• Home
  • Definisi
  • Sayangi Mata Anda! Tips Merawat dan Menjaga Kesehatan Mata
Image

Sayangi Mata Anda! Tips Merawat dan Menjaga Kesehatan Mata

Di era kecanggihan teknologi seperti sekarang ini rasanya hampir setiap orang beraktivitas dengan memanfaatkan perangkat digital dalam berbagai aktivitas. Mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi rasanya kita semua tidak terpisahkan dari menggunakan hp. Entah itu untuk berkomunikasi atau bekerja, perangkat elektronik satu ini selalu ada dan berkontribusi besar dalam keseharian.

Di satu sisi, banyak kemudahan yang kita rasakan karena keberadaan teknologi ini. Tapi, apakah Sobat Djava merasa kalau sebagian waktu yang tersita untuk menatap layar hp, televisi, atau laptop akan menimbulkan dampak serius bagi kesehatan mata kita? Khususnya bagi kalian yang masih sering lalai, nih, tentang management waktu terbaik di depan layar digital. Kemungkinan akan terancam bahaya kesehatan matanya akan jauh lebih besar, loh, Sobat Djava. Ngeri ‘kan? Jangan sampai seperti itu, ya.

Artikel Serupa: 9 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Mata

Karena aktivitas di depan layar digital sudah menjadi seperti rutinitas, mungkin sebagian dari kita banyak yang tidak kurang sadar tentang panduan atau aturan yang baik ketika sedang beraktivitas digital. Kira-kira hal apa aja, ya, yang ternyata bisa menimbulkan dampak negatif untuk mata kalau dilakukan terus-menerus?

Artikel ini akan membahas tentang hal-hal yang akan berdampak buruk untuk kesehatan mata serta cara atau tips yang bisa Sobat Djava terapkan biar produktivitas terus berjalan dan mata tetap sehat. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. Keep scrolling dan happy reading, Sobat Djava! 

Kebiasaan Yang Dapat Menimbulkan Dampak Negatif Bagi Mata

Siapa nih yang selama ini tidak sadar kalau daily-nya ternyata bisa memberi efek negatif untuk mata kalau dilakukan secara terus-menerus?  Ternyata, beberapa kebiasaan di bawah ini berbahaya, loh, Sobat Djava. Kira-kira kebiasaan itu pernah kalian lakukan tidak, ya? Yuk kenali kebiasaan-kebiasaan berikut ini biar terhindar dari bahaya yang akan ditimbulkan.

Artikel Terkait: Hindari 8 Kebiasaan yang Dapat Mengganggu Kesehatan Mata Berikut Ini

1.Membaca dengan Penerangan Redup

Terlalu lama ada di ruangan yang minim cahaya bisa memberi efek serius bagi mata bila dilakukan secara berlebihan. Terkadang, kebiasaan membaca buku atau membaca chat dari orang-orang tersayang di bawah lampu yang temaram sudah dianggap hal biasa. Kebiasaan ini mungkin terkesan sepele, padahal dampak yang ditimbulkan tidak main-main loh, Sobat Djava.

Aktivitas yang utamanya membutuhkan fokus mata alangkah lebih baik dilakukan di bawah penerangan yang stabil. Ini untuk menghindari dari mata gampang lelah atau sampai menyipitkan mata karena cahaya minim. Ada yang masih sering seperti ini? Ubah kebiasaan itu sekarang juga.

Baca Juga: Berkendara Tanpa Takut Silau Pakai Kacamata One Drive

2.Terlalu Lama Menatap Layar Digital

Tidak bisa dihindari memang, hampir setiap rutinitas kita selalu berkaitan dengan perangkat digital. Terutama kalau pekerjaan kalian membutuhkan untuk selalu terhubung dengan perangkat elektronik baik itu hp atau laptop. Jika memang menghabiskan waktu di depan hp atau laptop tidak bisa dihindari, maka solusi terbaik adalah mengelola waktu dengan baik, beri mata jeda atau istirahat sejenak agar mata tidak tegang atau lelah. 

Selain itu, perbanyak jumlah kedipan mata agar mata tidak kering. Solusi untuk hal ini kalian bisa menerapkan aturan 20-20-20 istirahatkan mata, alihkan pandangan ke objek lain selama 20 detik. Dan yang tidak kalah penting adalah perhatikan jarak mata kalian dengan layar, usahakan jangan terlalu dekat, ya, Sobat Djava! Karena menatap layar monitor dalam jangka waktu lama potensi mata terpapar sinar biru jauh lebih tinggi, maka bantu lindungi mata dengan lensa yang punya lapisan anti blue-light biar mendapat keamanan maksimal. 

