• Home
  • Education
  • Mata Bintitan? Yuk Ketahui Penyebab dan Cara Mencegah Bintitan!
Image

Mata Bintitan? Yuk Ketahui Penyebab dan Cara Mencegah Bintitan!

Ada banyak sekali masalah yang bisa mengancam mata kita apalagi jika kita kurang aware dalam menjaga kesehatan mata. Salah satu masalah tersebut adalah hordeolum. Sobat Djava sudah pernah mendengar istilah ini? Atau justru masih asing buat kalian? Yuk ketahui penyebab dan cara mencegah bintitan. Untuk pembahasan lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini ya, Sobat. Happy reading!

Apa Itu Bintitan?

Bintitan atau dalam istilah medis disebut hordeolum adalah kondisi di mana mata mengalami pembengkakan seperti bisul kecil atau jerawat. Bintit biasanya muncul di tepi kelopak mata, tapi dalam beberapa kasus juga ada yang muncul di bagian dalam kelopak mata. Bintitan terjadi karena berbagai faktor, salah satunya akibat infeksi bakteri dan biasanya hanya muncul pada salah satu kelopak mata saja.

Artikel Terkait: Apa Itu Bintitan? Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati

Bintil yang muncul di bagian dalam bisa lebih menyakitkan, daripada yang tumbuh di luar. Meskipun bintitan berukuran kecil, tapi terkadang bisa menjadi sangat menganggu penglihatan. Rasa tidak nyaman atau bahkan area sekitar mata terasa sakit jika digunakan untuk berkedip. Meskipun demikian, durasi bintitan jarang berlangsung lama, asalkan ditangani dengan baik dan tepat. Dalam banyak kasus yang terjadi, bintitan akan hilang dengan sendirinya dalam jangka waktu beberapa hari.

Untuk meredakan bintitan, Sobat Djava bisa mengompres mata kalian dengan kain lap yang dibasahi dengan air hangat biar mata menjadi rileks dan meredakan pembengkakan di area sekitar mata. Bintitan tidak menular, tetapi sejumlah kecil bakteri dapat menyebar dari lokasi. Inilah sebabnya penting untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh bintil.

Baca Juga: Dry Eye: Ketahui Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi

Penyebab Mata Bintitan

Bintitan disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satunya karena  infeksi bakteri Stafilokokus. Bakteri ini hidup pada kulit manusia, meskipun tidak berbahaya tetap bisa menimbulkan infeksi terutama ketika kekebalan tubuh sedang menurun.

Selain karena infeksi bakteri, kebiasaan-kebiasaan di bawah ini juga dapat memicu timbulnya bintitan, loh. Yuk, ketahui kebiasaan apa saja yang bisa membuat bintitan sehingga bisa menghindarinya ya, Sobat Djava! Berikut beberapa faktor risiko yang bisa memicu terjadinya mata bintitan.

1.Menyentuh Mata Dengan Tangan Kotor

Hampir semua dari kita rasanya pernah melakukan hal ini. Secara tidak sadar mengucek atau menyentuh mata padahal tangannya kotor. Duh, ternyata efeknya bisa fatal loh, Sobat. Pastikan tangan kalian bersih sebelum menyentuh area mata agar bakteri di tangan tidak berpindah ke mata sehingga menyebabkan mata bermasalah, ya.

Baca Lebih Lanjut: Sobat Djava Wajib Tahu: Kenali Masalah Mata Yang Umum Terjadi!

2.Tidur Dalam Kondisi Masih Menggunakan Make-Up

Siapa nih yang seringkali lupa membersihkan make up setelah beraktivitas seharian? Kadang rasa lelah memang tak tertahankan setelah melakukan rutinitas harian. Tapi, alangkah lebih baik untuk menyempatkan untuk membersihkan make up agar kulit tetap bersih dan mata kalian tidak terinfeksi bakteri dari kotoran yang menempel di make up kalian ya, Sobat.

3.Memiliki Riwayat Rosacea

Penyakit Rosacea juga bisa menjadi pemicu timbulnya bintitan pada mata. Penyakit ini ditandai dengan banyaknya ruam merah dan bintik-bintik di wajah. Ini menyebabkan kulit wajah meradang sehingga berimbas pada area sekitar mata. Kalau dirasa kondisi semakin parah, jangan ragu untuk periksa ke dokter agar mendapatkan pertolongan yang maksimal.

