• Home
  • Education
  • Eye Make Up Bisa Membahayakan Mata? Yuk Cek Faktanya!
Image

Eye Make Up Bisa Membahayakan Mata? Yuk Cek Faktanya!

Sobat Djava pengguna make up apakah sudah tahu bahwa kulit sekitar mata adalah area yang sangat sensitif? Sebagian besar dari kita tentu sudah mengetahui hal ini. Namun, di beberapa kondisi kita masih sering lupa bahwa kebiasaan sehari-hari seperti menggunakan maskara, eye shadow, atau bahkan eye liner justru bisa membahayakan mata jika sebelum tidur kita tidak membersihkannya terlebih dahulu.

Selain itu, apa saja hal-hal yang mesti diperhatikan agar tetap bisa make up tanpa membahayakan kesehatan mata? Simak penjelasannya sampai akhir ya, Sobat Djava!

Artikel Terkait: Waspada, Ini Bahaya Tidak Menghapus Make Up Menjelang Tidur

Kebiasaan Yang Harus Dihindari Saat Menggunakan Eye Make Up

Setiap orang mengaplikasikan make up sesuai dengan kebiasaan dan tentunya setiap orang memiliki caranya masing-masing. Namun, hal demikian tidak bisa secara terus menerus dilakukan karena akan berakibat fatal untuk kesehatan mata Sobat Djava. Kira-kira kebiasaan seperti apa yang justru bisa membahayakan?

1.Menggunakan Make Up dengan Jari-Jari Tangan

Jari-jari tangan tidak selalu dalam keadaan yang bersih. Terkadang kita secara sembarangan membersihkan make up tanpa mensterilkan tangan terlebih dulu. Jika hal  ini tidak dilakukan, kemungkinan mata akan terkontaminasi kotoran sehingga menyebabkan kulit area mata yang sensitif menjadi infeksi atau bahkan menyebabkan mata bengkak.

Baca Lebih Lanjut: Dry Eye: Ketahui Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi

2.Menggunakan Maskara Yang Kadaluwarsa

Penggunaan alat make up juga harus menjadi perhatian. Tidak jarang, sebagian orang luput memperhatikan masa expired produk sehingga produk yang seharusnya sudah habis masa pakai justru masih digunakan.  Hal ini jika diteruskan akan menyebabkan mata iritasi atau bahkan alergi karena mengenakan produk yang sudah tidak layak digunakan. Perhatikan mulai saat ini agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan ya, Sobat.

3. Tidak Membersihkan Tempat Make Up 

Karena padatnya kesibukan sehari-hari terkadang seseorang tidak memiliki waktu untuk sekadar membersihkan tempat make up. Namun, jika hal ini dibiarkan terus menerus maka alat make up akan terkontaminasi kotoran atau debu yang ada di tempat make up tersebut sehingga alat make up juga ikut kotor. Pastikan rutin membersihkan tempat make up kalian agar hal ini tidak terjadi, ya.

4.Kuas Make Up Kotor

Tidak hanya karena tempat make up yang kotor, kuas make up yang tidak bersih juga bisa menyebabkan iritasi pada mata dan kulit sekitar mata. Kuas yang kotor jika diaplikasikan ke kulit area mata akan menyebabkan dampak yang lebih fatal apabila tidak dihentikan, Sobat. Perhatikan kebersihan kuas kalian agar tetap aman, ya.

Artikel Serupa:  Eye Makeup Justru Menyakiti Mata? Ini Faktanya

Risiko Yang Akan Terjadi Pada Mata

Penggunaan make up  di sekitar  mata memang bisa menunjang penampilan seseorang. Namun, hal tersebut juga bisa membawa petaka, lho, Sobat Djava. Dampak negatif akan kalian alami jika Sobat Djava kurang peka dalam membersihkan make up mata dengan saksama.

Seperti diketahui, mata adalah salah satu organ tubuh yang sangat sensitif. Organ ini bisa dengan mudahnya mengalami gangguan apabila terdapat paparan debu dan kotoran. Tidak hanya itu, kesehatan mata pun bisa terancam akibat residu make up yang tidak Sobat Djava bersihkan dengan teliti.

