Image

Wajib Tahu! Ini Tips Terbaik Saat Memilih Lensa Kacamata

 

Lensa Kacamata
Lensa kacamata adalah jendela mata yang akan membuat Anda melihat hal-hal indah dengan lebih dan jernih. Tips terbaik saat memilih lensa kacamata. 

 

Sobat Djava pengguna baru kacamata dan bingung mau menentukan lensa jenis apa? Ini tips terbaik saat memilih lensa kacamata. Menentukan  lensa kacamata memang tidak semudah kelihatannya. Terlebih untuk kalian yang memerlukan kacamata tidak hanya sebagai aksesoris fashion, tapi sebagai alat bantu untuk memperjelas penglihatan. Ada banyak hal yang mesti kalian pertimbangkan, nih. Biar mendapat kualitas penglihatan yang maksimal, yaitu aman dan nyaman digunakan di setiap kesibukan kalian.

Artikel Terkait: Tips Memilih Lensa Kacamata yang Tepat

Sayangnya, masih banyak sekali orang yang banyak menghabiskan waktu hanya untuk mempertimbangkan frame hanya dari segi estetikanya. Sementara dalam memilih lensa cenderung kurang diperhatikan. Padahal, lensa adalah salah satu komponen terpenting dalam kacamata. Fungsinya langsung berpengaruh kepada kenyamanan mata saat digunakan untuk melihat suatu objek.

Kalian tim yang mana, nih? Lebih mementingkan kualitas lensa atau frame? Sebagai eye wear yang cerdas, pastikan  untuk mempertimbangkan keduanya biar benefit yang kalian dapatkan jauh lebih maksimal ya, Sobat Djava! Selamat membaca.

Baca Juga: Apa Itu Lensa Kacamata? Yuk Ketahui Definisi dan Jenis Lensa!

Macam-Macam Lensa  Untuk Melindungi Mata

Tidak semua lensa mempunyai lapisan yang bisa untuk melindungi mata. Jika Sobat Djava menginginkan kacamata yang memiliki lensa untuk melindungi mata biar bisa melihat dengan aman dan nyaman, maka rekomendasi lensa di bawah ini bisa kalian jadikan sebagai referensi ketika hendak membuat kacamata. Yuk, simak penjelasan kelebihan dan kekurangan lensa di bawah ini biar tidak salah pilih. Ini tips terbaik saat memilih lensa kacamata.

1.Lensa Anti Radiasi UV

Lensa anti radiasi biasa juga disebut dengan lensa anti UV matahari. Fungsi lensa ini adalah melindungi mata dari radiasi berbahaya yang dipancarkan oleh matahari.  Ada yang sudah tahu tentang radiasi UV?  Sinar Ultraviolet adalah sinar yang berasal dari pancaran sinar matahari yang apabila terpapar dalam waktu lama akan membahayakan mata. Terdapat 3 jenis sinar UV, yaitu UVA, UVB, dan UVC. Sinar UVC terserap oleh lapisan ozon di atmosfer, jadi Sobat Djava tidak perlu khawatir akan bahaya tersebut kalau memakai lensa anti radiasi UV.

Artikel Serupa: Sinar Ultraviolet: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Bahayanya pada Kesehatan

Di samping kelebihan yang dimiliki,  lensa anti radiasi UV kurang direkomendasikan kalau aktivitas Sobat Djava sering di luar ruangan dan terpapar matahari dalam jangka waktu lama. Lensa ini memang dilapisi anti radiasi UV, tapi belum bisa berubah gelap. Ini akan membuat mata silau jika digunakan untuk aktivitas out door.

2.Lensa Blueray

Lensa Blueray didesain khusus untuk melindungi mata dari bahaya sinar biru atau blue light yang berasal dari perangkat digital dan sinar UV dari pancaran cahaya matahari. Lensa ini memiliki lapisan khusus yang fungsinya bisa menangkal sinar biru. Jenis radiasi yang dihasilkan oleh sinar biru ini umumnya berasal dari gadget, komputer, televisi dan perangkat elektronik lainnya.

Fitur lensa ini sangat dianjurkan untuk Sobat Djava yang rutinitas atau produktivitas hariannya sering berkaitan dengan perangkat digital, entah itu di pekerjaan atau yang lainnya. Paparan radiasi yang berasal dari sinar biru yang terlalu lama dan berlebihan akan menimbulkan gejala yang negatif bagi mata, misalnya mata menjadi kering, mata sakit, mata kemerahan, hingga gangguan tidur atau insomnia.

Lihat Juga: Beraktivitas Nyaman dengan Kacamata Oval Astula! 

Namun, lensa ini kurang direkomendasikan untuk Sobat Djava yang sering beraktivitas out door atau pekerjaan lapangan lainnya.  Karena belum punya kemampuan untuk berubah gelap di luar ruangan jadi masih punya potensi untuk terkena silau matahari dan membuat mata tidak nyaman jika berlama-lama di luar ruangan.