4.Menggunakan Kosmetik Yang Sudah Kedaluwarsa

Kosmetik yang sudah kedaluwarsa biasanya akan mengandung jamur atau menimbulkan bakteri di dalamnya. Kadang, seseorang tidak memperhatikan tanggal expired pada kosmetiknya sehingga menjadi tidak sadar bahwa telah menggunakan kosmetik yang sudah tidak layak. Oleh karena itu, harap lebih memperhatikan kosmetik yang kalian pakai biar kulit tetap sehat dan mata tetap terjaga ya, Sobat.

Baca Lebih Lanjut: Must Have Fashion Item: Kacamata Ini Wajib Dibawa Saat Hang Out!

Gejala Bintitan Pada Mata

Gejala bintitan pada mata bisa dikenali dengan adanya tanda-tanda berikut. Kenali gejalanya dan segera dapatkan pertolongan terbaik ya, Sobat. Yuk ketahui dan cara mencegah bintitan!

1.Muncul Benjolan Merah di Kelopak Mata

Pada awal bintitan muncul pasti disertai dengan munculnya benjolan kecil mirip jerawat, baik itu terletak di luar atau di bagian dalam mata. Kondisi ini terkadang membuat area mata menjadi bengkak akibat peradangan. Kalau nyerinya sudah tak tertahankan, kalian bisa coba mengompresnya dengan lap yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Baca Lebih Lanjut: Cuaca Sedang Panas-Panasnya: Lindungi Mata Kalian!

2.Sakit Kelopak Mata

Ketika benjolan kecil sudah muncul, biasanya disertai dengan rasa nyeri dan tidak nyaman jika mata digunakan untuk berkedip. Ini terjadi karena pada area bintitan bengkak.

3. Kelopak Mata Bengkak

Mata bintitan disertai dengan pembengkakan di area mata. Ini terjadi karena adanya peradangan di bagian yang bintitan.

Kondisi lain yang bisa menyebabkan adanya peradangan pada kelopak mata adalah kalazion.  Kalazion terjadi karena ada penyumbatan di salah satu kelenjar minyak kecil di dekat bulu mata. Tidak seperti bintitan, kalazion biasanya tidak menyakitkan dan cenderung paling menonjol di bagian dalam kelopak mata.

Baca Juga: Begini Cara Merawat Kacamata Biar Tidak Cepat Rusak!

Cara Mengobati Mata Bintitan

Umumnya bintitan bukan termasuk penyakit mata yang serius. Bahkan tanpa pengobatan sekalipun akan hilang dalam hitungan hari. Namun, meskipun demikian pengobatan tetap diperlukan ketika pembengkakan sudah termasuk menganggu mata untuk melihat. Berikut adalah cara yang bisa kalian terapkan untuk mengatasi bintitan pada mata. Yuk ketahui penyebab dan cara mencegah bintitan.

1.Menjaga Kebersihan Mata

Menjaga kebersihan mata bisa dilakukan dengan cara membasuh kelopak mata dengan menggunakan air bersih terutama di area yang terkena bintitan dengan sabun berbahan lembut. Ini akan membuat mata tetap steril dan bersih, sehingga mempercepat proses penyembuhan.

Artikel Serupa: 11 Cara Menghilangkan Bintitan Secara Alami dan dengan Bantuan Obat

2.Menghindari Kemakaian Kosmetik

Ketika mata bintitan disertai dengan pembengkakan mata, usahakan hindari menggunakan kosmetik terutama pada bagian mata sampai benar-benar sembuh.

3.Mengompres Kelopak Mata dengan Air Hangat

Bintitan bisa mengakibatkan rasa nyeri yang luar biasa di area mata terutama ketika pembengkakan terjadi. Untuk mengurangi rasa nyeri ini, kompres mata dengan lab yang sudah dibasahi dengan air hangat. Lakukan 2–4 kali sehari dengan handuk yang sudah kamu rendam air hangat.

4.Hindari Menggunakan Soft Lens

Ketika mata bintitan, hindari sebisa mungkin untuk menggunakan lensa kontak sampai benar-benar sembuh.

5.Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri Tanpa Resep

Obat yang kalian pilih bisa seperti paracetamol, untuk meredakan rasa sakit pada mata.

Baca Juga: Djava Optik Surabaya: Tempat Terbaik untuk Kebutuhan Optik Anda

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jl. Nginden Semolo No. 101 Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249 (Store Manukan)

+62 851-7682-1720 (Store Nginden)

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×