• Home
  • Tips
  • Jangan Biarkan Kacamata Rusak: Tips dan Trik Merawat Kacamata
Image

Jangan Biarkan Kacamata Rusak: Tips dan Trik Merawat Kacamata

Trik dan tips merawat kacamata itu penting sekali untuk diketahui, loh. Sebagai pengguna kacamata, Sobat Djava pasti ingin terus tampil sempurna dan modis setiap saat, ‘kan? Ternyata, untuk mendapat pesona terbaik, yang penting buat dilakukan tidak hanya soal kecocokan atau keunikan bentuk frame kacamata saja loh, Sobat Djava! Kualitas dan bahan frame memang mempengaruhi keawetan dan ketahanan kacamata, tapi yang paling menentukan adalah cara kita menjaga dan merawat kacamata biar bisa dipakai buat jangka panjang. 

Setelah Sobat Djava berhasil memilih frame dan lensa yang sesuai, langkah selanjutnya yang tidak kalah penting dan dilupakan adalah menjaga kacamata itu sendiri. Menjaga kacamata tidak cuma tentang menaruh di hardcase kacamata, tetapi juga membersihkan, melap lensa dan frame dengan benar dan masih banyak lagi cara merawat kacamata yang bisa dilakukan biar kacamatanya awet. 

Baca Juga: Cara Membersihkan Kacamata yang Benar 

Tapi, sayangnya sebagian dari kita masih ada yang kurang memperhatikan nih tentang hal ini. “Karena kenyataanya mendapatkan sesuatu lebih mudah daripada menjaganya”, bukan begitu? Pasti banyak banget  yang relate sama pepatah klise itu, ‘kan? Hayo jujur! In real life, merawat kacamata memang susah-susah gampang, karena tidak semua orang punya waktu lebih di tengah aktivitas dan kesibukan. 

Meski seperti itu, menjaga dan merawat kebersihan kacamata itu penting sekali dan dianjurkan sekali  biar kacamata Sobat Djava awet dan bisa dipakai dalam waktu lama, ya. Membersihkan pun tidak boleh asal-asalan, karena bukannya membuat bersih tapi bisa merusak lensa atau menyebabkan frame-nya tergores. Lalu, kira-kira gimana sih, cara menjaga dan merawat kacamata yang baik dan benar biar kacamata kita tetap kece meski dipakai setiap hari? Djava Optik punya solusinya, loh. Yuk, langsung aja simak tips dan trik merawat kacamata di bawah ini. Happy reading! 

Artikel Serupa: 7 Cara Membersihkan Kacamata Tanpa Harus ke Optik

Tips Merawat Lensa Kacamata

Lensa kacamata ibarat bagian paling penting dan rentan, karena itu butuh perhatian lebih dan cara yang benar dalam perawatannya. Bahan mika atau kaca biasanya lebih mudah tergores atau pecah kalau tidak dijaga dengan baik. Karena sifat kaca atau mika  rentan dan harga lensa relatif mahal akan sangat merugikan Sobat Djava. Jangan sampai kelalaian kita atau alasan “mager” membersihkan, bikin kita keluar banyak biaya, ya.

Selain itu, kalau kacamata dipakai sepanjang waktu pasti  kacamata sering terkena debu apalagi kalau Sobat Djava sering menghabiskan waktu di luar ruangan. Kontak dengan kulit, keringat, atau lainnya juga turut jadi alasan untuk terus membersihkan lensa. Karena kalau tidak, lensa akan jadi sarang bakteri, kuman bahkan virus. Bahaya sekali ‘kan efeknya? Duh, jangan sampai kayak gini ya, Sobat Djava! 

Bukannya lebih baik merawat dengan hati-hati daripada harus sering gonta ganti lensa karena kelalaian kita? Kita semua pasti sepakat  memilih merawatnya dengan baik. Tapi, merawat dan membersihkan lensa butuh kemauan dan konsistensi tinggi. Sobat Djava sudah siap buat menjaga dan merawat kacamatanya dengan baik? Yuk, kita bahas tentang tips dan trik merawat  yang bisa diterapkan biar lensa kacamata tetap jernih dan cerah secerah masa depan kalian!