Sebagai akibatnya, di bawah ini adalah beberapa bahaya tidak menghapus make up di sekitar area mata dengan bersih:

1.Infeksi

Jika Sobat Djava suka mengenakan eye make up seperti eye shadow atau maskara harap memperhatikan kebersihan mata kalian, ya. Jangan sampai setelah lelah beraktivitas lalu langsung tertidur tanpa membersihkan bekas riasan. Hal ini akan menyebabkan kotoran mengendap dan debu atau partikel make up masuk ke mata sehingga mata menjadi kemerahan saat bangun tidur atau bahkan menyebabkan infeksi.

Baca Juga: Mata Merah dan Berair? Ketahui Cara Mengobatinya!

2.Iritasi

Sebagian besar produk eye make up mengandung bahan kimia. Oleh karena itu, penting sekali membersihkan mata apabila sudah selesai dengan riasan dan hindari tertidur dalam kondisi masih ber-make up. Hal ini bertujuan agar bahan kimia tersebut masuk ke mata sehingga menyebabkan gejala iritasi, seperti: mata gatal, kemerahan, atau bahkan sampai berair.

3.Bintitan

Setelah  melakukan berbagai aktivitas harian, mata juga turut menjadi mudah lelah sehingga sebagian besar dari kita sering ketiduran dalam kondisi memakai riasan. Alhasil, risiko terjadinya mata bintitan semakin tinggi. Hal ini karena debu, kotoran, dan sisa make up secara tidak langsung masuk ke dalam mata sehingga mata akan bengkak atau bintitan.

4.Jerawat

Umumnya area mata jarang timbul jerawat. Tapi ini bisa saja terjadi jika Sobat Djava secara tidak sengaja menggunakan make up yang ternyata sudah kadaluwarsa. Selain itu, menggunakan riasan saat tertidur membuat pori-pori dalam kulit jadi tersumbat dan berpotensi menimbulkan jerawat. Jadi, sebelum Sobat Djava mengenakan eye make up, pastikan bahannya aman dan masih layak digunakan.

Artikel Serupa: 10 Bahan Kimia Dalam Makeup Mata yang Harus Dihindari

5.Penuaan Dini

Risiko yang terjadi pada mata jika tidak menggunakan alat make up dengan benar yaitu dengan membersihkan setelah beraktivitas. Karena make up yang masih melekat di kala Sobat Djava tidur membuat kulit tidak bisa ‘bernapas’ dengan maksimal. Hal ini bisa mengganggu keoptimalan proses regenerasi sel kulit, lho! Akibat regenerasi yang terganggu, kulit Sobat Djava akan cepat mengalami kerusakan. Keluhan muncul adalah tanda-tanda dari penuaan dini, seperti keriput dan muncul garis-garis halus di sekitar mata.

6.Muncul Lingkaran Hitam

Lingkaran hitam atau mata panda biasanya muncul karena kurang tidur. Namun, ternyata  munculnya lingkaran hitam di bawah mata tidak selalu disebabkan kurang tidur. Masalah ini juga bisa terjadi sebagai efek tidak membersihkan maskara atau eye make up lainnya dengan baik dan benar.

Make up yang sudah menempel di bagian mata akan bertumpuk di dalam kulit jika tidak dibersihkan. Jika hal ini terus terjadi, bisa-bisa pigmen kulit di sekitar mata akan mengalami perubahan sehingga mengalami kekusaman dan menggelap sehingga menajdi (tampak hitam).

Baca Lebih Lanjut: Dry Eye: Ketahui Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi

Nah, gimana nih Sobat? Setelah mengetahui dampak yang bisa disebabkan karena eye make up dan kebiasaan yang dilakukan setelah mengenakan riasan, pastikan Sobat Djava jadi lebih aware dengan kesehatan mata, ya. Bermake-up itu bagus dan bahkan dianjurkan untuk pada saat-saat tertentu. Namun, jangan lupakan bahwa menjaga kesehatan dan kebersihan mata itu yang paling utama.

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jl. Nginden Semolo No. 101 Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249 (Store Manukan)

+62 851-7682-1720 (Store Nginden)

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×