• Home
  • Definisi
  • Bekerja Nyaman: Lindungi Mata dengan Kacamata Blueray
Image

Bekerja Nyaman: Lindungi Mata dengan Kacamata Blueray

Punya pekerjaan yang erat hubungannya dengan perangkat elektronik membuat banyak waktu tersita di depan layar komputer, laptop atau gadget. Tahu kah Sobat Djava kalau terlalu lama terpapar sinar biru yang dipancarkan perangkat-perangkat tersebut akan berbahaya bagi mata kita? Faktanya, ada banyak risiko yang akan kita alami apabila kurang bijak dalam menyikapi hal ini. Terlebih mata tidak memiliki perlindungan otomatis yang akan membuat kita terhindarkan dari bahaya sinar biru yang ditimbulkan. Oleh karena itu, sebagai smart people kita wajib untuk mempertimbangkan kesehatan mata biar tidak terjadi efek negatif yang akan merugikan, lindungi mata dengan kacamata blueray.

Baca Juga: Hati-Hati! Ini Efek Negatif Blue Light Bagi Kesehatan Mata

Di era kecanggihan teknologi seperti sekarang ini. Semua jenis aktivitas tidak pernah lepas dari peran perangkat elektronik, khususnya dalam dunia kerja. Mulai dari Senin sampai dengan Minggu, alias hampir setiap hari kita akan berhadapan dengan layar komputer atau gadget untuk melakukan kegiatan perkantoran. Hal ini umumnya membuat mata kita banyak terfokus pada layar dan membuat mata lelah, kering, bahkan kemerahan. Resiko yang lebih buruk bisa menyebabkan mata menjadi minus atau gangguan lainnya.

Kalian pasti tidak ingin kalau akhirnya mata menjadi terganggu karena terlalu banyak terpapar sinar biru ‘kan? Yuk, kerja nyaman dengan kacamata blueray biar mata terlindungi dan terjaga dengan baik.

Artikel Terkait: Waspada, Ini Bahaya Paparan Sinar Biru dari Layar Gadget

Sinar Biru atau Blue Light

Istilah mengenai blue  light sudah tidak asing di dunia digital. Ada yang sudah tahu tentang hal ini? Bagus. Kalau yang belum, artikel ini akan mengulas tentang pengertian sinar biru yang akan membahayakan mata apabila terpapar terlalu lama dan terus menerus.

Blue light atau sinar biru adalah sinar yang berasal dari  perangkat elektronik seperti hp, televisi, laptop atau komputer. Blue light serupa jenis cahaya yang memiliki gelombang lebih pendek daripada cahaya orange atau cahaya merah. Sinar biru tidak hanya berasal dari perangkat elektronik saja, tetapi juga bisa dari pancaran cahaya matahari.

Baca Juga: Apa Perbedaan Lensa Photochromic, Bluechromic, dan One Drive?

Berdasar ilmu kesehatan mata, sinar biru disebut cahaya yang tampak dengan panjang gelombang yang cenderung lebih pendek. Ukurannya sekitar 415 hingga 455 nm, dan memiliki tingkat energi yang tinggi. Dalam hal ini, sinar biru dikategorikan sebagai HEV Light (High-Energy Visible Light). Sinar tersebut mempunyai spektrum yang tinggi sehingga akan menyebabkan dampak tertentu bisa terpapar ke kulit  atau mata manusia.

Dampak Negatif Blue Light Untuk Mata

Sinar biru yang terpancar dari matahari memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Tapi lain halnya dengan sinar biru buatan yang terpancar dari perangkat digital dari hp, laptop atau layar televisi. Jika mata manusia terlalu banyak terpapar dari sinar ini, lama kelamaan akan memberikan dampak yang negatif untuk mata. Bahkan, untuk risiko lebih parah gangguan pada mata akan menghambat aktivitas kalian, loh.

Kira-kira dampak negatifnya apa aja, ya? Di bawah ini beberapa dampak negatif yang akan ditimbulkan apabila mata terlalu sering terpapar sinar biru.

Baca Juga: Mau Tampak Tirus? Ini Model Kacamata untuk Wajah Bulat

1.Kelelahan pada Mata

Hampir setiap orang di masa kini beraktivitas dengan perangkat elektronik baik dalam aktivitas keseharian atau di dunia kerja. Beberapa pekerjaan mewajibkan kita untuk selalu terhubung dan berkaitan dengan perangkat digital. Mulai pagi sampai pagi lagi katakanlah dunia kita tidak terpisahkan dengan gadget atau hp. Ketika di kantor selalu menatap laptop, dan sampai rumah masih memungkinkan kita untuk menatap layar hp.

Kondisi ini memberi beban ganda bagi mata untuk tetap fokus menggulir dan menatap layar berjam-jam. Akibatnya, secara tidak sadar mata jadi jarang berkedip karena terlalu konsentrasi. Atau jarak aman antara mata dan layar tidak lagi ideal, akhirnya mata menjadi terlalu dekat dengan layar sehingga potensi terpapar sinar biru jauh lebih besar. Kondisi seperti ini akan membuat mata menjadi lelah karena digunakan secara terus menerus menatap layar laptop atau hp.