Tips dan Trik Merawat Lensa
Tips dan Trik Merawat Lensa

Baca Juga: Apa Itu Lensa Kacamata? Yuk Ketahui Definisi dan Jenis Lensa 

1.Basahi Lensa dengan Air

Pertama cuci tangan dengan air dan sabun. Kalau memungkinkan lensa bisa dilepas, Sobat Djava bisa melepas lensa dari frame kalau tingkat kotornya sangat parah, tujuannya biar mudah melakukan pembersihan. Tapi, kalau dirasa tidak perlu dan akan kesusahan buat masang lagi, hal ini tidak harus dilakukan.

2.Bersihkan Lensa

Setelah dibasahi dengan air mengalir, beri cairan khusus (lens cleaner, sabun khusus, dan lainnya) untuk membersihkan lensa. Kemudian, tuangkan ke bagian lensa dan gosok perlahan ke seluruh  lensa sampai bersih dan pastikan tidak ada satupun noda atau sabun yang masih menempel.

Artikel Serupa: Begini Cara Merawat Lensa Kacamata Anda

3.Biarkan Lensa Mengering

Setelah lensa dibersihkan, letakkan lensa di tempat kering sampai lensa juga ikut mengering. Kalau sudah, Sobat Djava bisa menyemprotkan cairan khusus pembersih sekaligus membuat lensa lebih jernih, misalnya spray lens cleaner. Lap lensa secara perlahan menggunakan kain microfiber yang biasanya kalian dapatkan dari tempat pembelian kacamata. Tidak dianjurkan untuk mengelap pakai tisu, ujung baju, toilet paper apalagi serbet! Karakter bahan itu  punya potensi untuk membuat lensa jadi tergores dan kusam. 

4.Simpan di Tempat Khusus

Kalau lensa sudah bersih dan kering, pasang kembali lensa ke frame yang sudah dibersihkan kalau sebelumnya lensa dilepas. Kalau kacamata belum akan dipakai, simpan kacamata di hardcase. Tapi, seandainya Sobat Djava belum punya hardcase, kacamata bisa disimpan di tempat yang aman dari debu atau risiko jatuh. Pastikan kacamata diletakkan dengan benar dan tidak boleh menempatkan lensa dengan posisi menghadap ke bawah. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir lensa lecet atau tergores. 

Baca Juga: Macam-Macam Bentuk Wajah dan Cara Memilih Frame

Tips Merawat Frame Kacamata

Merawat dan menjaga kebersihan lensa memang penting, tapi merawat frame atau bingkai kacamata juga tidak kalah pentingnya, loh. Kira-kira kenapa bisa seperti itu ya, Sobat Djava? Kalian pasti sudah menyadari kalau frame kacamata terdiri atas partikel-partikel kecil yang seringkali luput dari perhatian kita, misalnya: sekrup, pegas, engsel, dan nosepad yang bisa kotor karena debu, keringat dan minyak yang berasal dari wajah. 

Membersihkan bingkai sangat bermanfaat untuk kebersihan pribadi dan keawetan kacamata. Frame adalah bagian yang sering bersentuhan dengan kulit biasanya rentan kotor dan berkarat kalau bahan frame dari metal. Karena itu, jadi wajib banget untuk tahu bagaimana cara membersihkan dan merawat frame dengan benar. Caranya gimana, ya? Yuk, simak penjelasan berikut. 

1.Basahi Frame dengan Air

Sebelum membersihkan, pastikan tangan Sobat Djava sudah dicuci bersih pakai sabun. Ambil frame dan basahi dengan air yang mengalir untuk meluruhkan debu atau bakteri yang menempel di frame kacamata

2.Bersihkan dan Gosok Bagian Penting 

Setelah dibasahi dengan air, tuangkan pembersih khusus kacamata secukupnya dan gosok perlahan ke semua bagian tangkai, dan yang paling utama bersihkan nosepad, lalu bilas dengan air mengalir. Pastikan semua noda  sudah dibersihkan dan tidak ada sabun yang masih menempel.

3.Keringkan Frame

Ambil dan keringkan frame yang telah dibersihkan dengan sabun atau pembersih khusus, lalu letakkan di tempat yang kering sampai tidak ada setetes air yang masih melekat. Setelah itu semprot dengan cairan khusus dan gosok perlahan dengan kain microfiber agar frame berkilau seperti baru. 

4.Simpan di Tempat Aman

Setelah dibersihkan dan dilap dengan benar, langkah selanjutnya adalah menyimpan frame di hardcase kalau kacamata belum akan dipakai. Penyimpanan yang aman akan membuat kacamata terhindar dari debu, kotoran lain atau bahkan patah karena kelalaian. 

