• Home
  • Definisi
  • Dry Eye: Ketahui Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi
Image

Dry Eye: Ketahui Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi

Apakah Sobat Djava pernah merasakan sakit di bagian kepala? Umumnya sakit kepala di sebabkan oleh banyak faktor, ini ditandai dengan nyeri dan rasa tegang di bagian leher dan juga mata. Namun, siapa sangka ada gangguan pada mata juga mempengaruhi sakit kepala? Mungkin kalian pernah merasa mata terasa begitu kering ketika cuaca sedang sangat panas atau pada saat  bangun tidur. Kira-kira bagaimana hal ini terjadi, ya Sobat Djava? Artikel ini akan membahas tentang sindrom mata kering. Simak penjelasannya dan happy reading!

Artikel Terkait: Sindrom Mata Kering: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Apa Itu Mata Kering?

Mata kering atau sindrom mata kering, adalah kondisi ketika mata tidak bisa menghasilkan air mata seperti yang seharusnya. Dry Eye juga bisa didefinisikan sebagai ketidakmampuan air mata dalam melumasi mata sehingga mata menjadi kering. Produksi air mata yang berkurang atau air mata mudah menguap akan menyebabkan berkurangnya jumlah air mata. Kondisi ini menciptakan ketidakstabilan sehingga mata mulai terasa kering.

Kondisi ini sering kali menimbulkan rasa tidak nyaman. Dalam beberapa kasus, mata kering juga dapat memengaruhi kualitas penglihatan. Faktanya, hampir setiap orang mungkin pernah merasakan mata kering.  hal ini dikarenakan gaya hidup yang kurang sehat. Tetapi, pada beberapa kasus mata kering dapat menjadi gejala dari masalah penglihatan yang lebih serius apabila tidak segera ditangani dengan tepat.

Baca Juga: Nonton Drakor Terlalu Dekat Bikin Mata Jadi Silinder?

Ciri dan Gejala Mata Kering

Mata kering bukan gejala yang tidak dapat diidentifikasi. Ada beberapa ciri atau gejala yang bisa dirasakan. Di bawah ini ada beberapa ciri yang dapat dikenali kemungkinan mata mengalami sindrom mata kering.

1.Mata Perih

Orang yang mengalami mata kering biasanya matanya terasa perih ketika digunakan untuk aktivitas di luar ruangan atau di dalam ruangan dengan intensitas menatap layar biru yang lama. Kalau ini dibiarkan akan menganggu aktivitas sehari-hari.

2.Mata Lebih Sensitif Terhadap Cahaya

Sindrom mata kering juga lebih sensitif kepada cahaya. Hal ini akan sangat terasa ketika Sobat Djava keluar pada malam hari dan mata terkena sorot lampu sein kendaraan. Efeknya mata menjadi perih dan silau di mata jika tanpa perlindungan kacamata.

Baca Lebih Lanjut: Cuaca Sedang Panas-Panasnya: Lindungi Mata Kalian!

3.Sensasi Kesat

Selain perih dan sensitif, mata kering juga terasa kesat karena mata tidak terlumasi dengan baik. Karena itu, mata jadi terasa kesat dan juga tidak nyaman saat digunakan untuk berkedip. Untuk mengurangi hal ini biar tidak semakin parah adalah dengan menggunakan obat tetes mata.

4.Sensasi Gatal di Dalam Mata

Ciri mata kering lainnya ditandai dengan rasa gatal di dalam mata. Kalau hal ini dibiarkan dan semakin sering dikucek akan menjadikan mata kering menjadi semakin parah bahkan bisa menimbulkan iritasi pada mata. Kalau Sobat Djava merasakan hal ini, harap untuk tidak mengucek mata terlalu sering biar tidak semakin memburuk, ya.

Artikel Terkait: Mata kering : Gejala, Penyebab dan Pengobatan

5.Rasa Mengganjal

Pernahkah ketika melihat suatu objek menjadi kurang nyaman karena ada yang mengganjal di mata? Hal ini terjadi karena mata kering dan banyak debu atau partikel kecil yang masuk ke mata. Ketika mata tidak terlumasi dengan baik, kotoran yang masuk ke mata akan mengendap dan membuat mata tidak nyaman karena ada endapan tersebut.

6.Mata Merah

Mata kering juga ditandai dengan warna kemerahan pada mata. Ini terjadi karena ketika mata kering dan terlalu sering dikucek. Mengucek mata terlalu keras dan terlalu berlebihan akan menyebabkan mata menjadi kemerahan bahkan untuk efek yang serius mata menjadi perih.

Artikel Serupa: Anda Sering Merasakan Mata Perih Hingga Kering? Berikut Cara Mudah untuk Mengatasinya!

