tepat di retina, sehingga menyebabkan penglihatan menjadi kabur atau kurang jelas (berbayang) ketika melihat suatu objek.

Baca Lebih Lanjut: Mata Silinder (Astigmatisme) – Penyebab, Gejala, Penanganannya

Seperti dua gangguan mata lainnya, mata silinder atau astigmatisme diakibatkan karena terjadinya bias pada mata akibat kesalahan kornea ketika memproses cahaya yang masuk ke mata. Kesalahan ini membuat cahaya jatuh tidak tepat pada titik fokus retina mata, yaitu permukaan peka cahaya yang terletak di belakang mata, hal ini mengakibatkan objek yang dilihat menjadi kabur. Pada mata silinder, hal ini disebabkan oleh kelengkungan kornea yang bentuknya lonjong, bukan karena kornea dengan bentuk bulat atau normal.

Selain itu, mata silinder juga terjadi karena kebiasaan-kebiasaan negatif yang kita sadari atau tidak sering kita lakukan. Kira-kira ada apa saja ya? Yuk, simak di bawah ini dan cek kita pernah melakukan atau tidak.

Baca Juga: Salah Satunya Kurang Beristirahat, Ternyata 5 Kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Mata Silinder

1.Menonton Atau Bermain Hp Dengan Cahaya Minim

Menonton film atau bermain gadget dengan  pencahayaan minim mungkin adalah salah satu kebiasaan yang seringkali kita lakukan. Secara di zaman ini hampir semua aktivitas tidak terpisahkan dari penggunaan perangkat elektronik. Tapi, memperhatikan pencahayaan juga perlu dilakukan biar mata tetap sehat dan terlindungi. Salah satu caranya adalah dengan men-setting pencahayaan sesuai dengan kebutuhan, artinya tidak terlalu redup atau terlalu terang.

2.Terlalu Lama Bermain Game

Siapa nih yang hobi banget nge-game sambil tiduran berjam-jam? Kebiasaan ini tidak baik loh, kalau diteruskan. Karena ketika seseorang bermain game, mata terlalu fokus menatap layar digital bahkan kalau sampai waktu lama mata akan menjadi kering dan lelah. Kondisi seperti ini kalau dibiarkan dalam jangka waktu yang terus menerus, akan meningkatkan potensi mata akan  mengalami silinder atau minus. Lebih baik main game secukupnya ya, Sobat Djava!

Baca Juga: Sindrom Era Digital: Begini Cara Atasi Ketegangan Mata!

3.Di Depan Komputer Atau Laptop Berjam-Jam

Sebagai generasi yang hidup di tengah kecanggihan teknologi, rasanya hampir setiap rutinitas kita tidak bisa lepas dari perangkat elektronik misalnya komputer atau laptop. Untuk kita yang pekerjaan atau aktivitasnya sering di depan layar monitor, peluang untuk mengalami silinder atau minus jauh lebih besar. Karena mata selalu terpapar sinar biru yang berasal dari layar. Tapi, semua itu akan bisa diminimalisir dengan memberikan perlindungan kepada mata. Salah satunya dengan mengenakan kacamata yang mempunyai lapisan anti sinar biru sehingga cahaya sinar biru yang masuk ke dalam mata dapat terblokir dengan baik.

Baca Lebih Lanjut: Bekerja Nyaman: Lindungi Mata dengan Kacamata Blueray

4.Kurang Tidur Atau Kurang Istirahat Yang Cukup

Yang memiliki gangguan tidur atau insomnia, ada hal yang harus kalian perhatikan nih. Termasuk juga kalian yang hobi banget begadang sampai pagi sampai kualitas tidurnya kurang bahkan istirahatnya jadi tidak cukup. Ternyata memiliki kualitas tidur yang buruk juga akan mempengaruhi kesehatan mata kalian, loh, Sobat Djava. Karena itu, pastikan kalian punya kualitas tidur yang baik sehingga mata juga bisa beristirahat.

5.Keliru Membaca Buku

Siapa nih yang hobi banget baca buku sambil rebahan? Membaca buku adalah hal positif yang bisa membuat pengetahuan kalian bertambah. Tapi, kalau kondisi ini kalau dilakukan secara terus menerus akan menyebabkan mata menjadi tegang apalagi kalau membaca di bawah cahaya yang minim dan redup. Membaca sebaiknya dilakukan dengan posisi duduk yang benar dan juga di bawah pencahayaan yang cukup alias tidak terlalu terang atau terlalu gelap, ya.

Baca Juga: Terganggu Karena Mata Minus? Yuk Ketahui Cara Mengobatinya

Ciri-Ciri Mata Silinder

Gangguan mata silinder akan cukup mengganggu penglihatan ketika ukuran silinder sudah menjadi  cukup parah. Untuk awal, mungkin sebagian orang tidak merasakan atau tidak sadar kalau memiliki gangguan mata ini. Keluhan yang umum dirasakan adalah penglihatan buram atau tidak jelas ketika malam hari. Kalian pernah mengamati sebuah objek tapi menjadi kurang jelas atau bahkan berbayang? Ini adalah salah satu dari beberapa orang yang kemungkinan mengalami silinder. Lalu, apa saja ciri-ciri atau tanda mata mengalami silinder? Simak penjelasan di bawah ini, ya!

1.Kesulitan Membaca Tulisan Kecil

Mata yang mengalami silinder umumnya akan kesulitan membaca tulisan yang kecil karena ketidakmampuan mata dalam melihat tulisan yang relatif kecil, pandangan akan kabur sehingga tulisan tidak terbaca dengan jelas.

2.Sering Sakit Kepala

Ciri lain dari orang yang mengalami silinder adalah sering merasa pusing, terutama ketika melihat garis lurus yang jumlahnya banyak. Hal ini terjadi karena kornea mata yang permukaannya tidak rata, sehingga garis yang sebenarnya lurus bisa tampak bengkok karena terdistorsi.

Baca Lebih Lanjut: Mata Silinder? Kenali Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

3.Buram Ketika Melihat Objek

Mata yang mengalami silinder ketika digunakan untuk melihat objek akan menjadi buram atau berbayang. Ini terjadi karena ketidakmampuan mata dalam membiaskan cahaya yang masuk ke dalam mata.

4.Sering Menyipitkan Mata

Siapa nih yang sering menyipitkan mata ketika membaca tulisan di papan? Untuk penderita mata silinder, melihat objek dari jauh merupakan kesulitan tersendiri karena pasti tulisan akan menjadi buram. Kalau ini sudah dirasa parah dan sangat menganggu, ada baiknya kalian melakukan pemeriksaan pada mata biar mendapatkan solusi terbaik.

5.Sulit Melihat di Malam Hari

Selain buram untuk melihat tulisan, mata yang mengalami silinder akan kesulitan untuk melihat sorot lampu kendaraan. Karena cahaya yang tampak di mata akan menjadi berbinar dan sangat silau. Ini tentu akan membahayakan keselamatan kalian ketika perjalanan bila tidak ditangani dengan baik.

Artikel Terkait: 8 Ciri-ciri Mata Silinder yang Menurunkan Penglihatan Anda

Ciri-ciri di atas adalah hal yang mungkin saja menjadi tanda kalau kalian mangalami silinder. Dalam hal ini kurang disarankan untuk mendiagnosa pribadi tanpa bantuan medis. Karena itu, kalau kalian merasa sering mengalami seperti yang dipaparkan di atas silakan langsung konsultasi dengan dokter mata terbaik atau langsung datang ke Djava Optik untuk periksa mata gratis dan bisa mendapatkan solusi terbaik untuk kebutuhan mata Sobat Djava!

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×