Baca Juga: Beraktivitas Tanpa Cemas: Pentingnya Kacamata Anti Radiasi UV

3.Mengucek Mata Sembarangan

Kebiasaan satu ini sepertinya hampir dilakukan sebagian dari kita. Ketika mata gatal atau kelilipan biasanya hal seperti ini tidak lagi bisa terhindarkan. Akhirnya, secara spontan tangan kita akan menyentuh atau mengucek mata tanpa memperhatikan kebersihan tangan. Padahal mengucek atau menyentuh mata secara sembarangan  atau terlalu kencang bisa memungkinkan bakteri yang ada di tangan kita berpindah ke mata dan menimbulkan iritasi.

Solusi terbaik untuk hal ini adalah pastikan tangan kalian bersih dan dicuci dengan sabun lalu keringkan dengan kain yang halus. Selanjutnya bisa sentuh area mata. Kalau belum memungkinkan untuk membersihkan tangan, cukup tutup mata dan sentuh kelopaknya untuk meredakan gatal yang kalian rasakan, ya, Sobat Djava! 

Baca Juga: Mengapa Pemeriksaan Mata Itu Penting? Yuk, Ketahui Alasannya!

4.Memakai Softlens Ketika Tidur

Aktivitas seharian tidak jarang membuat kita sangat lelah dan ingin segera merebahkan tubuh di kasur. Tapi, kebiasaan ini tidak sepatutnya diteruskan ya, Sobat Djava. Selelah apapun, usahakan untuk menyempatkan diri membersihkan make up terutama di area mata. Dan melepaskan softlens sebelum tidur itu sangat dianjurkan. Karena pada saat tidur, kornea mata kita harus istirahat dengan adanya softlens kornea jadi tidak mendapatkan oksigen secara optimal. Kalau hal ini diteruskan mata akan mengalami iritasi bahkan infeksi. 

Tapi, ketika hal tersebut sudah terlanjur, maka jangan langsung mencopot softlens ketika kalian bangun. Tunggu sekitar 20-30 menit dan teteskan cairan khusus softlens untuk memudahkan pelepasan softlens yang kalian pakai. Setelah hal ini terjadi, sebaiknya hindari pemakaian lensa kontak untuk sementara waktu. 

Baca Juga: Apa Itu Lensa Kacamata? Yuk Ketahui Definisi dan Jenis Lensa!

5.Hindari Tidur dalam Kondisi Ber-Make-Up

Siapa nih yang sering tidur tanpa membersihkan riasan terlebih dulu? Kalau Sobat Djava masih melakukan kebiasaan ini ada baiknya mulai diperbaiki, ya. Karena tidur dalam kondisi masih memakai make-up terutama di area mata, seperti: eyeshadow, maskara, eyeliner atau krim mata. Akan berpotensi menyebabkan bakteri berkembangbiak sehingga mata menjadi gatal atau iritasi. Kemungkinan lain yang disebabkan adalah make up tersebut masuk ke dalam mata ketika kalian tidur dan secara tidak sadar mengucek mata. Biar terhindar dari kemungkinan negatif yang akan terjadi, mulai saat ini mari perhatikan kebersihan area wajah terutama mata, ya, Sobat Djava! 

Baca Juga: Apa Perbedaan Lensa Photochromic, Bluechromic, dan One Drive?

6.Kebiasaan Merokok

Dampak negatif yang akan ditimbulkan karena kebiasaan merokok tidak hanya membahayakan paru-paru, tapi juga mata. Kenapa hal ini terjadi? Karena asap yang ditimbulkan akan membuat mata pedih, dan bila hal ini berkelanjutan kemungkinan mata akan menjadi kering. Untuk dampak yang lebih serius, rokok akan menyebabkan degenerasi makula. Degenerasi makula adalah kerusakan yang terjadi pada retina mata.

7.Tidak Rutin Periksa Mata

Periksa mata masih jadi hal yang kurang dianggap penting bagi sebagian dari kita. Khususnya untuk seseorang yang merasa kalau tidak ada masalah dengan penglihatannya. Tapi, apakah Sobat Djava tahu kalau semua orang dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan? Baik yang mengalami gangguan penglihatan atau tidak, alangkah lebih baik pemeriksaan tetap  dilakukan.