Artikel Terkait:  Mata Kering: Gejala, Penyebab dan Penanganannya 

2.Menyebabkan Mata Kering

Selain menyebabkan kelelahan pada mata, terlalu lama terpapar sinar biru membuat mata menjadi kering karena pasokan oksigen yang masuk ke mata jadi terhambat. Kondisi ini terjadi  ketika terlalu lama menatap layar hp atau laptop. Akhirnya kondisi mata kering tidak terhindarkan. Mata kering terjadi  ketika permukaan kornea dan konjungtiva mengalami kekeringan akibat air mata tidak dapat melumasi mata dengan baik. Dalam istilah medis, kondisi ini juga dikenal dengan dry eye syndrome. 

3.Mata Kemerahan

Selain menyebabkan mata kering dan mata jadi lelah, terlalu lama terpapar sinar biru dari hp atau layar komputer membuat mata jadi merah. Dalam hal ini, secara tidak sadar mungkin mata kering dan terlalu sering mengucek mata. Kondisi seperti ini kalau diteruskan akan membuat mata menjadi merah bahkan gatal. Lindungi mata dengan kacamata blueray untuk terhindar dari hal ini.

Lihat Juga: Mau Tampil Clasic Bergaya Retro? Gunakan Kacamata Aviator ini! 

Lensa yang Meredam Blue Light

Ada banyak variasi lensa yang punya lapisan khusus anti sinar biru. Berikut adalah beberapa lensa yang punya lapisan anti blue light beserta keunggulannya:

  • Lensa Blueray: Lensa yang berfungsi untuk melindungi mata dari radiasi UV matahari dan sinar biru hp, laptop, dan televisi.
  • Lensa Bluecromic: Lensa bluecromic berfungsi untuk meredam radiasi UV matahari, sinar biru, dan bisa berubah gelap di luar ruangan. Lensa ini lebih fleksibel karena bisa untuk aktivitas di luar atau di dalam ruangan.
  • Lensa One Drive: Lensa one drive fungsi utamanya untuk berkendara malam. Lensa ini dilengkapi dengan lapisan anti silau lampu sein jadi akan membuat lebih fokus ketika berkendara di malam hari. Fitur lensa ini jauh lebih lengkap daripada blueray dan bluecromic.

Baca Juga: Apa Perbedaan Lensa Photochromic, Bluechromic, dan One Drive?

Rekomendasi Kacamata Untuk Bekerja

Punya kacamata yang sesuai dengan fungsi dan kebutuhan akan lebih praktis dan nyaman. Selain mempertimbangkan fungsi estetik, fungsi utama sebagai pelindung jauh lebih penting. Masih bingung mau pakai kacamata yang seperti apa? Rekomendasi ini akan membantu Sobat Djava dalam menentukan kacamata.

1.Frame Tulip

Apakah Sobat Djava bekerja dengan lingkungan yang fun dan santai? Pekerjaan seperti ini umumnya dimiliki oleh mereka yang punya kebebasan dalam berinovasi dan berkreativitas, misalnya: influencer, traveller, dan banyak hal lainnya.

Frame Tulip
Frame Tulip (Dok. Djava Optik)

Frame Tulip dengan gaya santai dan ceria sangat direkomendasikan untuk kalian yang bekerja dibidang seni, fashion, atau pekerja kreatif lain. Modelnya yang unik, akan membuat tampilan kalian menjadi lebih bersemangat dan punya optimisme yang tinggi.

Baca Juga: Sayangi Mata Anda! Tips Merawat dan Menjaga Kesehatan Mata

2.Frame Belle

Sobat Djava berprofesi sebagai guru, dosen, atau profesi lain yang ada di instansi nasional. Kacamata bentuk klasik atau persegi cocok untuk menunjang penampilan kalian menjadi lebih profesional.

Frame Belle
Frame Belle (Dok. Djava Optik)

Frame Belle bentuk kotak minimalis dan simpel akan membuat penampilan kalian menjadi semakin profesional dan berwibawa. Bahan titanium memang lebih direkomendasikan, selain akan memberi kesan elegan bahan ini cenderung tahan lama. Untuk pilihan warna, pastikan pilih warna warna yang netral agar bisa dipadukan dengan seragam kalian!

Baca Juga: Khusus Cowok! Ini Rekomendasi Kacamata yang Bikin Kalian Kece

3.Frame Baswara

Untuk kalian yang sering bekerja di luar ruangan, kacamata dengan lensa yang bisa berubah gelap jika terkena matahari sangat disarankan. Lensa jenis ini akan melindungi mata dari sinar UV matahari yang dapat membahayakan mata kalian.

Frame Baswara
Frame Baswara (Dok. Djava Optik)

Frame Baswara dengan desain yang simpel akan memudahkan kalian yang bergelut dengan pekerjaan di lapangan. Bentuknya yang tidak berlebihan dan dilengkapi lensa yang bisa meredam silau matahari akan membuat aktivitas kalian nyaman dan aman. Sudah siap kerja dengan maksimal? Pakai Baswara untuk melindungi mata kalian, ya!

Baca Juga: Djava Optik Surabaya: Tempat Terbaik untuk Kebutuhan Optik Anda

Mau lebih banyak lagi rekomendasi kacamata yang tidak hanya bisa melindungi, tapi juga fashionable? Hubungi atau datang langsung ke Djava Optik biar kerja nyaman dengan kacamata blueray. Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil Stylish in Activity dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249

Don’t forget to follow our media social. Find your best glasess at:

Instagram

Tik Tok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×