Bersihkan Lensa Pakai Lens Cleaner
Bersihkan Lensa pakai Lens Cleaner

Artikel Serupa: Selain Lensa, Bingkai Kacamata juga Perlu Dibersihkan, Begini Caranya! 

Cara Menjaga Kacamata dengan Benar

Merawat frame dan lensa adalah salah satu cara yang harus diterapkan kalau Sobat Djava tidak ingin bolak-balik ke optik untuk ganti kacamata. Selain merawat, menjaga kacamata juga akan mempengaruhi keawetan dan daya tahan kacamata loh, Sobat Djava. Seperti apa sih cara menjaga kacamata yang baik dan benar? Djava Optik punya tips yang bisa dilakukan agar kacamata kalian tetap keren. Simak dan ikuti tips-tips berikut ini, ya!

1.Lepaskan Kacamata dengan Kedua Tangan

Hindari kebiasaan memakai melepaskan kacamata pakai  satu tangan karena menimbulkan risiko kacamata jadi kendur atau kalau melepas terlalu keras bisa berakibat fatal dan tangkai jadi patah. Sebagian dari kita, secara sadar atau tidak pastinya ada dong yang pernah melakukan ini. Sekilas ini terasa efektif apalagi kalau kondisinya terburu-buru. Sayangnya, hal itu akan berefek negatif pada kacamata, loh.

2.Hindari Keseringan Menaruh Kacamata di Kepala

Siapa nih di antara Sobat Djava yang suka selfie dan sering pakai kacamata di atas kepala? Mengikuti trend itu baik, Sobat Djava. Tapi, harap perhatikan efek lain yang akan berdampak kurang baik, ya. Tidak disarankan menaruh kacamata di atas kepala, sekilas ini efektif dan bergaya, tapi untuk jangka panjang akan membuat tangkai frame jadi renggang karena bagian pegas terus-menerus menyesuaikan ukuran besar kepala.

3.Letakkan Kacamata di Hardcase

Letakkan kacamata di tempat yang tepat untuk meminimalisir kemungkinan kacamata jatuh, tertindih, atau terpijak sehingga menyebabkan kerusakan. Tapi, kadang hal seperti itu tidak terhindarkan karena lupa atau terburu-buru jadi  teledor menaruh kacamata di sembarang tempat. Akhirnya frame patah, bengkok atau paling parah lensanya pecah. Nyebelin banget, kan? Ini bisa disiasati, Sobat Djava. Saat membeli kacamata, biasanya kita akan dapat hardcase untuk menaruh kacamata, nah itu harus kita manfaatkan biar kacamata aman. 

4.Bersihkan Lensa dan Frame dengan Benar

Bersihkan lensa dan frame kacamata secara konsisten, ini untuk menjaga dari segi kenyamanan dan ketahanan kacamata dari debu, noda, minyak, atau partikel lain yang mengganggu. Rutin membersihkan lensa akan menjaga lensa biar  tetap jernih dan tidak kusam sehingga mengganggu penglihatan. 

Artikel Terkait: 8 Bentuk Frame Kacamata, Wajah Anda Cocok Pakai yang Mana? 

Nah, itu dia tips dan trik merawat kacamata dengan baik ya, Sobat Djava. Jadi, gimana, nih? Apakah Sobat Djava sudah menentukan jadwal khusus buat membersihkan kacamata? Setelah ini, Sobat Djava bisa terapkan biar kacamatanya tetap awet dan punya daya tahan sempurna jadi nyaman dipakai di semua momen indah dan produktivitas sehari-hari.

Temukan kacamata terbaik Anda dan tetap tampil  Stylish in Activity  dengan kacamata dari Djava Optik! Kami tunggu kedatangan Anda di Djava Optik.

Alamat Toko Offline Djava Optik:

Jl. Manukan Tengah No.115 A Surabaya

Jam Operasional:

Buka Setiap Hari Senin-Minggu Pukul 09.00 s/d 21.00 WIB

WA Optik Djava Offline:

+62 851-7318-5249 

Jangan lupa untuk mengikuti media sosial Djava Optic. Temukan segera kacamata terbaik Anda di:

Instagram

TikTok

SHARE THIS POST

Leave a Reply

Shopping Cart
×

 

Hi!

Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan klik kontak dibawah.

×