Bagi kalian yang belum pernah melakukan periksa mata, ini akan membantu Sobat Djava mengenali lebih dini bagaimana kondisi mata. Apabila hasil periksa menunjukkan adanya gangguan, kalian akan mendapatkan pertolongan lebih awal sehingga gangguan tersebut bisa ditangani dengan baik dan sesuai.

Tapi, untuk kalian yang sebelumnya sudah mengenakan kacamata atau lensa kontak. Pemeriksaan idealnya dilakukan 6 bulan sekali, untuk mengetahui bagaimana kondisi mata yang terbaru. Apakah gangguan yang dialami berkurang atau lebih serius. Sayangnya, ini terkadang masih dianggap sepele untuk sebagian orang. Karena merasa sudah tahu kondisi mata dan mengenakan lensa yang sesuai. Akhirnya pemeriksaan tidak lagi dilakukan dan ternyata kelainan pada mata menjadi bertambah parah akibat tidak mendapat lensa yang sesuai. 

Artikel Serupa: 10 Kebiasaan Buruk yang Mengganggu Kesehatan Mata

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Setelah mengetahui kebiasaan-kebiasaan yang akan berdampak buruk bagi kesehatan mata. Sobat Djava harus tahu juga nih tentang bagaimana cara menjaga kesehatan mata. Karena mata adalah anugerah berharga yang mesti dijaga dengan baik. Aktivitas dan kegiatan akan berjalan dengan baik kalau kita juga respect dengan kesehatan ya, Sobat Djava. Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa dipraktekkan biar mata Sobat Djava tetap dalam kondisi yang sehat. 

1.Periksa Mata Secara Rutin

Langkah awal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata adalah aware tentang pentingnya periksa mata sesuai waktu idealnya. Dengan pemeriksaan mata Sobat Djava akan tahu tentang informasi mata, dan apabila ada kelainan bisa terdeteksi dengan dini sehingga menghindari dampak yang lebih parah.

2.Konsumsi Makanan Bergizi

Cara lain yang bisa diterapkan adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Makanan yang kita konsumsi akan mempengaruhi kesehatan mata. Dengan memperhatikan apa yang kita makan, maka akan selangkah dengan gaya hidup sehat. Nutrisi ini bisa didapatkan pada sayuran atau buah-buahan, seperti wortel, jeruk, atau almond yang kaya akan vitamin A dan C yang berperan untuk menjaga kesehatan mata.

Baca Juga: Djava Optik Surabaya: Tempat Terbaik untuk Kebutuhan Optik Anda

3.Setting Cahaya Perangkat Digital

Aktivitas yang kita lakukan tidak pernah lepas dari peran teknologi. Kebanyakan teknologi elektronik yang kita gunakan memancarkan sinar biru yang bisa berakibat negatif untuk mata, contohnya hp atau laptop. Untuk itu, penting sekali untuk mengatur pencahayaan biar tidak terlalu terang atau terlalu redup. Hal ini dimaksudkan agar mata tidak sakit atau jadi perih karena terpapar sinar biru. 

4.Pakai Kacamata dengan Lensa yang Sesuai

Untuk mendukung kelancaran aktivitas gunakan lensa yang sesuai dengan kondisi mata dan rutinitas kalian ya, Sobat Djava. Bila aktivitas kalian didominasi di depan layar digital kacamata dengan lensa blueray bisa dijadikan opsi. Atau untuk kalian yang banyak berkegiatan di luar ruangan, pastikan kacamata kalian menggunakan lensa yang ada lapisan anti radiasi UV matahari dan bisa berubah gelap di luar ruangan.

5.Berhenti Merokok

Untuk Sobat Djava pengguna rokok aktif, mengurangi rokok akan membantu kalian untuk selangkah lebih dekat dengan gaya hidup sehat. Tidak hanya akan menyelamatkan dari risiko terkena penyakit jantung, kalian juga akan terhindar dari penyakit mata. Menjaga kesehatan dimulai dari diri sendiri, sayangi tubuh dan mata kalian mulai dari saat ini.

Baca Juga: 8 Bentuk Frame Kacamata, Wajah Anda Cocok Pakai yang Mana?

Menjaga kesehatan itu sangat wajib dan dianjurkan, tapi faktanya menerapkan hal ini tidak semudah yang kita bayangkan. Butuh kesadaran penuh dan konsistensi yang terus menerus untuk mendapat hasil yang maksimal. Lakukan secara perlahan agar terhindar dari dampak buruk yang bisa saja terjadi. Apabila terlalu sulit, bisa meminta bantuan profesional. Semangat untuk hidup lebih sehat, ya, Sobat Djava!

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×