7.Penglihatan Kabur

Mata kering menyebabkan penglihatan menjadi tidak jelas atau kabur. Mengapa ini bisa terjadi? Karena oksigen dan air mata tidak berfungsi dengan baik pada mata. Alhasil mata tidak lembab menjadi kekurangan daya untuk melihat dengan jernih sebagaimana mestinya.

8.Mata lelah dan berair

Mata yang kering rentan akan menjadi mata lelah. Kalau mata sudah lelah, efeknya bisa sampai membuat kepala menjadi sakit kepala atau pusing. Gejala ini biasanya ditandai dengan mata yang berair, jika ini dibiarkan tentu tidak nyaman apalagi kalau aktivitas Sobat Djava sering di luar ruangan.

Baca Juga: Tidak Perlu Bingung: Cara Memilih Kacamata Untuk Wajah Kotak

Penyebab Mata Kering

Kalau tadi sudah dijelaskan tentang gejala atau ciri-ciri mata kering. Penting banget loh Sobat Djava tahu apa sih yang menyebabkan mata kita bisa menjadi kering? Yuk, simak penjelasan di bawah ini biar bisa terhindar dari bahaya mata kering. Ada beberapa kondisi yang bisa  jadi penyebab mata kering, yaitu:

1.Degradasi Produksi Air Mata

Mata kering dapat terjadi karena penurunan produksi air mata oleh kelenjar mata. Penyebab mata kering terjadi karena hal-hal berikut ini.

  • Usia tua.
  • Penyakit tertentu, seperti sindrom Sjogren, diabetes, rheumatoid arthritis, lupus, skleroderma, gangguan hormon tiroid, dan kekurangan vitamin A.
  • Konsumsi obat-obatan, seperti antihistamin, dekongestan, antidepresan, obat hipertensi, obat jerawat, obat penyakit Parkinson, atau obat terapi pengganti hormon.
  • Kerusakan kelenjar air mata usai terapi radiasi atau operasi laser.

Baca Juga: How To: Begini Cara Pakai Soft Lens Dengan Benar

2. Peningkatan Penguapan Air Mata

Air mata terdiri dari berbagai komposisi. Jika salah satu komponen air mata tersebut tidak cukup atau tidak diproduksi sama sekali, terutama minyak, air mata akan lebih cepat menguap. Kondisi inilah penyebab mata kering. Umumnya, penguapan air mata terjadi karena hal-hal di bawah ini.

  • Blefaritis posterior
  • Jarang berkedip, misalnya ketika membaca dan bekerja terlalu lama di depan layar komputer, atau karena menderita Parkinson
  • Gangguan kelopak mata, yaitu kelopak mata yang berbalik ke luar (ektropion) atau berbalik ke dalam (entropion)
  • Alergi pada mata
  • Cuaca panas atau berangin
  • Polusi udara
  • Defisiensi vitamin A

Baca Juga: Begini Cara Merawat Kacamata Biar Tidak Cepat Rusak!

Bagaimana Cara Mengatasi?

Mata kering dapat dihindari dengan melakukan hal-hal berikut. Yuk, terapkan dan sayangi mata kalian agar terhindar dari mata kering! Cara mengatasi mata kering bertujuan untuk membantu meringankan gejala dan mengatasi penyebabnya. Jika Sobat Djava mengalami gejala yang ringan, perawatan mandiri di rumah bisa dilakukan sebagai langkah awal pengobatan. Beberapa upaya perawatan mandiri yang dapat dilakukan adalah:

  • Melindungi mata dari lingkungan yang menyebabkan mata kering, seperti cuaca berangin, cuaca kering, berasap, atau berdebu.
  • Menggunakan kacamata untuk melindungi mata.
  • Menggunakan penyaring udara di dalam ruangan.
  • Menghindari pemakaian riasan pada mata.
  • Tidak merokok.
  • Mengatur waktu kerja di depan layar komputer.
  • Membersihkan mata secara rutin.
  • Mengurangi pemakaian lensa kontak.
  • Banyak mengonsumsi makanan sumber asam lemak omega-3.
  • Mengonsumsi suplemen vitamin A untuk menjaga kesehatan.
  • Menggunakan obat mata kering yang bisa dibeli bebas, untuk melembapkan dan menggantikan fungsi air mata.

Namun, jika timbul gejala yang lebih parah bahkan serius, silakan hubungi ahli mata atau dokter mata terdekat  untuk mendapatkan solusi terbaik untuk mata Anda ya, Sobat Djava!

Baca Juga: Sindrom Era Digital: Begini Cara Atasi Ketegangan Mata!

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×