3.Lensa Photocromic

Kabar baik buat Sobat Djava yang hobi atau aktivitasnya sering di out door. Lensa photocromic didesain dengan kemampuan adaptif yang luar biasa. Lensa ini dilengkapi dengan lapisan anti radiasi UV yang berasal dari matahari yang bisa membahayakan mata bila terlalu lama terpapar. Selain itu, lensa ini bisa berubah gelap di luar ruangan. Jadi bisa bikin mata nyaman dan pastinya aman banget anti silau.

Kekurangan lensa ini belum ada anti sinar biru, jadi kalau Sobat Djava sering beraktivitas digital lensa ini kurang direkomendasikan karena belum ada lapisan yang akan melindungi mata dari paparan blue-light yang akan membahayakan mata kalian.

Baca Juga: Jangan Asal-Asalan! Pilih Frame Kacamata Sesuai Skin Tone

4.Lensa Bluecromic

Lensa bluecromic adalah perpaduan dan penyempurnaan dari fungsi lensa blueray dan photocromic. Fungsi lensa bluecromic adalah anti sinar UV yang dipancarkan matahari. Lensa juga bisa anti sinar biru yang berasal dari perangkat digital seperti gadget, komputer, televisi dan bisa menggelap di luar ruangan. Jadi, apabila Sobat Djava memutuskan untuk menggunakan lensa bluecromic, tidak hanya keuntungan dari segi fleksibilitas tetapi kebutuhan mata akan terlindungi dengan sempurna hanya dengan satu jenis lensa.

Kekurangan lensa ini adalah apabila kalian menginginkan coating warna hitam yang pekat sepeti kacamata hitam, lensa ini kurang direkomendasikan. Karena coating warnanya sesuai dengan kesensitifan cahaya.

Baca Juga: Sayangi Mata Anda! Tips Merawat dan Menjaga Kesehatan Mata

5.Lensa One Drive

Lensa jenis ini punya lapisan khusus yang membuat nyaman ketika berkendara karena ada anti silau lampu sein. Meski demikian, lensa ini tetap fleksibel. Karena disertai dengan fungsi anti radiasi UV, anti blue light perangkat digital dan bisa berubah gelap di luar ruangan. Bagi Sobat Djava pecinta hal-hal yang minimalis dan efisien. Lensa ini sudah cukup lengkap untuk kalian jadikan opsi. Selain bisa untuk in door bisa juga untuk out door sehingga ekonomis dan tidak perlu sering berganti-ganti kacamata.Dari segi fungsi, umumnya lensa ini sudah lengkap. Tapi, jika kalian menginginkan lensa yang punya lapisan anti embun lensa ini belum punya. Sehingga ketelatenan kalian lebih dibutuhkan apabila lensa terkena embun.

Baca Juga: Berkendara Tanpa Takut Silau Pakai Kacamata One Drive

Bagaimana Cara Memilih Lensa yang Tepat?

Lensa adalah komponen  yang paling penting. Jadi, sangat dianjurkan saat memilih lensa Sobat Djava teliti dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan mata. Lalu bagaimana sih cara memilih lensa yang tepat agar tidak hanya stylish, tapi juga nyaman digunakan? Ini tips terbaik saat memilih lensa kacamata.

1.Ketahui Kebutuhan

Apakah kalian mengalami gangguan penglihatan seperti mata minus, plus, atau silinder? Jika iya, maka pilihlah lensa yang memiliki fungsi khusus untuk gangguan yang kalian alami. Memilih lensa yang sesuai dengan kebutuhan mata, akan membantu kalian untuk bisa melihat dengan jelas.

2.Sesuaikan dengan Aktivitas

Apabila Sobat Djava sering beraktivitas atau bekerja berjam-jam di depan layar komputer atau gadget. Lensa yang punya lapisan anti sinar biru adalah rekomendasi terbaik yang bisa kalian pilih. Sedangkan kalau aktivitas kalian sering di luar ruangan, lensa dengan fitur adaptif seperti photocromic, bluecromic, dan one drive akan membuat kegiatan kalian lebih aman dan nyaman meskipun di bawah sinar matahari.

Mengetahui kebutuhan mata akan memudahkan kalian dalam memilih lensa. Tapi, bagi sebagian orang memilih lensa adalah hal yang sulit. Alasannya beragam, salah satunya takut salah pilih lensa. Hal ini bisa Sobat Djava hindari dengan konsultasi atau datang langsung ke Djava Optik. Djava Optik akan memberi rekomendasi terbaik sesuai kebutuhan Anda.

Baca Juga: Djava Optik Surabaya: Tempat Terbaik untuk Kebutuhan Optik Anda

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×